Kamis, 23 Juni 2011

Malaka Lirik Tambang Batubara di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Negara Malaysia kini mulai merambah investasi dibidang pertambangan batubara di Provinsi Jambi. Setelah sukses membuka usaha perkebunan sawit di Jambi, kini melirik usaha pertambangan batubara. Ketua Menteri Melaka Datuk Seri HJ Mohd Ali Mohd Rustam sudah melakukan negosiasi dengan Pemerintah Provinsi Jambi terkait dengan kerjasama tambang batubara tersebut.

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) Rabu (22/6/11) menyebutkan, kedatangan rombongan Ketua Menteri Melaka Datuk Seri HJ Mohd Ali Mohd Rustam dan Tun Daim Zainuddin ke Jambi Selasa-Rabu (21-22/6) guna meninjau lokasi pertambangan batubara di Desa Koto Buayo Kecamatan Bathin XXIV Batanghari.

Disebutkan, calon investor dari Negeri Jiran Malaysia akan membuka peluang Jambi untuk bisa mengeksploitasi hasil dan sumber daya alam yang bisa digali atau dimanfaatkan dengan baik.

“Pemerintah Provinsi Jambi membuka peluang kerjasama dengan Negeri Melaka. Tadi sudah ada beberapa perundingan-perundingan yang kita lakukan dan kemungkinan akan kita lakukan investasi tersebut. Yang jelas kita sudah melihat alam kita dan kondisi dan ternyata beliau juga belum pernah melihat,”katanya.

Disebutkan, Provinsi Jambi mempunyai potensi yang cukup besar seperti batubara, batu gamping ,biji besi, karet, sawit untuk dikembangkan dan dieksploitasi dengan cara yang bertanggung jawab.

“Kita menginginkan penggalian dan pemanfaatan sumber daya alam menggunakan cara-cara yang bertanggung jawab dengan memperhatikan aspek keseimbangan dan reklamasi dengan menekankan pada pematuhan akan aturan yang berlaku,”ujarnya. ruk

Tidak ada komentar: