.

.
.

Jumat, 21 Februari 2014

Terbaru, Flashdisk Dual USB untuk Smartphone dan Tablet


Eric Aquindo, pemilik counter Lifecell.Ft Murabil Fadil/HARIAN JAMBI
Eric Aquindo, pemilik counter Lifecell. sebuah counter yang berisi penjualan alat perlengkapan Hp dan alat lainnya. Selain fokus menjual alat-alat yang berkenaan dengan Handphone, counter tersebut juga menjual alat-alat lainnya, katakanlah seperti yang sering disebut Flashdisk atau alat penyimpanan data.

MURABIL FADIL, Jambi

Sebelumnya dikatakan oleh Eric, bahwa Flashdisk yang juga disebut sebagai USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpan data atau file. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non-volatile, arti lainnya ialah yaitu tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik padanya. Flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang bekerja secara mekanik. Untuk menyimpan dan memindahkan data, mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flashdisk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna.

Tampilan Terbaru

Flashdisk terbaru, Alat penyimpanan data atau flashdisk bagi pengguna mobile saat ini ada tampilan barunya. Flashdisk itu guna mendukung kegiatan pemindahan data, sekarang lebih dimudahkan lagi dengan model Flashdisk keluaran baru tersebut. Terutama pengguna gadget android, entah itu smartphone atau tablet yang tak jarang mengunduh file-file video atau file MP3 yang ukurannya besar, maupun file PDF atau bahkan dokumen di memori internal atau kartu memori gadget tersebut. Padahal kapasitas memori internal terbatas.

“ya sekarang ada yang terbaru lagi dari flashdisk itu, toko saya menjual alat itu. Flashdisk yang memiliki dua buah konektor USB, yaitu konektor yang biasa dipakai pada PC atau laptop dan micro USB yang bisa ditemukan pada gadget mobile. Bisa dipakai untuk memindahkan dta dengan mudah dari perangkat mobile android ke PC dan sebaliknya,” tutur Eric

Saat ini telah hadir dengan beragam mereknya. Katakanlah seperti Sony, dan Sandisk.

SONY

Sony yang meluncurkan flashdisk dual USB untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna smartphone dan tablet PC. Gadget ini mengkombinasikan port USB 2.0 dan konektor microUSB dalam sebuah disain kompak dan bodi yang mungil.

FlashDisk aka flashdrive dual USB garapan Sony ini menawarkan fungsionalitas USB on-the-go (OTG) untuk perangkat Android 4.0.3 ICS ke atas. Dalam pengaturannya, flashdisk dual USB ini didukung software file manager khusus, yang bisa diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan sinkronisasi atau pun pencarian file.

Jadi dengan flashdisk ini memudahkan pengguna yang ingin memindahkan/mentransfer data dari media lain seperti notebook/pc (Windows/Mac) ke perangkat smartphone/tablet atau pun sebaliknya.
Flashdisk dual USB Sony ini tersedia dalam 3 pilihan kapasitas yakni 8GB, 16GB dan 32GB

SanDisk

Kemudian SanDisk, SanDisk juga memperkenalkan SanDisk Ultra Dual USB Drive. Flash disk berukuran mini ini telah menyematkan dua konektor sekaligus, yaitu microUSB dan USB 2.0. Dilihat dari ketersedian konektor yang disematkan oleh SanDisk, media penyimpanan ini dirancang penuh untuk pengguna ponsel pintar dan tablet Android yang ingin memindahkan berkas berukuran besar dari perangkat yang mereka gunakan.

SanDisk Ultra Dual USB Drive menyediakan satu cara mudah untuk transfer konten via ponsel Android atau tablet yang mendukung teknologi OTG lewat port microUSB dan juga koneksi USB di PC.

Media penyimpanan ini dapat diintegrasikan ke perangkat mobile yang mendukung USB OTG hingga 64 GB. Guna mendukung manajemen konten yang akan ditransfer, SanDisk juga telah mempersiapkan aplikasi pendukung yang diberi nama Memory Zone. Jadi lewat aplikasi tersebut, pengguna SanDisk Ultra Dual USB Drive dapat dengan mudah mengatur seluruh berkas yang disimpan pada memori internal dan eksternal smartphone

Pengguna dapat melakukan proses menyalin, melihat dan backup lewat aplikasi tersebut. SanDisk Extreme PRO USB 3.0, SanDisk hanya menawarkan kapasitas sebesar 128 GB, kemudian SanDisk Ultra Dual USB Drive, SanDisk menyediakan tiga pilihan kapasitas, yaitu 16 GB, 32 GB dan 64 GB.

Kemudian juga,yakni SanDisk Extreme PRO USB 3.0 dan SanDisk Ultra Dual USB Drive. Keduanya dirancang untuk mem-backup beragam data ukuran besar, seperti berkas video, musik atau foto.

Memiliki kapasitas penyimpanan hingga 128 GB, SanDisk Extreme PRO USB 3.0 mampu menampilkan kinerja tingkat profesional dengan kecepatan transfer data hingga 60 kali lebih cepat dibandingkan dengan standar drive USB 2.0. Perangkat ini memiliki kecepatan tulis hingga 240 MB/detik dan kecepatan baca hingga 260 MB/detik.

Kapasitas dan Kecepatan Tinggi

Tentunya, dengan kecepatan yang dimiliki, media penyimpanan mobile ini mampu melakukan proses transfer berkas berukuran besar, seperti file video HD dalam hitungan detik atau sama dengan 1.000 foto hi-res dalam waktu kurang dari 35 detik. SanDisk Extreme PRO USB 3.0 sangat ideal untuk menyimpan koleksi foto atau video.

Dibalut dengan kerangka metal dari alumunium yang tahan lama, perangkat ini juga dilengkapi dengan aplikasi SanDisk SecureAccess. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh SanDisk sebagai pelangkat untuk melindungi data-data pengguna lewat teknik enkripsi plus password. (*/ini)

***

Erick Aquindo 
Utamakan Pelayanan untuk Pelanggan

Eric aquindo, pria muda yang gemar bermain futsal ini, memiliki usaha toko counter cellular. Usaha tersebut, Ia mulai dari nol. Awal mulanya ia sempat bekerja di counter milik orang lain, tepatnya pada tahun 2006 silam. Sembari bekerja, ia juga dituntut untuk tahu bagaimana seluk beluk dalam memahami dan mempelajari suatu handphone (HP), mulai dari informasi pengeluaran HP terbaru, maupun soal naik turun harga, hingga perkembangan teknologi HP waktu itu. 

Pastinya dalam proses berkerja di tempat orang, tersebut ia memiliki tekat untuk bisa memperbaiki handphone, denga belajar secara otodidak di tempat kerja, di rumah, dan belajar dengan tema-teman yang telah lebih dahulu memahami dalam memperbaiki HP. 

Buka Usaha Sendiri

Pada akhirnya tepatnya di tahun 2009 ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Dikatakan olehnya bahwa saat itu ia sudah memiliki modal yang cukup dan terpenting ialah sudah bisa memperbaiki dan memahami hp secara luar dan dalam. 

Awal berdirinya counter yang dinamainya Lifecell, ia memulai usaha dengan perlahan namun pasti. Kemudian butuh adaptasi, dan harus punya keberanian.  Karena menurutnya “mungkin hidup itu ialah pilihan yang harus diambil. Sekali memilih maka ada baiknya kita manfaatkan kesempatan sembari belajar memfokuskan diri di bidang yang sekiranya itu adalah kemampuan yang dimiliki,ujar Eric.

Counter hp yang berlokasi di Jalan Sumantri Brojonegoro kawasan Sipin itu tempat Jual beli handphone, toko itu juga dilengkapi dengan berbagai alat-alat kebutuhan cellular, kemudian menerima jasa penservisan HP. Tampak berbagai merek dan jenis HP di meja kerja, yang harus diperbaikinya. 

Sebagai pemilik counter, di samping memprioritaskan hal yang berkaitan dengan materi, perlu mengetahui teknologi handphone, beserta memahami situasi pasar penjualan saat ini. Profesi yang digelutinya seakan-akan dituntut bahwa ia harus menguasai dunia seluler.

Utamakan Pelayanan

Ia berharap nantinya usaha yang ditekuninya saat ini, bisa memperluas usaha di tempat lain, kemudian juga, barang-barang yang ada semakin bertambah dan kualitas yang makin bagus. 

“Yang paling diutamakan ialah pelayanan itu sendiri. Memuaskan konsumen dan para pembeli. Tugas kita melengkapi apa yang menjadi kebutuhan hingga konsumen merasa puas dan terlayani,” ungkapnya. (fdl/ini)(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI JUMAT 21 FEB 2014)




Tidak ada komentar: