.

.
.

Jumat, 05 September 2014

HBA: MQK Memotivasi Pesantren Tingkatkan Pembelajaran

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA)

Jambi-Meninjau pelaksanaan Musabaqoh Qira'atil Kutub V yang berlangsung di Ponpes As'ad Olak Kemang Kota Jambi, Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menyampaikan manfaat MQK bagi pesantren khususnya Provinsi Jambi akan memotivasi pembelajaran disetiap pesantren dengan standar kitab yang diperlombakan.

"Manfaatnya (MQK) memotivasi pesantren memberi pelajaran sesuai kitab yang diperlombakan," kata HBA, Jum'at (5/9).

Kata HBA, standar kitab yang diperlombakan bisa berbeda untuk setiap pesantren dengan adanya MQK tersebut salahsatu manfaat yang diraih  setiap pesantren terpacu memberikan pelajaran sesuai dengan standar nasional.


"Tidak mungkin ikut lomba kalau tidak mempelajari kitab yang distandarkan nasional," lanjut HBA.

Setelah pelaksanaan lomba yang diperkirakan selesai pada tanggal 7-8 September 2014, HBA menyampaikan pimpinan ponpes se Provinsi Jambi berencana membuat kesepakatan  menyesuaikan standar kitab yang juga direncanakan akan membuat lomba setingkat Provinsi.

"Seluruh pimpinan ponpes di Provinsi Jambi kita undang untuk menyaksikan kegiatan ini nanti akan kita lombakan untuk tingkat provinsi," kata HBA.Dalam wawancaranya HBA memberi contoh kitab yang diperlombakan,"Mengenai hadits tingkatan wustha (SMP) dipelombakan Subbussalam artinya terpacu setiap pondok pesantren," jelas HBA.

Sebagai tuan rumah HBA menekankan pelaksanaan berjalan baik dan sukses sekaligus mengharapkan peserta dari Provinsi Jambi yang mengirim dua kontingen mendapat prestasi lebih baik,"Gagasan yang baik sekali dalam menguji kemampuan anak anak artinya mereka terpacu berprestasi pada masa yang akan datang." 

Meninjau pelaksanaan MQK, HBA didampingi KH. Said Agil Al Munawwar, Kakanwil Kemenag Jambi H. Mahbub Dariyanto.

Perlombaan Kitab Kuning bertujuan melahirkan ulama ulama yang memiliki ilmu yang diharapkan mampu memberi sumbangsih terhadap kemajuan umat.(Humasprov-Jambi)


Tidak ada komentar: