MENUJU SAMOSIR SATU

MENUJU SAMOSIR SATU
NELSON SITANGGANG MENUJU SAMOSIR SATU

LBBJ

LBBJ
Organisasi Sosial Budaya Berbasis Adat Batak DALIHAN NA TOLU. (KLIK BENNER UNTUK SELENGKAPNYA)

Tuesday, 14 June 2011

Pleno Hasil Pemilukada Ulang Tebo Ricuh

Jambi, BATAKPOS

Pleno hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di KPU Tebo, Jumat (10/6/11) berakhir ricuh. Ratusan warga Tebo yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Tebo yang diketahui pro pasangan Yopi-Sapto melakukan unjukrasa dengan melempari kantor KPU Tebo.

Aksi unjukrasa menentang hasil Pemilukada ulang Tebo, Minggu (5/6/11) lalu di depan Kantor KPU Tebo juga dijaga sekitar ribuan aparat keamanan. Dalam orasinya pendemo mempertanyakan kebijakan KPU Tebo tentang pencoblosan di luar tanggal yang telah ditetapkan.

Pengunjukrasa juga menyoroti kinerja Panwaslu Tebo terkait banyaknya pelanggaran pemilu. Selain itu, warga juga mempertanyakan dasar hukum perubahan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Tebo, Syahlan saat dihubungi dari Jambi, Jumat (10/6/11) mengatakan, dirinya juga melapor kepada pihak berwajib terkait kasus pengancaman terhadap dirinya.

Dalam aksinya, massa juga sempat menarik kawat berduri yang dipasang polisi. Selain itu, pendemo juga membakar ban di depan kantor KPU Tebo yang berada di ruas jalan Lintas Sumatera.

Sempat juga terjadi aksi lempar air minum kemasan ke arah aparat kepolisian yang mengamankan aksi demo ini. Akibat demo ini, polisi harus mengalihkan arus lalu lintas ke jalan Asoy tembus jalan Padang Lamo.

Meski delapan perwakilan pendemo telah diterima untuk berdialog, namun aksi massa yang berada di luar kantor KPU mulai rusuh. Massa mulai melempar aparat yang berjaga-jaga di pintu pagar kantor KPU.

Lemparan batu, botol minuman mineralpun melayang, membuat suasana di kantor KPU mencekam. Aksi tertersebut tidak berlangsung lama, hal ini dikarenakan pendemo dari massa yang sama, masih bisa menenangkan yang lainnya.

Meski telah terjadi aksi lempar, namun pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang Pemilukada Tebo tetap berjalan. Pasangan cabup nomor urut 1 Sukandar–Hamdi memperoleh suara 75.262 suara.

Urutan kedua ditempati oleh pasangan Cabup dan Cawabup nomor urut 3 Yopi Muthalib – Sri Sapto Edi (Yopi – Sapto) yang memperoleh 71.090, sedangkan cabup nomor urut 2 Ridham Priskap – Eko Putra HS menempati urutan terakhir dengan perolehan suara 5.747 suara. ruk

No comments: