.

.
.

Kamis, 20 November 2014

Lulusan Terdidik Harus Berkiprah di Masyarakat

Tantangan pendidikan saat ini adalah menghadapi perubahan yang sangat cepat. Suka atau tidak, lulusan dari dunia pendidikan harus berkiprah di masyarakat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, tantangan dunia pendidikan ialah perubahan zaman mulai dari teknologi hingga pengetahuan. “Yang terpenting adalah bukan membekali anak didik dengan pengetahuan yang spesifik tetapi menjadikan anak didik kita menjadi A Life Long Education Learners,” kata Mendikbud saat menghadiri International Conference On the Alignment of Education and Job Market, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di IPB International Convention Center, Bogor, Selasa (18/11) seperti dikutip Harian Jambi dari http://kemdikbud.go.id.


Menteri Anies mengatakan, dengan belajar sepanjang masa, anak didik dipersiapkan untuk dapat terus belajar meskipun sudah tidak dalam jenjang pendidikan. Kemampuan dan kemauan untuk terus belajar, kata dia, juga akan berdampak pada kebutuhna perjalanan bangsa kedepan dengan tantangan globalisasi.

Mendikbud juga menjelaskan, faktor utama dalam pengembangan kualitas manusia adalah dengan indeks pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Ada hubungan erat antara dunia pendidikan dengan  dunia kerja. Anak didik yang telah lulus, kata Mendikbud harus siap menghadapi dunia kerja sebenarnya. “Mereka harus secara otomatis siap belajar menyesuaikan diri dengan dunia kerja yang sebenarnya, maka ia akan mendapatkan kesejahteraan,” katanya.

Mendikbud berpesan, hanya orang yang mempunyai pendidikan, karakter dan sikap ingin belajarlah yang akan bertahan dalam dunia kerja yang akan datang. (*/lee)

Tidak ada komentar: