.

.
.

Tuesday, 10 September 2013

Gubernur Lepas 160 Peserta POPNAS Asal Provinsi Jambi


Jambi- Gubernur Jambi Drs. H.Hasan Basri Agus,MM melepas 160 peserta POPNAS asal Provinsi Jambi untuk bertanding di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII, 14-20 September 2013 di Jakarta. Para peserta ini terdiri dari Atlet 116 orang,putra 63orang dan putri 53 orang, Pelatih 29 orang, dan Official 15 orang. Pelepasan kontingen asal Jambi ini dilaksanakan di Aula Badan Diklat Provinsi Jambi, Senin (9/9). Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Satria Budi dan juga Ketua KONI Provinsi Jambi Ahmad Subandi Budianto, Kepala Badan Diklat . Gubernur berpesan agar para atlet pelajar Jambi bisa menampilkan kemampuan terbaik mereka. Pada POPNAS XII ini provinsi Jambi mengikuti 14 cabang olah raga yaitu Angkat Besi, Senam, Sepak Takraw, Dayung, Judo, Karate, Panahan, Taekwondo, Tenis Meja, Tinju, Renang, BolaVoli, Atletik, dan Gulat
Gubernur  berharap kontingen dari Provinsi Jambi ini mampu memperbaiki peringkat  pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional XII 2013 kali ini "Saya berharap para atlet pelajar Jambi bisa mempertahankan prestasi bahkan lebih baik lagi," kata Gubernur di hadapan wartawan.
Gubernur Jambi juga mengakui bahwa pada PON 2013 prestasi atlet senior Jambi terus turun dibandingkan dengan prestasi PON sebelumnya. Maka, dengan modal atlet pelajar yang akan ikut ke Popnas, dapat meningkatkan prestasi olahraga di Jambi. “Prestasi atlet Popnas Jambi pada beberapa tahun terakhir terus meningkat. Misalnya, pada Popnas 2007 di Samarinda, Kaltim, meraih satu emas, satu perak, dan 11 perunggu berada pada posisi 14 besar nasional. Pada Popnas 2009 di Yogyakarta, Jambi, meraih dua emas, lima perak, dan 14 perunggu berada di peringkat 13 besar nasional. Dua tahun kemudian, Popnas di Riau 2011, Jambi berada pada peringkat sembilan nasional dengan meraih tiga medali emas, 11 perak, dan 12 perunggu” katanya.
Sebelumnya dalam pengarahannya Gubenur menyampaikan kepada para peserta bahwa  untuk meraih prestasi olah raga  diperlukan jiwa juang yang tinggi dan pantang menyerah. “Jiwa juang itu penting  di bidang olahraga, kalau fisik kuat tetapi jiwanya lembek, sulit kita mencapai prestasi. Kita harap kalau kita hidup ini ada prestasi ada sesuatu yang bisa kita berikan untuk daerah, sekolah dan orang tua.  Kalau saudara sudah tampil di tingkat nasional yang dilihat bukan dari sekolah mana, atau kabupaten mana tetapi yang diingat adalah dari Jambi. Kepada anak-anak yang kusayangi saya berharap nama Jambi dapat terangkat dari dua tahun sebelumnya”, ujarnya.
Dikatakan Gubernur bahwa dengan adanya program Merpati Emas akan dapat meningkatkan prestasi olah raga di Provinsi Jambi menjadi lebih baik. “Saya berharap dengan program Merpati Emas, prestasi olah raga Jambi akan lebih baik di masa yang akan datang, terus terang mungkin yang akan tampil di PON adalah anak-anak sekalian, itulah harapan saya sebagai pemimpin, sebagai orangtua, di bidang lain kita cukup beprestasi pada bidang pendidikan, pada lomba Empat Pilar Kebangsaan tahun lalu kita juara III, tahun sebelumnya kita juara satu se- Indonesia” ucapnya.
Pada akhir sambutannya Gubernur menyampaikan kepada para peserta untuk terus beprestasi di segala bidang.”Anak-anak yang saya banggakan, masa depan kalian berbeda dengan masa depan kami, ke depan persaingan semakin ketat, semua orang ingin berprestasi. Saya  yakin dengan bersungguh-sungguh dengan tekad yang tangguh tapi ingat sportifitas harus kitajaga, kita akan berprestasi, kalau sudah kita lakukan semua dan jika belum berhasil kita serahkan kepada Tuhan,baerati yang lain lebih bagus” ucapnya.
Para atlet dari 14 cabang olahraga yang akan dikirim ke Jakarta telah menjalani seleksi dan pemusatan latihan daerah, sedangkan kontingen akan diberangkatkan pada tanggal 10--12 September 2013 menuju Jakarta.(Maria/Foto;Indra Jaya, Kamerawan: Ardi)

No comments: