.

.
.

Kamis, 06 November 2014

HBA Masih Kewalahan Fasilitasi Rumah Masyarakat Miskin

Bedah Rumah Program Samisake di Desa Rantau Api Kecamatan Tebo Tengah Ilir.Foto Rosenman Manihuruk

Belum Terbangun Sinergi Membangun Rumah Bagi MBR
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi hingga kini masih kewalahan untuk membangun rumah bagi masyarakat miskin. Pembangunan perumahan dan permukiman merupakan bagian yang penting dalam pembangunan masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan dasar manusia.

R MANIHURUK, Jambi

Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mengakui kalau pihaknya masih memiliki kendala dalam membangun rumah bagi masyarakat miskin di Provinsi Jambi. Katanya program Samisake telah memprioritaskan bedah rumah bagi masyarakat miskin agar layak huni.

“Salah satu kegiatan dari Samisake prioritasnya perumahan," kata HBA, Senin (3/11) lalu.

Bagi HBA, kebutuhan perumahan di Provinsi Jambi masih belum sepenuh nya terpenuhi namun sudah mendekati ditandai dengan menjamurnya pembangunan perumahan terutama di  Kota Jambi.

“Banyak perumahan yang dibangun dan ternyata masyarakat  masih mampu membeli," ujar HBA. Terkait tugas pemerintah dalam membantu pihak pengembang atau investor perumahan untuk membangun perumahan bagi masyarakat, HBA menyampaikan  pemerintah akan membantu percepatan perizinan termasuk penyediaan infrastruktur lainnya.


“Fasilitas yang kita berikan dari sisi perizinan termasuk infrastruktur," ujar HBA pada Peringatan Hari Perumahan Nasional yang berlangsung di halaman Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Provinsi, Senin lalu.

HBA menegaskan, rumah memiliki peran penting dalam pembentukan kualitas hidup masyarakat termasuk kepribadian dengan adanya rumah yang layak huni serta sehat.

Kebutuhan rumah ditahun 2013 diperkirakan 27.383 unit yang menjadi tanggungjawab bersama terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. “Pengembang dapat memprioritas masyarakat berpenghasilan rendah," kata HBA.

Disamping pembangunan perumahan yang sangat dibutuhkan masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi telah membantu masyarakat miskin dengan kegiatan Bedah Rumah Program Samisake yang saat ini sebanyak 21.724 unit rumah telah dibedah.

Selanjutnya Kepala Dinas PU Provinsi Jambi A. Fauzi Ansory mengharapkan adanya sinergisitas Pemprov Jambi dan Pemkab dan Pemkot mengembangkan perumahan bagi rakyat terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Kita sudah ada Program Samisake salah satu upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka mencukupi  kebutuhan papan (rumah) bagi masyarakat miskin," kata Fauzi.
Menurutnya, terkait dengan Program Bedah Rumah bagi masyarakat miskin terus diupayakan sebagai pemenuhan kebutuhan pokok akan rumah. “Jika dimungkinkan akan terus dilanjutkan," katanya.(lee)


Tidak ada komentar: