Rabu, 16 Desember 2009

BMKG Jambi Masih Kekurangan Alat Deteksi

Jambi, Batak Pos

Kantor Badan Meterologi Geofisika (BMG) Provinsi Jambi hingga kini masih mengalami kekurangan alat deteksi cuaca maupun alat deteksi gempa. Peralatan operasional banyak yang rusak akibat sering padamnya aliran listrik dari PLN. Pihak BMG Jambi meminta Pemerintah Pusat untuk memenuhi sarana alat BMG menyusul Provinsi Jambi merupakan daerah Gempa.

Kepala BMG Provinsi Jambi, RL.Tobing, Jumat (11/12) kepada BATAKPOS mengatakan, dirinya sudah melaporkan permasalahan yang dihadapi BMG Jambi kepada Ketua dan 15 Anggota Komisi V DPR RI saat kunjungan kerja ke Jambi, Kamis-Jumat (10-11/12).

Menurut RL Tobing, pihak BMG sendiri dengan alat yang minim tersebut, masih tetap bisa bekerja sesuai dengan yang diinginkan. “Kita sangat mengaharapkan kedepan bisa terpenuhi segala kekuarangan alat deteksi tersebut. Karena alat tersebut penting guna mendeteksi perubahan cuaya di Provinsi Jambi,”katanya.

Foto Kepala BMG Provinsi Jambi, RL Tobing. Foto Asenk Lee Saragih

Disebutkan, ada empat permasalahan prioritas yang dihadapi BMG Jambi saat ini. Permasalahan itu yakni, karena sering terjadi pemadaman listrik, menimbulkan kerusakan alat operasional, jaringan peramatan masih belum representative jika dibandingkan dengan luas Provinsi Jambi, perlu dirintis pembangunan radar cuaca, stasiun meteorology maritime dan stasion geofisika, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tersedia masih terbatas. ruk

Tidak ada komentar: