.

.
.

Rabu, 19 November 2014

34 PSK Pucuk Pulang Kampung



PULKAM: Tampak sejumlah PSK Payo Sigadung, Kotabaru Jambi saat dipulangkan oleh Pemkot Jambi dengan menggunakan Bus, Selasa (18/11). Pemulangan PSK ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi. POPRY BUSTAMI/HARIAN JAMBI

Dibiayai Pemkot Jambi

Sebanyak 34 orang eks PSK Payosigadung alias Pucuk dipulangkan ke kampung halamannya. Dengan mengendarai bus sarimustika, mereka diantar ke kampung halamannya oleh tim Pemkot Jambi. 

Menurut R, eks PSK asal Cirebon, kepulangan dia karena ingin menjemput orang tuanya. Dikarenakan ingin ikut program menikah yang dibiayai oleh Pemkot Jambi. 

“Saya mau jemput ibu, karena mau nikah. Usai itu mau buka usaha sendiri. Pencairan dana di kampung halaman," aku R sambil menunduk.

Untuk uang kompensasi, telah diserahkan kepada 34 eks PSK ini dalam bentuk buku tabungan dan ATM. ‎Nominal yang mereka terima adalah sebesar Rp 4,8 juta. 

Perwakilan PO Bus Sari Mustika mengaku trayek perjalanan dari PSK ini bermacam-macam. Namun seluruh PSK akan diturunkan di Jakarta terlebih dahulu dan disambut oleh Dinas Sosial DKI Jakarta. 

“Mobil kami sampai Pati, namun mereka cuma sampai Jakarta. Karena jurusan nya bermacam-macam. Namun kalau mereka mau sampai ke kampung halaman juga tidak apa-apa, kita atur nantinya. Yang pasti biaya mereka dibayar perorang, sampai ke Pati. Turunnya di mana itu Tehnis dengan mereka," ujar Koyo, pemilik PO Bus Sari Mustika, kemarin. 

Sementara itu Ketua RT 05 Pucuk, Sudadi Rusman berkata kepulangan dari PSK ini merupakan lanjutan dari kepulangan PSK lainnya. Bahkan, Rabu (19/11) ini, terdapat tujuh PSK yang akan dinikahkan lagi.

“Besok (Rabu ini-red) mereka akan nikah lagi. Semua dibiayai Pemkot, akan nikah di Kuakec. Yang pulang silahkan, uang kompensasi sudah mereka terima melalui ATM dan buku bank BRI," terang Sudadi. (*/lee) 

Tidak ada komentar: