.

.
.

Wednesday, 11 February 2015

Modus Baru Pembobol Kantor Pos, Rusak CCTV

 JAMBI-Untuk kali kedua Kantor Pos Cabang Thehok, yang berada di Jalan Kol Pol M Taher Jambi dibobol maling. Akibatnya, komputer dan sejumlah uang dibawa kabur oleh pelaku yang belum diketahui identitasnya.

Pembobolan kali ini merupakan untuk kedua kalinya. Sebab, pada tahun 2014 lalu, kantor pos cabang Thehok tersebut juga dibobol oleh kawanan pencuri. Namun, kawanan pencuri hanya berhasil membawa satu unit komputer.


Berdasarkan pantauan, aksi pembobolan ini cukup rapi. Pelaku masuk melewati toilet yang ada dibelakang kantor pos tersebut. Setelah itu pelaku, melewati plafon kedalam ruangan, selanjutnya menjebol plafon untuk dilewati. Bahkan, untuk turun kebawah, pelaku menggunakan tali yang telah diikat ditiang penyangga plafon.

Setelah masuk, pelaku membuka pintu samping dengan cara membuka secara paksa untuk membawa komputer yang ada diruangan tersebut. Hebatnya, sebelum melakukan aksinya itu, pelaku terlebih dahulu merusak jalur CCTV. Sehingga, aksi mereka tidak terekam CCTV. Pelaku diperkirakan melakukan aksinya Sabtu malam, karena CCTV sudah tidak berfungsi sekitar 17.00 wib (8/2).

Sumiyati Kepala Cabang Kantor Pos tersebut mengatakan, pembobolan kantor pos diperkirakan terjadi Sabtu (7/2) malam, dan baru diketahui Senin (9/2) ketika karyawan hendak masuk kantor.

Karyawan mendapati pintu samping kantor pos terbuka lebar. Diperkirakan kerugian ditaksir mencapai Rp 29 juta. “Karena hanya satu unit printer yang tersisa. Yang dibawa monitor dan CPU, kecuali printer,"ungkapnya.

Dijelaskan, monitor yang dibawa kabur maling sebanyak lima unit dan CPU empat unit. Untuk uang tunai sendiri diperkirakan hanya seratus ribu. Karena hanya uang receh yang ada di dalam toples front liner (loket pelayanan) pelanggan. “Sementara untuk dukumen penting tidak di ada yang hilang,” kata Sumiyati.

Dilain sisi, pelayanan pos sendiri terpaksa dilakukan dengan mobil pos keliling yang sengaja didatangkan dari Kantor Pos Jambi. “Kita belum bisa oprasi, makanya kita mendatangkan mobil pos keliling untuk melayani masyarakat,"tambah Sumiyati.

Kapolsek Jambi Selatan, Kompol Faruek Afero mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan. Berdasarkan olah TKP, diperkirakan terjadi Sabtu malam jumat. Tapi baru dilaporkan pagi kemarin. “Kita masih melakukan penyelidikan, kita belum tau berapa orang pelakunya. Kita masih selidiki,"katanya.(Gie/lee)

No comments: