.

.
.

Jumat, 19 September 2014

Dahlan Iskan Ungkap Alasan BRI Batal Beli Bank Mutiara



Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) batal menawar PT Bank Mutiara Tbk. Alasannya pembelian saham eks Bank Century itu tidak menarik. BRI menarik diri, karena tidak menarik. Memang penawaran BRI kecil.

Hal itu dikatakan Dahlan di Jakarta, Kamis (18/9). Kata Dahlan tidak mau menyebut BRI gagal dalam membeli Bank Mutiara karena menurutnya, bank pelat merah itu menarik diri di proses terakhir.

“BRI menarik diri karena tidak mau Bank Mutiara mengganggu kinerja perusahaan," ujarnya.

Memang BRI harus punya siasat khusus, jika ingin membuat Bank Mutiara sehat. Dahlan sendiri awalnya berniat mencari tahu proses seleksi pemenang oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), tapi kemudian ia menyerahkan urusan itu kepada direksi.


“Aku ingin tahu bagaimana prosesnya, tetapi untuk apa aku tahu. Yang jelas, BRI tidak jadi ikut berlomba," katanya.

“Tanya direksi BRI lebih detilnya. Saya hanya diinfokan bahwa BRI menarik diri karena nanti mengganggu BRI," ujarnya.

Perusahaan asal Jepang, J Trust Co. Ltd. sudah ditetapkan pemenang seleksi pembelian Bank Mutiara oleh LPS. Perusahaan asal Jepang ini menyatakan sudah dan sedang mengembangkan sayapnya ke dunia internasional melalui bisnis ritel finansial. 

Langkah berikutnya, J Trust akan mulai mengurus proses pembelian mayoritas saham Bank Mutiara ini sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Proses bersama OJK akan dilakukan dalam waktu dekat.

Terdapat beberapa persayaratan dan mekanisme yang harus dilalui oleh J Trust untuk mendapatkan kepemilikan utuh dari Bank Mutiara. Sehingga sampai dengan saat ini, J Trust belum dapat dikatakan sebagai pemilik Eks Bank Century tersebut, tapi hanya pemenang seleksi pada tingkat LPS.(dtk/lee)


Tidak ada komentar: