Jumat, 08 Juni 2012

Kadis PU Provinsi Jambi Mau Dilengserkan

 Rusak Parah : Puluhan kilometer jalan Desa Berdorong, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi rusak parah. Tampak kenderaan warga terjebak akibat kerusakan jalan yang sudah lama terjadi. Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi Ivan Wirata didesak LSM Jambi untuk mundur dari jabatannya karena tidak becus dalam menangani infrastruktur jalan, irigasi, jembatan di Provinsi Jambi selama dua tahun belakangan. Ivan dinilai hanya membuat laporan kepada atasan “Asal Bapa Senang” (ABS).

Persoalan jalan di Provinsi Jambi dari jalan desa, provinsi hingga nasional hingga kini belum teratasi dengan baik. Banyak jalan di Provinsi Jambi yang kondisinya hingga kini babak belur tanpa adanya perbaikan yang permanen.

Salah satu contoh jalan Nasional Jalan Lingkar Barat dan Selatan Kota Jambi yang selalu menimbulkan masalah karena para angkutan truk menolak melewati jalan tersebut karena rusak berat. Kemudian jalan di Jangkat, Kabupaten Merangin dan di Kabupaten Sarolangun, tanjung Jabung Timur dan Barat kini banyak mengalami kerusakan.

Selain itu kondisi irigasi juga banyak yang bermasalah dimana bangunan irigasi dibangun pada lokasi yang tidak memiliki aliran air. Proyek irigasi di Provinsi Jambi juga banyak dikerjakan tak tepat sasaran. Bahkan ada proyek irigasi yang diduga fiktif di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Hal itu terungkap saat sejumlah LSM Jambi berunjukrasa di Kantor Gubernur Jambi, Kamis (7/6). Koordinator unjukrasa, Mulyadi mengatakan, persoalan jalan, irigasi, jembatan di Provinsi Jambi banyak mengalami kerusakan.

Selama ini penanganan pekerjaan banyak luput dari pengawasan baik LSM maupun DPRD. Bahkan informasi menyebutkan banyak oknum DPRD dan LSM kini mengerjakan proyek dan bukan lagi sebagai sosial control.

Disebutkan, salah satu titik jalan desa yang butuh perhatian yakni Jalan Desa Berdorong, Kecamatan Limun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi. Puluhan kilometer jalan tersebut kondisinya rusak parah. RUK


Ivan Wirata. Foto dok Rosenman Manihuruk (HP 0812 747 7587)

Tidak ada komentar: