Kamis, 30 April 2009

PNS Diminta Jangan Korupsi

Jambi, Batak Pos

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jambi diminta agar tidak berbuat tindak pidana korupsi dari sekecil apapun, khususnya dilinmgkungan kerja. PNS diminta untuk bekerja professional dan tidak menghalalkan segala cara demi mendapatkan materi. PNS harus bisa memberi contoh kepada dalam melayani masyarakat.

Semua menyadari bahwa sebagai aparatur negara, abdi negara dan abdi msyarakat, PNS harus memberikan contoh yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terlebih lagi bagi para penerima SK CPNS ketika diangkat kelak menjadi PNS akan diambil sumpah dan berjanji untuk melaksanakan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin pada acara Penyerahan SK CPNS (Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil) kepada 21 orangPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, Senin, (27/4) di Ruang Pola Kantor Gubernur.

“Saya sungguh berharap kehadiran saudara sebagai PNS diiringi dengan niat tulus dan komitmen yang tinggi untuk mendedikasikan diri berbuat demi kepentingan masyarakat. Dengan demikian kehadiran saudara-saudara dapat bermanfaat bagi upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,”katanya.

Menurutnya, harus dipahami bahwa dalam melayani masyarakat, pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang berkualitas. Setiap PNS setiap lembaga haruslah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Masyarakat jangan sekali-kali dirugikan karena pelayanan kita yang buruk. Karena itu, untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, kita harus mampu mengantisipasi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya dalam jumlahnya tetapi juga dalam kualitas,”katanya.

Disebutkan, tanpa pelayanan yang berkualitas yang diiringi kemampuan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kedisiplinan dan kebersamaan dalam pelaksanaan tugas, tidak akan member manfaat yang optimal kepada masyarakat, atau menjadi mubazir.

Menurut Zulkifli Nurdin, perlu diingat bahwa lingkungan pemerintahan dimana PNS akan bekerja, berbeda dengan lingkungan sebelumnya. Pemerintahan mempunyai tatanannya sendiri. Bekerja sebagai aparatur pemerintah memiliki aturan dan ketentuan tersendiri, memiliki mekanisme dan prosedur serta memiliki struktur hubungan antara pimpinan dan bawahan.

“Kita semua mengetahui perkembangan keadaan masyarakat saat ini. Masyarakat kita sejalan dengan keberhasilan pembangunan telah menunjukkan diri sebagai masyarakat yang cerdas dan kritis. Untuk itu, diharap saudara-saudara harus mampu memacu diri, untuk terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang berbagai persoalan pemerintahan dan kemasyarakatan,”ujarnya.

Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Jambi HK. Husnaini, SH dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan tes tertulis CPNS Daerah Pemerintah Provinsi Jambi telah dilakukan pada hari Minggu tanggal 21 Desember 2008 yang lalu.

Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis sebanyak 2.513 orang dan yang mengambil nomor serta mengikuti tes tertulis sebanyak 2.078 orang.

Sedangkan jumlah pelamar keseluruhannya adalah 3.026 orang. Dan berdasarkan hasil pengolahan LJK hasil tes tertulis, terdapat 125 orang yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi CPNS Pemerintah Provinsi Jambi formasi tahun anggaran 2008. Dari 125 orang yang dinyatakan lulus tersebut, 1 (satu) orang mengundurkan diri dan 3 (tiga) orang tidak melapor sampai batas waktu yang ditentukan. ruk

Tidak ada komentar: