.

.
.

Wednesday, 26 June 2013

Pembagian BLSM Kota Jambi Amburadul




Pembagian BLSM di Jambi.[JX/Lee]
Jia-Xiang - Kantor Pos Jambi kurang sigap dalam menyalurkan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Kota Jambi, sehingga pembagian BLSM di Kantor Pos Pusat Cabang Jambi, Selasa (25/6) amburadul.

Warga yang hendak menerima BLSM saling berebut, karena pihak kantor pos setempat hanya menyediakan satu meja pelayanan dengan jumlah petugas hanya tiga orang. Sementara penerima BLSM mencapai ratusan orang.

Warga yang saling rebut menerima BLSM itu  semakin tak terkendali karena pengawasan dari petugas keamanan juga kurang. Pembagian BLSM di kantor pos kota itu hanya diawasi dua anggota satpam kantor pos. Kemudian pembagian BLSM juga dilakukan di luar gedung kantor pos tanpa dilengkapi tenda dan kursi yang mencukupi.

Pantauan Jia-Xiang Hometown di Kantor Pos Pusat Kota Jambi, Selasa (25/6) sore, warga yang antre menerima BLSM kocar-kacir karena hujan mengguyur kota itu. Warga yang tidak sempat mendapatkan BLSM di kantor pos setempat, banyak yang pulang karena tidak sabar mengantre di tengah guyuran hujan.
Sementara itu kantor pos – kantor pos cabang kecamatan di Kota Jambi dijaga ketat polisi menjelang penyaluran BLSM Rabu (26/6) dijaga ketat oleh aparat keamanan. 

Penjagaan ketat itu dilakukan mengantisipasi terjadinya kericuhan pembagian BLSM. Sehari menjelang pembagian BLSM tersebut, Selasa (25/6), setiap kantor pos kecamatan di kota itu telah dijaga dua orang polisi.

Pantauan Jia-Xiang Hometown di kantor pos Kecamatan Jelutung, Jalan DI Panjaitan, Kota Jambi, Selasa (25/6), dua petugas kepolisian telah siaga. Penjagaan ketat di kantor pos itu dilakukan mulai pagi hingga sore. Petugas polisi tersebut juga banyak memberi penjelasan kepada keluarga miskin yang hendak mengambil dana BLSM bahwa pembagian BLSM baru dimulai Rabu (26/6).

Sementara itu, pihak Kantor Pos Cabang Bungo, Jambi menolak memberikan dana BLSM kepada keluarga miskin yang tidak memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Kepala Bagian Humas Kantor Pos Cabang Bungo, Bayu Wahyudi kepada wartawan di Muarabungo, Selasa (25/6) menjelaskan, pihaknya mulai membagikan dana BLSM kepada para keluarga miskin Selasa (25/6). Dana BLSM hanya diberikan kepada keluarga (KK) miskin atau rumah tangga sasaran (RTS) yang memiliki KPS. Sedangkan keluarga miskin yang menggunakan KTP untuk mendapatkan BLSM tidak dilayani.

Menurut Bayu, jumlah keluarga miskin yang menerima BLSM di daerah itu sekitar 11.236 kepala keluarga. Mereka hanya menerima BLSM selama dua bulan dengan jumlah Rp 300.000/KK atau Rp 150.000/KK/bulan. [Lee/E4] (Sumber : http://jia-xiang.biz/read/pembagian-blsm-kota-jambi-amburadul)

No comments: