Senin, 22 Februari 2010

BI Ajak Nasabah Gemar Menabung Dengan Program “Tabunganku”

Jambi, BATAKPOS

BI (Bank Indonesia) pusat mengajak nasabah untuk gemar menabung dengan produk "Tabunganku". Launching produk “Tabunganku” ini akan diadakan secara serempak di 41 kantor cabang Bank Indonesia seluruh Indonesia, termasuk di Kota Jambi.

Produk "Tabunganku" adalah tabungan tanpa biaya administrasi bulanan, dengan setoran awal hanya Rp 20.000. Untuk BI pusat, launching diadakan di Monas dan rencananya dihadiri oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu dan Minggu (20-21/2).

Sementara untuk launching dari BI cabang Jambi, dilakukan secara roadshow keliling kota Jambi, dimulai dari Telanai. Roadshow ini akan melibatkan komunitas motor gede (moge), pawai mobil hias keliling Kota Jambi.

Pemberdaya Sektor Riil dan UMKM BI Cabang Jambi, Bambang Murdadi, didampingi Humas BI cabang Jambi, Jamhuri Marpaung Jumat (19/2) mengatakan, sejauh ini BI cabang Jambi sudah melakukan sosialiasi. Sosialisasi "Tabunganku" dilakukan ke berbagai SD, SMP, dan SMA di Jambi, termasuk melalui spanduk di jalan-jalan.

“Antusiasme para pelajar sangat tinggi. Terutama karena mereka tahu bahwa "Tabunganku" tidak ada biaya bulanannya. Ini dapat menumbuhkan minat menabung di kalangan pelajar dan warga biasa,”katanya.

Menurut Bambang segmen produk ini adalah masyarakat kecil-menengah ke bawah. Sasaran BI adalah masyarakat mikro kecil yang memang mempunyai hasrat menabung dengan setoran yang kecil.

Produk "Tabunganku" ini sudah diinisiasi mulai Juni tahun 2009 oleh BI pusat. "Produk “Tabunganku”sudah ada riset dan survei yang dilakukan oleh BI pusat tentang latar belakang produk "tabunganku".

“Namun, data riset dan surveinya dipegang BI pusat semua. Untuk produk "Tabunganku", BI menjalin kerjasama dengan 71 bank-bank lain sebagai peserta produk "Tabunganku",”katanya.

Menurut Bambang, selain setorannya kecil, tidak ada biaya administrasi bulanan, ada juga fitur tambahan kartu ATM. Mengenai fasilitas kartu dan gerai ATM-nya diatur di gerai masing-masing bank umum.

Produk “Tabunganku” diharapkan untuk menjaring nasabah sebanyak mungkin di Kota Jambi dan sekitarnya. Launching produk “Tabunganku” di GOR Kotabaru Jambi akan dihadiri ribuan masyarakat Jambi. ruk

Tidak ada komentar: