.

.
.

Minggu, 25 Mei 2014

Lebih Dekat dengan DRdr HerlambangNoerjasinSpOG KFM




JEPANG: dr Herlambang dapat beasiswa Dikti untuk penelitian S3 di Jepang selama 4 bulan.


Menjadi dokter sebenarnya bukanlah cita-cita dari Herlambang. Karena cita-cita Herlambang yang sebenarnya adalah ingin menjadi pilot. Namun karena kurang tinggi, ternyata Herlambang belum bisa mendapatkan keinginannya untuk menjadi pilot.

Kunci utama dalam prinsip sebagai dokter adalah keikhlasan dan selalu berzdikir. Karena segala sesuatu jika sudah ada campur tangan dari sang pencipta, maka manusia akan terasa mudah melakukan semua kegiatan.

Berlatarbelakang dari keluarga tentara bukanlah hal yang sulit bagi DR Dr Herlambang Noerjasin SpOG KFM dalam menempuh dunia pendidikan. Meskipun saat itu, Herlambang harus menjalani pendidikan secara berpindah-pindah.

Herlambang merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Namun setelah Herlambang duduk di bangku kuliah kesehatan, orangtuanya telah menetap untuk tinggal di Padang.

“Saya dulu pernah mengikuti tes pilot tapi ternyata tidak lulus, kemudian karena orangtua saya tinggal di Padang, maka ibu saya menyarankan untuk kuliah di Fakultas Kesehatan Universitas Andalas,” ujar Herlambang.


Kemudian setelah dijalani, ternyata menjadi dokter itu mempunyai daya tarik tersendiri. Terutama dalam menjalankan tugas. Jika pekerjaan yang dilakukan itu niatnya karena Allah, maka secara tidak langsung amalnya dapat, rezeki juga dapat.

Dokter Teladan

DokterHerlambang,demikiansapaanakrabnya.Sudahmenekuniprofesimulianyasejaktahun 1997. Priakelahiran 18 Januari 1969 ini, pernah mendapatkan gelar sebagai dokter teladan pada tahun 1999 di Kabupaten Batanghari.

Gelar sebagai dokter teladan ini didapatkan karena Herlambang menemukan penyakit tentang filariasis yaitu penyakit kaki gajah di daerah Kemingking Dalam, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Batanghari. Berkat penemuannya tersebut, Herlambang mendapatkan programunggulan serta bantuan dari tingkat dunia yaitu WHO untuk melakukan pengobatan masal.

Langkah utama yang dilakukan oleh Herlambang untuk memberantas penyakit kaki gajah adalah dengan mengambil sampel darah secara langsung dari masyarakat di daerah-daerah pelosok dan terpencil.

“Pada saat itu dari seluruh Indonesia yang mendapatkan kesempatan hanya empat daerah, di antaranya adalah Jambi, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi. Dan dengan adanya pengobatan masal yang saya lakukan sebagai dokter teladan, ternyata penderita kaki gajah pun menurun,” ujar Herlambang.

Kemudian setelah sukses melakukan pemberantasan dan juga pengobatan masal penyakit kaki gajah, pada tahun 2000 Herlambang ditawari untuk menjadi pegawai negeri dokter depkes, namun Herlambang menolak. Hal ini disebabkan karena Herlambang berminat untuk menjadi dokter spesialis.

Bergelar Doktor Pertama

Herlambang
Keinginan awal dari Herlambang adalah untuk menjadi dokter bedah, karena secara tidak langsung bisa menolong ibu dan anak. TepatPadatahun 2001, Herlambang melanjutkanpendidikanspesialiskebidanan dari fakultas kesehatan Universitas Sriwijaya Palembang danselesaipadatahun2004.

Herlambang merasa tertarik di dunia kebidanan karena menurutnya banyak ilmu dan tantangan. Dan Herlambang menpunyai keinginan untuk memajukan dunia kebidanan.

Hinggaakhirnyapadatahun 2007 iamenempuhpendidikandi UniversitasPadjajaran Bandung dengan pendidikan konsultan.Kemudian setelah dilihat oleh beberapa profesor, ternyata saya ditawari untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan S3.

Oleh karena itu, pada dasarnya pendidikan S3 ini bukan lah keinginan utama dari Herlambang. Tapi Herlambang mendapatkan dukungan dan dorongan dari beberapa profesor yang melihat kegiatannya.

“Saat itu saya mendapatkan 4 beasiswa utama dari pemda, provinsi dan juga Dikti, beasiswaDikti saya itu untuk penelitian S3 di Jepang selama 4 bulan,” ungkap Herlambang.

Herlambang juga mengadakan kolaborasi dengan Jepang dan kerjasama dengan Belanda. Besok pada Febuari 2014 Herlambang menjadi pembicara di Makau, Cina mengenai penelitian memasukkan cairan ketuban ke dalam rahim. Herlambang menjadi pembicara di Makau karena penelitiaannya tersebut mendapat penghargaan di tingkat nasional dan internasional.

Berupaya memberikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang paling baik, dengan kesembuhanpasiensebagaiprioritasutama adalah salah satu prinsip dari dokter Herlambang. Oleh karena itu, Herlambang selalu siap untuk menjadi dokter yang standby jika sewaktu-waktu diperlukan.

Semua kegiatan Herlambang selalu mengutamakan keikhlasan, dengan tujuan agar semua yang dia lakukan memang bermanfaat. Bahkan kalau bisa, jangan sampai merasa terbebani dengan pekerjaan yang dijalani. Jadi pekerjaan itu bias dijadikan sebagai salah satu hobi.Karena jika sudah menjadi hobi maka menjalankannya pun akan enjoy.

Selain itu menurut Herlambang, semua kegiatan itu tidak terlepas dari dukungan keluarga. Bahkan dukungan dari keluarga menjadi prioritas utama dari setiap kegiatan yang Herlambang lakukan.

Meskipun Herlambang  sibuk, tapi selalu menyempatkan waktu untuk anak dan istrinya. Cara mensiasati ataupun mencuri waktu di sela-sela kesibukannya adalah selalu ada perjanjian untuk kumpul bersama, baik untuk acara makan ataupun acara liburan.

“Setiap pagi, sebelum anak saya berangkat sekolah saya selalu menemani mereka di meja makan untuk sarapan, setelah itu barulah saya bersiap-siap untuk tugas di rumah sakit umum, kemudian juga jika ada waktu libur, ataupun hari minggu itu memang benar-benar dimanfaatkan bersama keluarga,” ungkapnya.

Kemudian juga Herlambang selalu memberikan pemahaman kepada anak, agar anak mengerti bahwa pekerjaan yang Herlambang lakukan  merupakan kegiatan yang mulia karena menolong orang.

Bahkan Herlambang juga memberikan pengertian bahwa bekerja sebagai dokter itu berbeda dengan bekerja sebagai pegawai lain pada umumnya. Karena pegawai itu batas kerjanya hanya dari pagi sampai sore, sedangkan bekerja sebagai dokter harus bisa siap 24 jam.(*/lee)
****

KOLOM 1

HerlambangMantan Atlit Polo Air Nasional

Pada tahun1990menjadicatatanpentingdalamperjalanankarir Herlambang.Sebelummendapatkangelardokterumum, Herlambangpernahmenjadiatlit Polo Air NasionalperwakilanJambi.BahkaniapernahmemperkuatIndonesia padaajang Sea Games di Chiang Mai padatahun 1993 danberhasilmeraihjuarapertama.

“Mulaidari SMA sayasudahbanyakberlatih polo air danjugaberenang. Bahkansewaktusayamasihkuliah, setiapharisabtudanmingguitusayapergike Jambi untukmengikutilatihan,” ungkapHerlambang.

Tidakhanyaitu, ternyatadokterHerlambangjugapernahdiboyongoleh Raja Nasution ke Thailand,sebagaiatlet polo air asal Jambi danberhasilmeraihjuarapertama.

Ketua IDI Kota Jambi

SaatiniHerlambangjugatercatatsebagaiketuaIkatanDokter Indonesia (IDI) Kota Jambi.  Dimanaacarapelantikannyaakandilaksanakanpadatanggal 14 Desember 2013.

Melaluiorganisasi yang iapimpinsaatini,Herlambangbertekaduntukmembantupemerintah Kota Jambi dalammemberikanpemikirantentang Jambi Sehat agar terwujud MDG’s 2015 yang di antaranyaadalahuntukkeselamatanibu, anak.

Menurutnya, hal pertama yang akanialakukanadalahmelakukankonsolidasi di internal IDItentangbagaimanamenjagakepedulianantaranggota IDI.Kemudianiajugabermiatuntukmeningkatkansumberdayamanusiadariparadoktermelauikegiatan seminar danpelatihan.

Dalam hal ini, dr Herlambang sering menjadi pembicara baik di tingkat lokal, nasional dan juga internasional. Dalam tingkat internasional di antaranya adalah di Selandia Baru, Tokyo dan Singapore.

Selain itu, Herlambang juga giat melakukan ceramah ataupun sebagai nara sumber di Bayangkari, Polda, Yonif, dengan tema mengenai “Reproduksi dan juga Kesehatan Wanita”. Kemudian juga di Kabupaten Kerinci, dan yang terakhir kemarin adalah sebagai nara sumber dari kelompok PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

UntukdiketahuisaatiniHerlambangbertugas dibeberaparumahsakit di Provinsi Jambi, di antaranyaadalah di RumahSakitUmumRadenMattaher, RumahSakit Siloam danRumahSakitTheresia.Selainitu, Herlambangjugamerupakandosen di FakultasKedokteranUniversitas Jambi sejak tahun 2010.

“Harapansaya, dengansemakinberkembangnyailmupengetahuanmakadiharapkanparadokteruntuklebihbisameningkatkanwawasanmereka, karenasemakinbanyak yang diketahuimakaakansemakinbanyakjuga yang akankitadapatkanmanfaatnya, apalagiuntukmenanganiparapasienmenurutsayawawasan yang luastersebutakancukupmembantu,” tambahnya.(lee)
=============

KOLOM 2

Ber-DzikirKunci Sehat Herlambang

Tips  utama yang dilakukan Herlambang untuk menjaga kesehatannya adalah selalu berdzikir. Hal ini disebabkan karena berzdikir itu merupakan kekuatan yang tidak bisa dikalahkan oleh siapapun.

Oleh karena itu, walaupun Herlambang hanya mempunyai waktu tidur 2 jam, menurutnya itu sudah sama dengan pola tidur pada umumnya yaitu 8 jam. Bahkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh Herlambang tidak pernah melewatkan dzikir.

Dzikir merupakan suplemen yang sangat baik untuk jasmani dan rohani. Dengan zdikir, sel dalam tubuh pun akan sehat karena secara tidak langsung jika dalam hati itu selalu berzdikir maka anggota tubuh yang lain itu akan tahu bahwa sel tubuh adalah ciptaanya. Bahkan Herlambang tidak pernah mengkonsumsi vitamin untuk mempertahankan daya tubuhnya. Tapi Herlambang juga menyempatkan waktu untuk berolahraga.

Selain itu, prinsip yang selalu ditanamkan oleh Herlambang sebagai dokter yang standby 24 jam adalah keikhlasan. Dengan keikhlasan itulah setiap pekerjaan yang dilakukan bukanlah suatu beban. (lee)

=========

Dibalik Karier dr HerlambangAda Rian Kartika Sari SE

Menjadi istri seorang dokter pada dasarnya memang menjadi kebanggaan tersendiri. Karena bekerja sebagai dokter merupakan pekerjaan yang mulia. Oleh karena itu, dari awal Rian mengenal dokter Herlambang, Rian selalu berusaha untuk selalu memberikan dukungan dan doa terbaik untuk kegiatan suaminya.

Jika dirasakan, sukanya menjadi istri dokter itu dikenal masyarakat sekitar dengan profesi dokter karena profesi dokter dianggap sebagai hal yang baik di masyarakat,kolega bertambah banyak dari kalangan medis. Termudahkan ketika dalam mengatasi masalah kesehatan keluarga.

Namun untuk dukanya itu mungkin harus siap untuk urusan rumahtangga. Tapi sebagai istri. Rian tidak merasa terbebani ataupun mengeluh dengan pekerjaan dokter Herlambang. Karena intinya antara anak, suami dan Rian sendiri bisa saling berkomunikasi dengan baik.

Selain itu, Rian juga menjelaskan bahwa walaupun dokter Herlambang bekerja mobile 24 jam atau non-stop 24 jam, ternyata Herlambang tidak melupakan ataupun melalaikan tanggungjawabnya sebagai kepala keluarga.

Suksesnya karier dokter Herlambang, karena peran seorang istri yang bijaksana yakni Rian Kartika Sari SE. Peran seorang istri sangat penting untuk mencapai kesuksesan karier suami, terlebih bagi doket Herlambang yang mobile selama 24 jam. (lee)

Tidak ada komentar: