Jumat, 15 Mei 2009

Jalan Provinsi di Merangin Putus Total

Jambi, Batak Pos

Ruas jalan provinsi di Kabupaten merangin tepatnya di Desa Koto Teguh ke Simpang Rantau Suli Kecamatan Sungai Tenang putus total. Ribuan masyarakat di Kecamatan Sungai Tenang terisolir akibat bencana tersebut. Kendaraan angkutan pedesaan tidak dapat membawa sembako ke lokasi tersebut.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi, Drs. H. Irman Djalil kepada wartawan di jambi, Kamis (14/5), titik lokasi jalan yang rusak parah sepanjang 30 Km itu, dimulai dari Desa Koto Teguh, Tanjung Mudo, Tanjung Alam, Dusun Baru dan Koto Renah.

Sedangkan satu-satunya ruas jalan menuju ke Bangko, Kabupaten Merangin hanyalah melewati jalan tersebut. Kemudian jalan ke Muaramadras Kecamatan Jangkat. Karena kondisi jalan putus, terpaksa bagi warga yang ingin ke Bangko hanya bisa menggunakan motor. Sedangkan yang tidak memiliki motor, terpaksa naik ojek dengan ongkos Rp 50 ribu.

“Sudah tiga hari terakhir jalan ke Sungai Tenang putus total. Warga kesulitan mendapatkan sembako karena kenderaan yang membawa sembako tidak dapat menuju lokasi. Dinas Kimpraswil Provinsi Jambi sudah menuju lokasi guna memberikan bantuan perbaikan sementara jalan longsor tersebut,”katanya.

Sementara itu, Mustamar, warga Desa Pematang Pauh Kecamatan Sungai Tenang mengatakan, jalan yang rusak parah itu sebelumnya sudah pernah diperbaiki dengan melakukan penimbunan.

“Karena penimbunan terkesan asal jadi, membuat jalan kembali rusak. Apalagi akhir-akhir ini kondisi hujan cukup tinggi di Jangkat dan Sungai Tenang. Masyarakat di Sungai Tenang mengusulkan kepada Pemkab Merangin dan Provinsi Jambi, untuk secepatnya memperbaikinya,”katanya.

Disebutkan, salah satunya dengan membuat drainase di pinggir jalan, supaya air dari sawah warga tidak masuk ke badan jalan. Jika dibangun darainase akan bisa mengatasi jalan yang rusak parah itu.

Ramandani, warga Desa Renah Pelaan Kecamatan Sungai Tenang mengatakan yang sama. Menurutnya, karena jalan ke Koto Teguh putus, maka terpaksa lewat Koto Tapu lalu ke Lembah Masurai dan jarang sekali warga Sungai Tenang yang lewat Muaramadras Kecamatan Jangkat. ruk

Tidak ada komentar: