SELAMAT IDUL FITRI 1435H

SELAMAT IDUL FITRI 1435H
Dari Ir P Bernhard Panjaitan MM-Kadishub Provinsi Jambi

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA
SELAMAT DATANG PRESIDEN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA

Monday, 23 May 2011

Yadika Komitmen Cerdaskan Anak Bangsa

Angkatan Pertama : Kepala Bidang Pendidikan Yadika, Drs WM Sitorus saat mengalungkan tanda kelulusan secara simbolis kepada perwakilan lulusan pertama Siswa SMA Yadika Jambi di Ruang Aula Yadika Jambi, Sabtu (21/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Yayasan Abdi Karya Yadika, yang berkedudukan di Jakarta bertekat dan berkomitmen untuk mencerdaskan anak bangsa melalui dunia pendidikan. Pemilik Yayasan ini Raja DL Sitorus juga bernazar untuk membangun Sumber Daya Manusia SDM dibidang pendidikan dan kesehatan di seluruh Indonesia.

Yadika berdiri sejak tahun 1976 oleh pasangan DR Sutan DL Sitorus/ S br Siagian dibidang kesehatan (RS Bersalin di Jakarta). Kemudian pada tahun 1978 Yadika berbuat untuk dunia pendidikan.

Kini Yadika telah memeiliki 60 unit sekolah dari Taman Kanakkanak hingga Perguruan Tinggi (PT) tersebar di 7 provinsi yakni DKI, Banten, Lampung, Sumatera Selatan dan Jambi. Bahkan tahun ajaran baru 2011 ini Yadika juga membuka sekolah di Manado Sulawesi Utara.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Yadika, Drs WM Sitorus saat menghadiri pelepasan lulusan SMP-SMA Yadika Jambi Tahun Pendidikan 2010/2011 di Sekolah Yadika Jambi, Sabtu (21/5).

Disebutkan, DR Sutan DL Sitorus melalui Yasasan Pergurian Indonesia Membangun (Yapim) yang berkedudukan di Medan, Sumut juga telah memiliki 39 unit sekolah. Selain bidang pendidikan, DL Sitorus juga memiliki 5 Rumah Sakit, 3 klinik, dan 4 Perusahaan Perkebunan.

Diseluruh perusahaan dan yayasan itu telah mempekerjakan sitar 80 ribu tenaga keerja berbagai ragam profesi. DL Sitorus bukan mengambil untung dari bidang pendidikan, namun hanya sebagai nazar untuk membangun SDM pendidikan dan kesehatan.

“Guru atau tenaga pengajar di Yadika dan Yapim harus benar-benar bukan untuk cari nafkah namun lebih pada panggilan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga Yadika dan Yapim. Mengenai Sekolah Yadika Jambi hingga kini biaya operasional masih disubsidi yayasan Rp 500 juta per tahun,”kata mantan pejabat di Dinas Transmigrasi Jambi selama 17 tahun ini.

Menurut WM Sitorus, kualitas pendidikan di Yadika tidak kalah saing dengan sekolah swasta ternama lainnya. Contohnya lulusan pertama SMA Yadika Jambi yang lulus Ujian Nasional 100 persen.

Kepala Sekolah SMP-SMA Yadika Jambi, Drs Lintar Pardosi mengatakan, pendidikan di Yadika Jambi saat ini masuk dalam sekolah favorit di Jambi. Selain bangunan sekolah yang megah dan fasilitas lengkap, tenaga pengajarnya juga berkualitas.

Sementara perwakilan wali murid, Salim Mangkendum Sakti pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya cukup bersyukur Sutan DL Sitorus peduli dengan dunia pendidikan di Jambi.

“Banyak orang kaya di negeri ini, namun kepedulian untuk dunia pendidikan minim. Namun Bapak DL Sitorus mau bernazar untuk dunia pendidikan walaupun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Kami sangat bangga dengan Sekolah Yadika Jambi tempat anak kami menimba ilmu,”katanya.

Pengawas Sekolah Tingkat Menengah Dinas Pendidikan Kota Jambi, Drs R Sitio mengatakan, Sekolah Yadika Jambi kini sudah mengantongi agreditas A atau sudah setara dengan sekolah negeri. Pihaknya juga cukup bangga terhadap berdirinya Sekolah Yadika Jambi empat tahun lalu. ruk

No comments: