Jumat, 10 Juni 2011

Jembatan Timbang Diawasi dari Monitor CCTV

Ir Bernhard Panjaitan MM. Foto Asenk Lee Saragih

Jambi, BATAKPOS

Sejumlah jembatan timbang di Provinsi Jambi akan diawasi melalui kamera CCTV (kamera pengintai) guna mengurangi pungutan liar oleh oknum anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi yang nakal. Kamera CCTV tersebut akan selalu dimonitor di Kantor Dishub Provinsi Jambi.

Kepala Dishub Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM, Kamis (9/6/11) mengatakan, tahun ini dipastikan jembatan timbang di Provinsi Jambi dilengkapi CCTVserta bisa dimonitor dari kantor Dishub Provinsi Jambi.

“Langkah ini guna memaksimalkan kinerja petugas jembatan timbang yang selama ini terus dituding sebagai sarang pungutan liar (Pungli). Tahun ini kita ujicobakan pada dua jembatan timbang yakni di Bukit Baling dan Tembesi,”katanya.

Disebutkan, dana yang dibutuhkan untuk perangkat peralatan CCTV ini cukup besar. Dishub Provinsi Jambi telah membuat desain lengkap baik peralatan maupun penempatannya. Karena itu untuk persiapannya Dishub melakukan secara bertahap.

“Sebagai tahap awal, pihaknya hanya mengadakan monitor dan peralatan di kantor tempat pemantauan CCTV atau servernya serta CCTV yang ada di dua jembatan timbang tersebut. Nilainya mencapai Rp 2 miliar,”ujar mantan Kabid Binamarga PU Provinsi Jambi ini.

Disebutkan, Dishub Provinsi Jambi tetap merealisasikan rencana penambahan jumlah jembatan timbang yang ada. Jika saat ini sudah ada tiga jembatan timbang di empat lokasi yakni Sengeti, Tembesi dan Sarolangun, pihaknya berencana menambah 3 buah lagi.

“Jembatan timbang itu direncanakan berlokasi di Batas Sumbar, Simpang Nias, Muarasabak dan Tempino. Tahun ini akan dibeli lokasinya. Lokasi yang dibutuhkan yakni berkisar antara 2-4 hektar. Rencananya tiga lokasi yang akan dijadikan penambahan jembatan timbang tahun ini akan dibeli dengan menggunakan dana APBD Perubahan Provinsi Jambi,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: