Kamis, 07 Januari 2010

Camat di Provinsi Jambi Masuk Perangkap Jargon Politik

Jelang Pilgub Jambi 2010

Jambi, Batak Pos

Peran para Camat di Provinsi Jambi kini telah terkontaminasi jargon-jargon politik jelang Pemilihan Gubernur Jambi 2010 mendatang. Akibat jargon politik praktis itu, peran Camat kini sudah kabur.

Gubernur Jambi Drs. Zulkifli Nurdin mengingatkan para Camat untuk menghindari jargon-jargon politik yang bisa mengaburkan peran Camat sebagai aparat pemerintah yang bisa menjebak dalam belenggu kepentingan politik praktis.

Pernyataan ini ditegaskan Zulkifli Nurdin dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Drs. A.M. Firdaus, MSi, pada Rapat Kerja (Raker) Camat se Provinsi Jambi, baru-baru ini di ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

“Hindarkan jargon-jargon politik yang bisa mengaburkan peran Camat sebagai aparat pemerintah. Berpolitik praktis dapat mengganggu penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2010 mendatang. Pemerintahan harus netral dan tidak boleh membawa jabatan untuk kepentingan politik,”katanya.

Disebutkan, Camat harus mampu melaksanakan Tugas dan Fungsi (Tupoksi) dan kewenangannya secara profesional, netral dalam mengayomi berbagai dinamika politik dan senantiasa mengedepankan pencapaian kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Jambi juga menekankan pentingnya kearifan lokal dalam mengelola lingkungan dan meminta kepada Camat untuk mendorong masyarakat untuk membentuk institusi adat atau kemasyarakatan yang peduli lingkungan.

“ Saya mengingatkan kembali dampak dari perubahan iklim bagi kehidupan kita, apalagi kearifan lokal kita tentang lingkungan yang lestari banyak tersebar dalam pepatah adat dan seloko atau pantun di masyarakat pedesaan. Untuk itu saya berharap para Camat pun dapat mendorong terbentuknya institusi adat atau kemasyarakatan yang peduli terhadap lingkungannya” katanya.

Pada Raker Camat ini juga ditetapkan Camat Teladan se Provinsi Jambi. Juara pertama diraih oleh Camat Batin VIII, Kabupaten Sarolangun, Henrizal Spt, posisi kedua diraih Camat Jambi Luar Kota, Dedy Susilo, S.Sos, ketiga diraih Camat Jambi Timur, Kota Jambi, M. Nasir SE. Selain mendapatkan medali para Camat ini juga mendapatkan uang pembinaan. ruk

Tidak ada komentar: