Kamis, 13 Juli 2023

Gubernur Jambi H Al Haris dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Direncanakan Hadiri Pesta "Patibal Batu Onjolan" GKPS Tanah Kanaan Jambi



Jambi-Gubernur Jambi H Al Haris dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto direncanakan akan menghadiri Pesta "mamongkot" (memasuki-red) serta "Patibalhon Batu Onjolan" (peletakkan batu penjuru-red) Gedung Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Tanah Kanaan Jambi, Resort Jambi, Minggu (16/7/2023).

Informasi kehadiran Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Jambi disampaikan Ketua Pimpinan Majelis Jemaat (PMJ) GKPS Tanah Kanaan Jambi, St Drs Midyan Purba pada rapat ceking terakhir Panitia di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Minggu (9/7/2023) malam.

Panitia dan PMJ GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi telah melakukan audensi dengan Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Jambi dan telah diberikan undangan resmi. 


Acara Pesta Peletakan Batu Onjolan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi akan dilakukan oleh Pimpinan Sinode GKPS dalam hal ini Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe didampingi Praeses GKPS Distrik VI (meliputi wilayah Provinsi Riau, Kepri, Jambi, Sumsel, Babel, Bengkulu) Pdt Karmen Sipayung STh, Fultimer GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi Teol, Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, Penginjil L Br Purba dan lainnya.

Sebelum pesta Pesta Peletakan Batu Onjolan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Minggu 16 Juli 2023, Panitia juga mengadakan malam hiburan Lagu-Lagu Simalungun dengan Live Streaming Marsombuh Sihol Doding Simalungun di Akun Facebook GKPS Tanah Kanaan Jambi, Sabtu 15 Juli 2023 mulai Pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Pada acara  Live Streaming Marsombuh Sihol Doding Simalungun ini, panitia menghadirkan Artis Simalungun Intan Saragih dan Sabar Tondang dan juga artis Batak lokal Jambi "ARANSA TRIO" .

Perjalanan GKPS Tanah Kanaan Jambi

Memasuki usia 12 Tahun pada Oktober 2023 mendatang, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tengah membangun gereja secara permanen. Progres atau kemajuan pembangunan gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tersebut sudah berdiri tegak dan sudah bisa digunakan. Namun pembangunan keseluruhan belum selesai dan masih dibutuhkan dana hingga Rp 2 Miliar untuk menyelesaikan bangunan dan  seluruh isinya.

Nama GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi sendiri dicetuskan oleh Alm St RK Purba Pakpak, yang merupakan Tokoh Sepuh GKPS di Provinsi Jambi. Sementara Ketua Umum Pesta Batu Onjolan dan Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi adalah Petrus Hilman Putra Purba BBA (Putra Alm St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu). 

Ketua PMJ GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Penatua (Sintua) St Drs Midyan Purba kepada wartawan seperti dikutip dari Medialintassumatera.net belum lama ini mengatakan, pada awalnya sebagian besar warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi merupakan anggota jemaat GKPS Jambi di Kotabaru Jambi yang tinggal di wilayah perbatasan Kota Jambi – Muarojambi. Jarak permukiman warga jauh dari GKPS Jambi di Kotabaru, antara 15 – 20 kilometer (Km).

Jarak yang cukup jauh tersebut membuat warga jemaat GKPS Jambi yang tinggal di perbatasan Kota Jambi – Muarojambi tersebut kesulitan transportasi bila hendak beribadah di GKPS Jambi Kotabaru. Kesulitan terutama dialami warga jemaat yang menggunakan kendaraan sepeda motor dengan jumlah anggota keluarga di atas tiga orang.

Jarak yang jauh tersebut juga membuat warga Kristen Simalungun di perbatasan Kota Jambi – Muarojambi tersebut banyak yang enggan beribadah ke GKPS Jambi di Kotabaru. Saat itu total jumlah warga GKPS Jambi dan Kristen Simalungun di pinggiran Kota Jambi itu mencapai 150 KK. Menyikapi situasi tersebut, GKPS Jambi pun dimekarkan menjadi dua, yakni GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi.

Dijelaskan, awalnya warga jemaat GKPS Jambi yang bermukim di perbatasan Kota Jambi – Muarojambi tergabung dalam persekutuan berstatus Pos Pekabaran Injil, Minggu (24/5/2008) dengan jumlah 40 kepala keluarga (KK). 

Saat itu jemaat beribadah di rumah-rumah warga karena belum ada bangunan gereja. Kemudian setelah memiliki tanah untuk pembangunan gereja di Lorong Penerangan, Baganpete, warga jemaat Pos PI GKPS Jambi wilayah Aur Duri diresmikan menjadi GKPS Persiapan Tanah Kanaan, Minggu (23/10/2011).

Semula, GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi beribadah di tenda darurat berlantai tanah tanpa dinding pada Minggu (17/6/2012). Beberapa bulan kemudian GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi membangun gereja semi permanen. GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi selanjutnya diresmikan menjadi gereja yang penuh (mandiri) menjadi GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, medio Oktober 2017.

Saat itu bangunan gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi masih semi permanen. Jemaat tersebut belum bisa membangun gereja permanen karena belum mendapatkan ijin membangun gereja dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. Setelah mendapat izin mendirikan gereja dan ijin mendirikan bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, 12 September 2019, barulah GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi mulai membangun gereja permanen.

Sekitar Rp 600 juta dana awal pembangunan gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi bersumber dari hasil pesta pembangunan yang dilaksanakan, Sabtu – Minggu (1-2/5/2021). Kondisi bangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi hingga Minggu (30/10/2022) masih setengah jadi, yakni memiliki dinding batu bata belum diplester, sebagian lantai masih tanah dan belum memiliki atap.

Midian Purba mengatakan, penyelesaian bangunan gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi juga pelu dipercepat agar pelaksanaan pelayanan kepada semua jemaat bisa berjalan semakin baik. Pelayanan kepada para pemuda di GKPS Tanah Kanaan Jambi juga membutuhkan tempat yang repersentatif karena anggota pemuda gereja tersebut banyak dari kalangan mahasiswa.

“Jumlah jemaat kami terus bertambah. Saat ini jumlah warga jemaat sudah mencapai 120 KK. Jumlah pemuda yang berstatus mahasiswa mencapai 80 orang. Kemudian sebagian besar pemuda gereja ini para mahasiswa yang kuliah di Unja. Jadi perlu tempat yang lebih baik untuk pelaksanaan pembinaan – pembinaan kerohanian, sosial dan budaya bagi mereka,” katanya.

GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi diresmikan dari Pos PI dari GKPS Jambi pada Minggu 23 Oktober 2011. Peletakan batu pertama pembangunan gedung GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi pada Sabtu 28 Maret 2020 oleh Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh didampingi Pdt Franky Doris Morinata Malau STh. 

Setelah beberapa tahun menyandang status gereja persiapan, akhirnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS, Pdt Dr Paul Ulirch Munthe menandatangani prasasti Peresmian GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi pada ibadah Minggu Peresmian GKPS Tanah Kanaan di GKPS Tanah Kanaan, Jalan Penerangan, Kelurahan Baganpete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Provinsi Jambi, Minggu 29 Oktober 2017.(AsenkLeeSaragih)













Ceking terakhir Panitia di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Minggu (9/7/2023) malam. 

Ceking terakhir Panitia di GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Minggu (9/7/2023) malam. 














Tidak ada komentar: