Rabu, 29 September 2010

Penjual Sofwer Palsu di Jambi Marak

Jambi, BATAKPOS

Penjualan sofwer palsu di sejumlah toko computer di Jambi kini marak. Jajaran Polda Jambi akan melakukan rajia penjualan dan peredaran sofwee palsu di toko-toko computer. Kini banyak beredar sofwer palsu windows oleh penjual computer serta toko service computer.

Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, Selasa (28/9) kepada wartawan mengakui maraknya peredaran sofwer palsu computer. Pihaknya juga dalam waktu dekat akan melakukan penertiban terkait peredaran tersebut.

Disebutkan, tingginya peredaran sofwer palsu tersebut karena tingginya permintaan pengguna computer. Karena mahalnya sofwer asli, si penjual computer menawarkan sofwer palsu yang harganya lebih murah.

Sementara itu berdasarkan informasi yang didapat BATAKPOS Selasa (27/9), oknum polisi di Jambi melakukan pemerasan terhadap pemilik toko computer “E” karena mengetahui penjual computer menjual sofwer palsu windows. Seorang oknum polisi berpakaian preman berpura-pura memperbaiki komputer. Oknum itu minta instal ulang windows pada laptopnya.

Setelah proses instalasi selesai pemilik laptop datang bersama seorang polisi dan langsung menahan barang bukti, karena diduga menggunkan software windows ilegal. Menurut sumber, saat itu terjadi perundingan agar kasusnya tidak diteruskan. Oknum polisi tadi minta bayaran Rp 20 juta, namun ditolak. Akhirnya disepakati Rp 5 juta.

Dalam razia itu polisi sedang menertibkan toko-toko komputer yang memasarkan software komputer ilegal. Biasanya, sebuah komputer baru tidak dilengkapi dengan software. Software baru bisa diinstal setelah komputer jadi dibeli. Tapi di toko "E" ada komputer baru sudah terinstal windows.

Menurut sumber, seorang tekhnisi toko komputer ditahan di Mapolda Jambi. Tekhnisi tersebut ditahan lantaran permintaan polisi tidak dipenuhi pemilik toko. Belum jelas benar alasan dilakukannya razia tersebut. Belum ada satu media pun di Jambi yang memberitakan kejadian tersebut. ruk

Tidak ada komentar: