.

.
.

Friday, 29 May 2015

Tahun Ini Pemprov Jambi Membutuhkan Pegawai 7. 503 Orang

PNS DI PU PROVINSI JAMBI.FT ASENK LEE
 
Prioritas Tenaga Kesehatan

Jambi, MR-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kini membuka lowongan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebab, tahun ini 2015 Pemprov Jambi mengajukan penerimaan sebanyak 1. 016 orang. Selanjutnya telah diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Ambok Tuo kepada wartawan baru-baru ini mengatakan, usulan tersebut sudah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi secara online pada bulan April lalu.


“Tahun 2015 sudah kita sampaikan untuk formasi secara online. Berdasarkan struktur pegawai yang ada untuk Pemprov Jambi dibutuhkan pegawai sebanyak 7.503 orang, sedangkan yang ada sekarang baru 6.483 orang. Artinya ada kekurangan sekitar 1.016 orang dan jumlah itu yang kami usulkan," ujar Ambok.

Dari jumlah usulan itu, CPNS yang dibutuhkan yakni tenaga kesehatan seperti dokter spesialis, perawat, bidan maupun tenaga kesehatan lainnya. Selain itu dibutuhkan tenaga guru, tenaga teknis di bidang pertambangan dan juga teknik sipil.

“Yang jadi permasalahan sekarang ini, dari jumlah yang diajukan tersebut masih ada sejumlah SKPD yang belum melakukan analisis kebutuhan pegawai. Jadi kita tidak tahu persis berapa jumlah yang dibutuhkan," katanya.

Menurut Ambok Tuo, usulan formasi CPNS yang telah diajukan pada April lalu bisa saja berubah karena belum tentu disetujui oleh pemerintah pusat. Tapi Pemprov Jambi bisa saja menambah usulan kembali mengingat April itu hanya batas akhir pendaftaran formasi.

Disamping itu, kata Ambok, permasalahan lain, yakni rencana penyerahan personel, pendanaan, sarana prasarana dan dokumentasi (P3D) sesuai amanat UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, di mana seluruh SMA yang ada di kabupaten/kota bakal ditarik untuk dikelola provinsi, sementara informasi awal yang dia terima jumlah pegawai keseluruhan untuk SLTA itu sebanyak 7.000 orang.

“Dengan adanya UU No 23 tahun 2014 tentang penyerahan P3D itu, berarti SLTA seluruh kabupaten/kota akan dikelola oleh provinsi, informasinya jumlah PNS nya sekitar 7.000 orang, lebih banyak dari PNS pemprov yang ada, kalau itu jadi diserahkan nanti tentu kita akan melakukan kajian ulang," terangnya.

Penyerahan tersebut nantinya bakal dilakukan pada Oktober 2015 dan tahun 2016. Kekhawatiran Pemprov menurut Ambok yakni pemkab/pemkot akan mendrop PNS mereka ke sana, akibatnya jumlah PNS diprediksi menumpuk dan overload.

Sementara itu selain Pemprov Jambi, Pemerintah Kabupaten juga telah mengajukan formasi CPNS, yakni Kabupaten Tanjungjabung Barat mengajukan CPNS hingga 3. 000 orang, disamping itu Kabupaten  Bungo dan Kota Sungai Penuh yang juga ikut mengusulkan tahun ini. (san/an). (BACA EDISI CETAKNYA DI MEDIA REGIONAL JAMBI EDISI 90)



No comments: