.

.
.

Minggu, 25 Mei 2014

Pemberian Anugrah Siswa Terpuji di SMPN 1 Kota Jambi

Nanang Sunarya M Pd
Pemberian penghargaan kepada siswa berperstasi di sekolah merupakan suatu motivasi yang sesungguhnya akan memberikan dampak positif dimasa yang akan datang.Sebagai seorang siswa, harus belajar dengan baik dalam mencapai prestasi. Ketika siswa dapat belajar dengan baik pada saat sekarang, hal itu bertujuan untuk menyiapkan diri untuk menjeput masa depan mereka.

Selain acara perpisahan siswa kelas IX SMP N 1 Kota Jambi Jambi tahun pelajaran 2013– 2014, juga mengumumkan prestasi yang sudah di perolah siswa SMP N 1 Kota Jambi kepada orang tua murid. Acara dilaksanakan di Abadi Conventoin Centre (ACC) Pasar Jambi, Sabtu (24/5) pagi.

Dalam acara perpisahan tersebut pihak sekolah sengaja mengundang orang tua murid dengan tujuan memberi tahu prestasi yang telah diperoleh anak-anak mereka.

Berbagai prestasi yang telah diraih oleh SMP N 1 Kota Jambi dari prestasi lokal hingga  nasional. Berbagai prestasi tersebut diraih dengan kerja keras siswa dan pihak sekolah yang selalu memberikan dukungan kepada siswa-siswa SMP N 1 Kota Jambi. 

Kegiatan perpisahan yang juga merupakan hari penguman siswa berperestasi yang akan diadakan di ACC Pasar Jmabi, Sabtu (24/5) pagi, mengangkat Tema “Memberi Arti Hari ini Menata Makna Masa Depan”. 


Pada acara ini turut diundang Walikota Jambi Sy Fasya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Ketua Penggerak PKK Kota Jambi, Camat dan Lurah setempat dan kepalah sekolah di sekitar SMP 1 Kota Jambi beserta komite sekolah. 

Adapun jumlah orang tua murid yang diundang adalah sejumlah 452 yang terdiri dari ayah dan ibu siswa.

Kepala Sekolah SMP N 1 Kota Jambi, Nanang Sunarya M Pd mengatakan, Tema tersebut mempunyai arti, bahwa ketika mampu mengelolah, ketika mampu belajar, ketika mampu berbuat baik kepada anak maka sesungguhnya akan berpengaruh pada kebaikan masa depan.

“Jika kita mengajarkan kebaikan kepada anak maka kebaikan pulalah yang akan diperlihatkan anak kepada masyarakat nantinya,” katanya.

Dia menambahkan,Tema tersebut mengajak kepada siswa bahwa pada saat disekolah siswa diharuskan berfungsi sebagai pelajar maka siswa harus belajar dengan baik. Ketika siswa berada dilingkungan luar sekolah dalam konteks pembinaan ekstrakulikuler.

Ekstra kulikuler diharapkan berbuat secara baik. Sesungguhnya apa yang mereka lakukan sekarang akan memberikan dampak positif dimasa yang akan datang. “Sebagai seorang siswa anak harus belajar dengan baik sesusi dengan tema kita pada hari ini," katanya.

Dilanjutkan, ketika siswa dapat belajar dengan baik pada saat sekarang, hal itu bertujuan untuk menyiapkan diri untuk menjemput masa depan mereka. Maka hal itu sejalan dengan Seloko berjalan.
Dulu selangkah berkata dulu sepatah sehingga dapat membangun kekuatan global dengan berlandaskan nilai-nilai kearifan lokal. Jadi secara sikap siswa dapat menerapkan budaya-budaya lokal.

Sikap-sikap positif Indonesia dan siswa mampu berpikir tentang hal-hal yang sifatnya universal kedepan. “Kita selalu menanamkan kepribadian lokal kepada siswa -siswi kita agar mereka tetap menanamkan rasa nasionalisme mereka,” katanya.

Pihaknya juga berharap semoga siswa telah menyelesaikan pendidikannya di SMP N1 Kota Jambi mampu belajar lebih baik lagi dijenjang yang lebih tinggi yaitu SMA sederajat. 

Diharpakan siswa dapat mengembangkan segala potensi yang dimiki, mampu mengasah kreatifitas sehingga siswa memiliki kopetensi yang handal. Sesungguhnya belajar di SMP dan di SMA dan selanjutnya diperguruan tinggi yang hal tersebut merupakan tahapan yang harus dilalui untuk menjemput impian dan cita-cita mereka.

“Oleh kerana itu perlu kerja sama antara sekolah orang tua dan masyarakat dalam menciptakan pendidikan yang baik sangat diperlukan,” katanya.(*/lee)
***
Penghargaan Tertinggi di SMP N 1 Kota Jambi 

Selain pelepasan siswa kelas IX ada juga pemberian anugrah siswa terpuji. Anugrah siswa tepuji adalah piagam penghargaan tertinggi di SMP N 1 Kota Jambi bagi siswa yang menyelesaikan program pendidikan di SMP N 1 Kota Jambi tersebut. 

Anugrah itu diberikan kepada anak-anak yang berprestasi di bidang akademik. Bidang akademik yang dimaksud adalah siswa dari kelas 1 mempunyai kemampuan yang lebih secara akademik.

Selain itu siswa juga pernah mendapat prestasi baik dari provinsi sampai tingkat nasional. Dibidang akademik seperti olimpiade, lomba-lomba mata pelajaran. “Selain perpisahan kita juga akan memberikan anugrah siswa terpuji kepada siswa-siswi yang berprestasi,” katanya.

Ada juga anugrah siswa terpuji bidang seni budaya, anugrah seni budaya ini diberikan kepada siswa yang meraih prestasi dibidang seni dan budaya ketingkat nasional. Siswa tersebut telah membawa nama harum sekolahnya hingga ketingkat nasional.

“Anugrah siswa terpuji diberikan kepada setiap siswa yang berprestasi di tingkat provinsi dan juga dikalangan nasional,” katanya.

Ada juga anugrah siswa terpuji dibidang olah raga yang juga telah menoreh prestasi hingga ketingkat nasional. Kemudiananugrah siswa terpuji juga diberikan kepada pemimpin-pemimpin organisasi siswa.

Seperti, osis, pramuka, dan Palang Merah Remaja (PMR). Anak yang yang pernah menjadi pemimpin organisasi dan telah memberi kontribusi terhadap sekolah. “Anak -anak yang telah memberi kontribusi kepada sekolah diberikan anugrah siswa terpuji oleh pihak sekolah," katanya.

Ada juga anugrah siswa terpuji bidang keagamaan. Anugrah keagamaan ini diberikan kepada siswa yang berprestasi dibidang keagamaan maupun siswa yang memiliki kebiasaan positif dan mempunya nilai keagamaan yang menonjol dari pada yang lain. 

Dan pada tahun ini anak yang dianugrahi siswa terpuji adalah siswa yang berprestasi sampai tingkat naisonal. Penilaian dilihat dari kebiasaan beribadah siswa yang ketika istirahat melakukan sholat dhuha dan selalu mengikuti sholat zuhur berjamaah. 

Sehingga dalam lomba keagamaan tingkat nasional juga ada yang muncul pada tahun ini. “Ada juga anugrah siswa terpuji dinidan integral, yang dilihat dari siswa yang memiliki kepedulian yang sangat luar biasa kepada sekolah," katanya.

Pihaknya berharap kegiatan perpisahan tersebut bukanlah akhir dari sebuah proses tetapi merupakan awal dari proses menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perpisahan yang dilakukan adalah untuk menjaga silaturahmi antar alumni dengan SMP tersebut.

Sehingga mereka tetap mampu menjaga nama baik sekolahnya di lingkungan masyarakat dan diharapkan mereka dapat berkiprah secara baik di tempat pendidikan yang lebih tinggi.

“Kami juga berharap anak-anak alumni dapat mengarumkan tempat sekolah masing-masing ketika sudah masuk ke sekolah yang jenjanjangnya lebih tinggi," katanya.(KAHARUDDIN/lee)
****

Ini Siswa Pendapat Anugrah Terpuji
1. Muhammad Ihsan, Juara 1 Melukis dan Melaju Ketingkat Nasional pada tahun 2013,

2. Martha Lisa Eni Putri, Juara 1 Tingkat Provinsi Jambi Lomba Cipta Puisi, dan Mewakili Provinsi Jambi ketingkat Nasional, dan meraih juara 5, pada tahuan 2013.

3. Rifdatul Khaira, Salah satu siswa yang meraih prestasi selama menjadi siswa di SMPN 1 bidang integritas.
4. Muhammad Ibri Taftazany siswa yang meraih Juara 1 Pidato Keagamaan, dan mewakili Provinsi Jambi ditingkat nasional dan meraih Juara Harapan 1.

5. Zhadia Salsabila siswa yang berhasil meraih juara 1 renang ditingkat Provinsi Jambi, kemudian mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional pada tahun 2013.
6. Afifah Try Utami, siswa yang meraih juara umum disekolah, dan juga merupakan pratma putri disekolah.
7. Ilham Rachman siswa yang berprestasi dibidang pramuka.
8. Habiem Ramadya siswa yang pernah menjadi ketua Osis di SMPN 1.
9. Utomo Soconingrat siswa yang meriah juara 1 ditingkat Provinsi Jambi dan mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional dalam lomba cipta puisi. Bahkan saat ini ia telah memiliki buku kumpulan puisi ciptaannya.
9. Alfri Seno Wibowo siswa yang berhasil meraih Juara 1 karate ditingkat Provinsi Jambi, dan kemudaian mewakili Provinsi Jambi ditingkat nasional.
10. Ivania Farrah Nadhira merupakan siswa yang pernah menjadi ketua PMR di SMPN 1 Kota Jambi.

11. Indah Devia Permata Sari pernah meraih juara 1 olimpiade IPS ditingkat Provinsi Jambi dan mewakili Provinsi Jambi ditingkat nasional.
12. Dhita Adinda pernah menjadi duta sanitasi Provinsi Jambi.

13. Gebi Chica Lorenza Juara 1 lomba senam tingkat Provinsi Jambi dan mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional.
14. Shahnaz Salsabila Putri juga merupakan salah satu siswa yang meraih prestasi selama menjadi siswa di SMPN 1 Kota Jambi dalam bidang integritas.
15. M Rifkhi Al-Aqilah dan Tegina Evelin Juara 2 lomba matematika domino se-Sumatera yang dilaksanakan di UNSRI.

Tidak ada komentar: