.

.
.

Sunday, 25 May 2014

Pemenang Gebyar SMK Mewakili Jambi di Tingkat Nasional



Pemenang Gebyar SMK
Pemang gebyar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Lomba Kopentsi Siswa (LKS) akan mewakili Jambi ke tingkat Nasional.Penutupan gebiyar SMK dan LKS tingkat provinsi dan pengumuman pemenang dari masing-masing cabang perlombaan diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Kamis (22/50.

Penutupan gebiyar SMK dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita Harahap dan dihadiri oleh semua guru pendamping SMK se Provinsi Jambi dan pejabat eselon II dilingkungan Diknas Provinsi Jambi. Pengumuman dilakukan untuk pemenang sebanyak 10 lomba.

Irfan, Ketua Panitia Gebiyar SMK Publikasi kegiatan SMK dan LKS mengatakan, dari hasil pantauan  ada beberapa SMK jurusan pemasaran yang mampu menarik perhatian dari Dinas Pertanian Provinsi Jambi sehingga pihak dinas pertanian memesan seribu bibit dari produk SMK yang ada dipamaren tersebut.


Selain itu salah satu pihak SMK yang mendapat omset sebesar 35 juta perhari. “Dinas pertanian memesan bibit sawit di SMK N 2 Muara Jambi sebanyak 1000 batang,” katanya.

Selanjutnya pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para peserta kegiatan SMK dan LKS atas partisipasi mereka dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Sehingga pelaksanaan tersebut dalam terselenggara dengan baik hingga penutupan dan pengumuman pemenang lomba. 

Dalam sepuluh cabang perlombaan yang diperlombakan telah dimenangkan oleh peserta lomba kegiatan SMK dan LKS. “Hari ini adalah penutupan pameran sekaligus pengumuman juara dan pembagian hadiah,” katanya.

Dia melanjutkan penilaian yang dilihat dari kreativitas dari produk yang diciptakan  dan banyaknya pengunjung yang berkunjung ke stan mereka. Sehingga penilaian yang dilihat yang dilakukan benar-benar selektif dan pemenangnya nantinya akan mewakili Provinsi Jambi dalam perlombaan selanjutnya di tingkat nasinal.

“Bagi pemenang akan dimagangkan selama satu bulan katanya. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang yang telah berhasil menjadi pemenang dan akan mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional,” katanya. 

Dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi dikancah nasional. Dan dia memberi motivasi kepada SMK yang belum menjadi pemenang agar tidak berkecil hati, dan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi perbaikan kedepan dan dalam perlombaan kedepannya akan mendapat juara.
“Ya mudah-mudahan pemenang yang akan mewakili Provinsi Jambi ke tingkat nasional dapat mengharumkan nama Jambi,” katanya.

Pemenang Gebyar SMK

Pemenang gebyar SMK adalah, Juara I SMK N 2 Muarojambi, yang memamerkan produk pertanian, dan Juara II SMK Batangharidibidang otomotif, Juara III adalah SMK N 1 Pelepat Ilir Kabupaten Muarabungo dibidang tehnik mesin. Sementara Juara Harapan I adalah SMK N 3 Kota Jambi yang mempunyai keunggulan di bidang otomotif.

Sementara untuk pemenang di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dari sepulah cabang yang diperlombakan yakni, SMK Unggul Sakti Jambi Jurusan Sekretaris, SMK N 8 Muarajambi jurusan agronomi, SMK Unggul Sakti Jambi Jurusan Accounting, SMK N 4 Kota Jmabi Jurusan Tata Boga.
Kemudian SMK N 3 Jambi jurusan electrical, SMK Unggul Sakti Jurusan Animasi, SMK DB 1 Kota Jambi jurusan TKJ, SMK N 4 Muarajambi Jurusan Marketing, SMK N 3 KotaJambi Jurusan Automobile technology, SMK N Kota Jambi, Jurusan Ladies dress making.

Sementara Rahmad Derita Harahap mengatakan, dengan segala kesan yang dilalui ada yang menyenangkan dan ada pula yang kurang menyenangkan, karena itulah hidup yang tidak selalu bisa menyenangkan hati. 

Dia berharap apa yang telah dilalui beberapa hari tersebut siswa dapat pembelajaran untuk lebih bijak dihari-hari berikutnya. “Tentu dalam beberapa hari ini banyak yang dilalui tapi saya berharap agar hari-hari yang dilalui itu menjadi pembelajaran bagi siswa,” katanya.

80 SMK Berpartisipasi

Dari 80 sekolah SMK yang mengikuti kegiatan tersebut, tentu tidak ke 80-nya yang menjadi juara. Namun hanya para juaralah yang akan mewakili Provinsi Jambi ketingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Palembang.

Pihaknya berharap para juara adalah benar-benar juara,  kerena jika yang dikirim ke tingkat nasional bukan juara maka tidak akan dapat memberikan apa-apa.

Dilanjutkan, dengan adanya kegiatan gebyar SMK dan LKS tersebut dapat memacu siswa untuk melahirkan prodak-prodak yang lebih berkualitas lagi. Semua stan yang mengikuti perlombaan sudah dikunjunginya dan melihat karya-karya siswa SMK yang teryata mereka mempunyai potensi dan bakat yang sangat luar biasa untuk dikembangkan dan prodak-prodak setiap SMK mempunyai keunggulan masing-masing.

“Memang luar biasa SMK saya salut, saya bangga atas segala prodak yang dibuat anak-anak SMK,” ujarnya.

Pihaknya mesan prodak mebel dari SMK Praskab yang akan beliau beli untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran disekolah. Sehingga dengan produk-produk mebel  SMK akan menyenangkan dalam sekolah.

Begitu pula produk-produk pertanian berupa sawit sungguh sangat membanggakan. Bagai mana kedepan dengan SMK yang dimiliki Provinsi Jambi dapat memenuhi semua kebutuhan pangannya lewat SMK. Saya akan membeli produk Mebel SMK Praskab untuk digunakan dalam pembelajaran," katanya.(*/lee)
*******

Guru Pembimbing Magang ke Thailand dan China

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita Harahap, untuk itu guru-guru pembimbing dan siswa-siswa yang berprestasi akan dibawa magang ke Thailand atau China sebagai penghargaan Provinsi Jambi khususnya dari Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus. 

Oleh karena pihaknya berpesan kepada siswa dan guru pembimbing agar tidak ragu berbondong-bondong masuk ke SMK. “Jadi tahun ajaran 2014-2015 ajak adek-adek kita masuk SMK," katanya.
Lebih lanjut dia menerangkan, kegiatan SMK dan LKS merupakan kegiatan tahunan yang akan terus dilakukan meski tahun ini baru 80 SMK yang menjadi peserta dan masih ada 42 SMK yang beluk ikut dalam kegiata gebyar SMK dan LKS.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meransang SMK -SMK yang belum ikut menjadi peserta untu ikut di taun depan.Kami berharap SMK yang belum mengikuti lomba di tahun ini tahun depan bisa ikut," katanya. (khr/lee)




No comments: