.

.
.

Jumat, 21 Maret 2014

Menilik Aplikasi SMS Anti Sadap Karya Developer Jambi



Rivai Mahasiswa STIKOM Jambi Penggiat IT Mobile di Jambi.FOTO IST/DOK HARIAN JAMBI
Teknologi aplikasi ternyata tidak hanya berkembang di kota-kota besar. Di Jambi ternyata ada Developer (pembuat aplikasi) yang bisa membuat aplikasi Short Massage Service (SMS). Isu penyadapan akhir-akhir ini tengah marak di perbincangkan, Seperti halnya sebuah penyakit, aksi penyadapan juga memiliki obat. Ya, teknologi penyadapan pun punya penawarnya.

ANDRI MUSTARI,  Jambi

Adalah Rivai, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Jambi. Dirinya berhasil membuat aplikasi anti sadap SMS pada handphone (HP) android. Menurut Rivai, meng-Enkripsi pesan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. 

Cara kerja enkripsi dilakukan dengan menambahkan kode atau kunci. Pesan yang Anda kirim nanti akan dibungkus dengan kode-kode. Sehingga hanya orang yang tau kode pesan tersebut sajalah yang bisa membaca pesan yang masuk tadi.


Ada beberapa aplikasi enkripsi yang bisa melakukan tugas seperti ini, salah satunya adalah Secure SMS, yang baru saja hadir di play store, apliaksi ini di kembangkan oleh developer Jambi (Rivai), beliau juga pernah membuat game android kuis Indonesia.

Cara kerja aplikasi secure SMS ini pengirim dan penerima pesan harus membuat atau mengetahui kunci pesan yang di gunakan. Barulah si penerima bisa membaca pesan dari si pengirim pesan.

Kunci pesan merupakan kata yang hanya dan harus diketahui oleh pengirim juga penerima pesan dan pengguna bebas untuk membuat kata kuci nya. Bagi yang merasa sms nya di sadap atau hanya untuk jaga-jaga Anda bisa dowload Secure SMS secara gratis di Google Play Store.

Menurut Rivai, IT di Provinsi Jambi masih minim. Apalagi untuk mobile, jarang sekali ada kegiatan di Jambi yang membahas IT mobile. Tapi hal itu membuka lebar peluang buat para pengembang developer mobile untuk berkarya.

Disebutkan, Mahasiswa STIKOM Jambi kini mulai menggeluti dunia IT mobile di Jambi. Pihaknya juga telah melakukan kegiatan-kegiatan tentang dunia IT mobile. Mulai dari seminar hingga diskusi panel dengan para penggiat IT mobile di Jambi.

“Kini kami aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) desain grafis. Dulu saya jadi Ketua di UKM Desin Grafis Stikom DB Jambi. Kini saya lebih fokus ngajak temen supaya banyak developer lokal IT di Jambi,” katanya 

Aplikasi Kuis Indonesia 

Saat ini, teknologi yang marak digunakan oleh halayak ramai adalah aplikasi yang mempunyai sistem Android. Sistem android ini digunakan melalui Smartphone atau handphone yang menggunakan sistem Android. Boleh dikatakan, segala jenis merek handphone telah menggunakan sistem Android ini.

Dengan sistem Android ini, banyak orang juga menggunakanya sebagai salah satu lahan untuk mencari sebuah penghasilan atau sebuah keuntungan. Salah satunya adalah Ahmad Rifai ini, yang lahir di Kuala Tungkal pada tanggal 6 Juli 1993. Ia adalah salah satu mahasiswa, yang menjadikan lahan di Media Android sebagai lahan untuk mencari nafkah. Ia telah membuat berbagai jenis aplikasi yang bisa digunakan di semua Smartphone atau handphone yang menggunakan sistem Android. 

“Saya hanya belajar untuk menggunakan sistem android dan mengembangkan sistem Android, ujarnya. 

Beberapa macam aplikasi yang dikembangkanya dalam waktu 15 hari belakangan ini adalah aplikasi Kuis Indonesia, yang bisa di download di Aplikasi APP Store yang ada di handphone. Setelah itu, aplikasi SMS anti penyadapan.

“Baru-baru ini saya membuat dua aplikasi, yaitu Kuis Indonesia dan juga SMS anti Penyadapan,” ujarnya. 

Tujuannya menciptakan aplikasi ini adalah untuk memberikan sebuah ilmu pendidikan dan menambah wawasan tentang Indonesia. Di dalam aplikasi Kuis Indonesia, banyak ilmu tentang pengetahuan umum, agama dan kebudayaan. Namun khusus Jambi sendiri, banyak membahas tentang kebudayaan. Agar para generasi muda bisa mengetahui tentang kebudayaan Jambi.

“Kuis Indonesia saya buat karena saya berharap melalui via online atau dari sistem Android ini, bisa banyak mengetahui tentang kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Jambi,” ujarnya.

Tak tanggung-tanggung, pengguna aplikasi ini pun telah mencapai ribuan pengguna. Bukan hanya itu, Ahmad Rifai pun membuat sebuah aplikasi SMS atau pengiriman pesan anti Penyadapan. Ia terinspirasi untuk menciptakan aplikasi tersebut, karena melihat maraknya penyadapan yang terjadi selama ini.

Aplikasi ini nya adalah Secure SMS, yang tujuannya adalah bagi yang menggunakan sistem Secure SMS bisa menyembunyikan pesan pribadinya. Sehingga bagi operator pun tidak mengetahui tentang pesan yang dikirimkan kepada orang yang dituju. 

Karena bagi Ahmad, SMS yang dikenal atau yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, untuk menjalankanya terlebih dahulu diketahui oleh pihak operator. Oleh karena itu, banyak pesan pribadi seseorang bisa terbongkar dan menjadi konsumsi masyarakat. Dengan ini, maka munculah aplikasi SMS anti penyadapan. 

“Dengan banyaknya penyadapan yang terjadi, maka saya mempunyai pemikiran untuk membuat sebuah aplikasi SMS anti penyadapan. Sehingga pesan pribadi tidak bisa disadap dengan berbagai alat apapun,” ujarnya.

Selain itu, Aplikasi ini juga bertujuan untuk melindungi pesan-pesan yang sifatnya pribadi. Seperti apabila seseorang mengirimkan pesan tentang nomor Rekening ataupun Pasword email. Karena  hal-hal yang seperti inilah yang membuat kebanyakan orang bisa ditipu. 

Aplikasi Secure SMS atau yang dikenal dengan Ritekno hanya digunakan oleh pengguna android saja, aplikasi ini pun telah ada di App Store yang ada di Android.

“Aplikasi hanya buat handphone atau smartphone Android, aplikasi ini sudah ada di App Store android,” ujarnya.

Cara Menggunakan

Menggunakan aplikasi SMS ini bukanlah hal yang sulit. Hal pertama dilakukan adalah mengetik pesan atau huruf seperti biasa. Kedua, memasukkan pasword yang digunakan untuk membuka pesan. Selanjutnya, pesan pun tinggal dikirm ke nomor tujuan. Dan yang terakhir adalah memilih enskripsi untuk pengiriman. 

Aplikasi ini juga bisa di download dengan halaman Linknya adalah Play Google.com stone apps details? Id.com ritekno secure sms. Ahmad rifai dalam menyelsaikan aplikasi ini membutuhkan waktu selama dua hari untuk menyelesaikan sebuah aplikasi Secure SMS. “Aplikasi ini saya selesaikan sekitar 2 hari bang,” ujar Ahmad Rifai, Pencipta Aplikasi.(ams/poy)

****
Mengenal Sosok Ahmad Rifa’I, Developer Anti Sadap

Ahmad Rifai adalah sosok anak yang jenius dalam mengoperasikan sebuah aplikasi ataupun teknologi yang berkembang. Bukan hanya itu, ia pun berhasil membuat berbagai macam jenis aplikasi android yang sudah digunakan oleh banyak orang. 

Hal ini disampaikan oleh Rahmad Hidayat, teman dari Ahmad Rifai. Menurutnya, ahmad rifai merupakan seorang anak yang jenius untuk mengoperasikan segala bentuk aplikasi android. Bukan saja mengoperasikan. Tetapi ia juga salah satu mahasiswa yang juga pintar membuat sebuah aplikasi yang bisa digunakan melalui sistem Android. 

“Rifai memang telah membuat dua aplikasi android yang sudah banyak digunakan oleh pengguna android di Jambi,” ujarnya.

Dengan keilmuan tentang teknologi yang dimiliki oleh seorang mahasiswa semster 6 ini, memberikan sebuah keuntungan bagi seorang Ahmad Rifai. Yaitu, ia mampu mengumpulkan uang hingga mencapai Rp 3 Juta dalam setiap bulanya. Dengan kemampuannya, banyak perusahaan swasta maupun lembaga media lokal Jambi, menggunakan jasanya untuk membuat sebuah portal berita.
“Alhamdulillah saya bisa mengumpulkan uang sekitar 3 jutaanlah dalam satu bulan,” ujar Ahmad Rifa’i.

Aplikasi Info Lomba

Selain itu, ia juga membuat aplikasi Info Lomba di sistem android, yang penggunaya adalah seluruh masyarakat pengguna Android. Setelah itu Kuis Indonesia, Secure SMS, dan aplikasi tentang diskon yang juga akan dikembangkan oleh Ahmad Rifai.

Selain itu, dengan kemampuannya dalam menciptakan sebuah aplikasi android, banyak teman kuliahnya yang belajar denganya untuk memprogram sebuah aplikasi android. Ahmad Rifai juga mempunyai tujuan untuk mengajak orang-orang khususnya kepada developer Android baru, untuk bisa mengembangkan aplikasi android. Apalagi hampir merata masyarakat seluruh dunia menggunakan Smartphone atau handphone yang bersistem android. Ini.

“Saya membuat ini, tujuannya juga untuk bisa mengajak para developer android untuk mengembangkan aplikasi android,” ujarnya.

Ia mempunyai rencana dan cita-cita, agar aplikasi yang dibuatnya bisa digunakan secara global. Dalam artian, aplikasi yang diciptakannya untuk pengguna android bisa digunakan oleh seluruh masyarakat dunia, dan aplikasinya pun bisa dikenal secara dunia.
“Saya merencanakan agar aplikasi yang saya ciptakan bisa menglobal dan dikenal secara mendunia,” ungkapnya.

Selain itu ahmad Rifai mempunyai harapan kepada pemerintah bahwa, dengan perkembangan teknologi yang semangkin maju, tentunya Jambi tidak ingin ketinggalan dengan pertumbuhan teknologi daerah-daerah lainnya. 

Ia mengharapkan agar pemerintah lebih memberikan sebuah perhatian kepada generasi muda, dan berikan sebuah fasilitas atau pun sebuah media agar potensi yang dimiliki oleh para generasi muda bisa dikembangkan. Salah satunya adalah dengan cara menggelar sebuah event atau perlombaan tentang teknologi. Karena Rifai Yakin banyak siswa ataupun mahasiswa yang juga mempunyai kemampuan sepertinya. 

“Saya berharap pemerintah lebih memperhatikan perkembangan teknologi yang ada di Jambi. Karena saya yakin banyak orang yang juga memiliki kemampuan seperti saya bahkan lebih dari saya. Salah satunya mungkin mengglar sebuah kegiatanlah,” ujarnya.(ams/poy)(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI JUMAT 21 MARET 2014)








Tidak ada komentar: