.

.
.

Wednesday, 17 September 2014

Sekda Buka Sosialisasi Pelatihan P3BM

Peserta Pelatihan P3BM

Sekda Tanjabbar Menyampaikan Kata Sambutan
Percepatan Pencapaian Target MDGS

KUALATUNGKAL–Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjabbar, Drs H Mukhlis M Si membuka secara resmi acara sosialisasi dan pelatihan Pro Poor Planning, Budgetting and monitoring (P3BM) di ruang Pola Dinas Pendapatan Daerah, Selasa (16/9).

Hadir pada acara ini sejumlah Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Tanjabbar diantaranya , Kepala Bapeda dan Penanaman Modal, serta Narasumber dari Kementerian PPN/Bapenas RI yang diketuai Moris Nuami, SE MT MA selaku Kepala Sub bidang Analisis Kebijakan Pengurangan Kemiskinan.

Dalam laporan yang disampaikan Sekretaris Bappeda Tanjabbar, Suprapto SH, mengatakan tujuan sosialisasi dan pelatihan P3BM adalah untuk meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan, pengalokasian anggaran, pemantauan yang lebih fokus pada penyelesaian masalah kemiskinan multidimensi dengan menggunakan indikator MDGS. Tujuan akhirnya adalah percepatan pencapaian target MDGS.


Suprapto menambahkan, hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah tersedianya staf perencana SKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dapat menyusun scorecard MDGS dan dapat mengelola sistem Data Base Program pembangunan serta mampu menganalisis APBD dengan baik.
“Serta terbangunnya sistem MDGS dan Data Base Program pembangunan di SKPD,” kata Suprapto.

Peserta sosialisasi P3BM tersebut diikuti oleh 30 orang staf perencana dari berbagai SKPD di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sedangkan Narasumber/instruktur kegiatan terdiri dari  pejabat dan fungsional dari Kementrian PPN/Bappenas Republik Indonesia, Konsultan P3BM yang telah ditunjuk oleh Kementrian PPN/Bappenas dan Kepala Bappemdal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Firdaus Khatab.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Tanjungjabung Barat yang diwakili Sekretaris Daerah Drs H Muklis M Si, manyambut baik kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pro Poor Planning, Budgetting and monitoring (P3BM). Katanya, melalui kegiatan ini akan semakin terwujudnya rencana dan penganggaran di Kabupaetn Tanjungjabung Barat yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin.
“Yang kemudian berdampak pada penurunan angka kemiskinan secara multi dimensi dengan pencapaian target-target indikator MDGS,” ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Muklis berharap agar semua SKPD untuk menggali lebih dalam program dan kegiatan pengentasan Kemiskina. Tujuannya, seluruh program yang dicanangkan lebih tepat sasaran dan berhasil tepat guna.

Sekda juga mengajak SKPD agar bekerja secara cerdas demi pembangunan yang lebih efisien dan efektif.(hji/nik/lee)




No comments: