.

.
.

Wednesday, 16 April 2014

Melirik Bisnis Asesoris Telepon Gengam



COUNTER HP DI JAMBI
Perkembangan penggunaan telepon gengam (Hand Phone-HP) atau sejenisnya kini semakin berkembang pesat, termasuk di Jambi. Perkembangan jenis HP, juga diiringi larisnya penjualan asesoris HP. Berbagai macam asesoris HP kini banyak diburu konsumen karena ingin tampil modis dan tidak membosankan.  

MUSLIHIN, Jambi

Lokasi khusus Pasar Jambi sampai saat ini merupakan tempat paling strategis dalam proses jual beli barang yang memancing adanya untung besar dalam dunia bisnis. Menjadi pengusaha ialah pilihan yang tepat bagi sebagian orang disebabkan hasil usaha yang menjanjikan.

Konon katanya, menjadi pengusaha dapat memeperoleh hasil besar tergantung keuletan dan prestasi serta ketangguhan personality yang dimiliki. Tak pelak seseorang yang menekuni dunia usaha menjadikan mereka kaya. 


Menjadi pengusaha dibutuhkan mental yang sehat siap menerima kemungkinan-kemungkinan yang terjadi kedepannya. Kendati demikian menjadi pengusaha memiliki resiko besar namun dibalik semua itu jika berani menghadapi tantangan akan memperoleh laba besar dari hasil bisnis

Berbeda sekali dengan menjadi pegawai negeri hanya memperoleh penghasilan terbatas. Sampai saat ini PNS menjadi primadona masyarakat Indonesia akibat persaingan yang ketat pada saat tes di berbagai daerah.

Saling sikut antara satu dengan lain bahkan tak jarang menimbulkan kecurangan merugikan salah satu pihak. Penelitian menunjukkan menjadi PNS bukanlah jalan terbaik memperoleh kekayaan materi yang fantastis.

Namun yang lebih menjanjikan ialah menjadi pengusaha wirausaha. Pekerjaan swasta bisnis perhotelan, investasi, otomotif dan lain sebagainya sangat baik untuk masa depan hal sederhana  saja.

Bisnis Asesoris HP

Misalnya, seperti beberapa komunitas penjualan gadget dan pelayanan jasa teknis perbaikan kerusakan handphone sudah banyak yang berhasil. Melakoni bisnis mulai dari pelayanan jasa servis HP nokia, oppo hingga samsung lumanyan menghasilkan.

Pengguna HP di Indonesia yang hampir menyentuh semua lapisan masyarakat Indonesia secara keseluruhan menyebabkan peluang usaha jualan pulsa plus HP sangat menjanjikan dari prospek ke depannya dan menguntungkan karena banyaknya pengguna HP di Indonesia. 

Bahkan sekarang ini 1 orang memiliki 2 HP dan bayangkan keuntungan yang ganda untuk anda dapatkan. Modal yang dibutuhkan usaha ini bervariasi dari modal kecil sampai modal besar. Modal kecil disini anda hanya menjual pulsa dan perdana hp saja, sedangkan untuk modal besar anda menjual hp baru ataupun bekas.

Pengguna HP saat ini pemakainya cukup fantastis mempengaruhi hasil penjualan di pasaran. Seperti halnya dikatakan Rudi penjualan handphone di Pasar Jambi. Konternya yang terletak di depan Hotel Abadi Jalan Gatot Subroto Pasar Jambi.

Hasil penjualan hanphone selalu stabil. Didapat berjutaan rupiah tentu menjanjikan. Setiap hari toko kami selalu didatangi pelanggan, baik mereka para yang membeli hanphone,casing dan juga sebagian lagi memperbaiki kerusakan HP-nya saja.

Salah satu bisnis yang sangat laris manis di jaman ini bisnis jual beli HP. Bisnis ini muncul pesat setelah tahun 70an, waktu itu 70an HP belum dimunculkan. Pengiriman pesan jaman itu menggunakan surat pos atau telegram. Kemudian, pengiriman uang pun masih menggunakan wesel.

Tapi jaman sekarang, telegram sudah digantikan sms yang sangat mudah dan praktis. Daripada mengirim surat lewat pos, tinggal angkat telepon, kita sudah langsung bisa berbicara dan menanyakan kabar saudara kita yang berada di ujung sana.

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat inilah yang bisa menjadi peluang usaha. Kebutuhan orang terhadap HP saat ini, hampir sama dengan kebutuhan makan dan minum. Kebutuhan komunikasi adalah hal yang wajib hukumnya. Dalam situasi tertentu, pengguna handphone mengharapkan kemudahan-kemudahan yang bisa mewakili kebutuhannya.

Kebutuhan untuk berkomunikasi dengan mudah dan murah adalah tuntutan yang tak bisa dielakkan. Kebutuhan pasar inilah yang bisa kita sikapi dengan memberikan jawaban atas kebutuhan mereka. Jual beli hp inilah pilihan yang tepat, dalam situasi dan kondisi pasar yang luas.

Pemahaman terhadap minat pasar pun mutlak dibutuhkan. Pelajari daerah tempat Anda berjualan. Apa minat mereka, berapa kemampuan harga belinya. Sesuaikanlah pasar tersebut dengan barang yang akan anda jual.
Jika pasar lebih suka handphone nokia jadul, tentu saja jika Anda menjual handphone nokia seri terbaru yang harganya selangit. 

Pebisnis HP lainnya, Indra di Pasar Kota Jambi depan Hotel Abadi mengatakan, berbisnis hanphone  menyenangkan disebabkan pekerjaan yang tidak menyibukkan. Pekerjaan hanya lebih banyak berdiam ditempat kita hanya mengandalkan keterampilan ilmu teknik.
Sampai saat ini kita masih betah melakoni bisnis ini dimana sudah dimulai sejak beberapa tahun belakangan.

Indra menambahkan hasil penjualan aksesoris HP. Penjualan handphone baru dan seken  dan jasa servis kita bisa raup jutaan rupiah per bulan bahkan sampai Rp 10 juta.  Penghasilan tersebut diimbangi dengan keramaian pelanggan.

Apalagi konter yang bersebelahan dengan Hotel Abadi Suite yang merupakan hotel terkenal dan terbesar di Kota Jambi ini sejara lansung mempengaruhi keramaian konter HP di Pasar Jambi. 

“Omset turun naik ditentukan pelanggan jika pelanggan ramai beruntung begitu sebaliknya,” kata Indra.

Konter HP yang terdiri dari 4 pintu yang berada di depan Hotel Abadi Pasar Jambi sangat baik untuk membuka usaha disebabkan tempat yang strategis terletak ditengah jantung kota. (*/lee)
***
Bisnis Penjualan Pulsa Tanpa Kios

Seakan waktu yang tentukan. Alat komunikasi telah menjadi kebutuhan primer manusia. Tidak ada manusia yang tidak butuh alat komunikasi. Terang saja, alat komunikasi telah membantu menghubungkan orang yang berbeda tempat. Bukan sekedar jarak dekat seperti saat Alexander Graham Bell menemukan telepon, namun sudah menembus jarak yang sangat jauh, melewati lautan bahkan batas negara.

Bicara alat komunikasi, tentu kita tidak bisa lepas dari bicara telepon genggam. Alat komunikasi nirkabel ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia, untuk melancarkan aktivitasnya sehari-hari. 

Perkembangan telepon genggam selalu jadi perhatian menarik di masyarakat dunia. Terlebih sekarang yang bias menikmati layanan seluler dengan biaya yang jauh lebih murah.selain murah, fitur yang disediakan berbagai jenis seluler saaty ini pun semakin beragam.

Bicara tentang penggunaan seluler, erat kaitannya dengan pulsa. Pulsa merupakan satuan biaya perhitungan telepon genggam yang digunakan untuk fasilitas pra bayar. Pra bayar merupakan sistem pembayaran biaya penggunaan telepon, sebelum fasilitas itu digunakan. Dengan kata lain, bayar dulu sebelum pakai. Berbeda dengan sistem pasca bayar. Sistem ini menganut pola tagihan sama seperti telepon kabel.

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini, khususnya dunia seluler membuat pulsa tidak bisa dilepaskan dari list belanja setiap orang. Tidak ada orang yang tidak butuh pulsa, sekalipun hampjr semua provider membuat terobosan telepon, sms maupun internet murah. Tetap saja penggunaan pulsa tetap tidak kecil. 

Murahnya harga perangkat handphone juga sebagai salah satu penyebab penggunaan pulsa semakin besar. Hampir seluruh orang, khususnya masyarakat Jambi, akan memegang telepon genggam lebih dari satu. Jika ini terjadi, sudah dipastikan mereka punya minimal dua nomor ponsel.

Memiliki dua atau lebih nomor ponsel, tentu akan membuat penambahan biaya penggunaan tiap bulannya. Terlebih mereka yang hobi bersosialita. Hal ini tentu memerlukan smartphone yang jaringan internetnya selalu aktif 24 jam. Untuk mencukupi hal ini, tentu diperlukan pulsa untuk mengaktifkan paket ataupun kegiatan internet tersebut. Sekali lagi, pulsa berperan banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Multi Level Marketing

Kebutuhan akan pulsa yang tinggi pun mendorong pelaku bisnis utnuk melirik usaha penjualan pulsa. Mulai dari menjual pulsa di pinggir jalan, hingga Multi Level Marketing (MLM). Di mana, produk MLM tersebut hanyalah produk berupa pulsa. Wajar saja hal ini terjadi. Karena memang, pulsa memiliki potensi bisnis yang sama dengan menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun gas. Tidak ada di antara masyarakat yang tidak membutuhkan minyak. Sama halnya dengan tidak ada orang yang tidak membutuhkan pulsa saat ini.

Penjualan pulsa bukanlah bisnis yang aneh saat ini. Hampir di setiap pinggiran jalan ditemukan deretan konter yang menjual pulsa.

Penjualan pulsa tidak hanya dilakukan melalui kios penjualan pulsa saja. Namun, bisnis penjualan pulsa pun dapat dilakukan secara multi level. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mengisi deposit pulsa di kartu seluler Anda, lalu menjualnya kepada pengguna seluler lain. Selain menjadi lahan bisnis yang tidak membutuhkan modal tempat, cara ini juga merupakan strategi yang baik untuk memenuhi kebutuhan pulsa Anda sendiri.

Salah satu pelaku bisnis ini adalah Gita. Dalam hal ini, Gita hanya menjual pulsa kepada teman-teman dan lingkungan keluarga saja. Karena relasi Gita cukup luas, bisnisnya tersebut mampu berjalan dengan lancar.

“Kalau konter saya tidak punya. Tapi saya jual pulsa ke teman-teman dan orang-orang di mana saya berdiri. Modalnya kecil, untungnya lumayan. Tapi tidak bisa dalam skala besar. Kalau buka konter kan skalanya harus besar. Otomatis untungnya lebih besar juga,” ujarnya.

Sistem Deposit

Sumber Gita dalam menjalankan usahanya adalah dengan bermodalkan deposit pulsa. Deposit pulsa merupakan saldo pulsa yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pulsa. Dengan deposit pulsa, seseorang dapat mentransfer pulsa kepada pengguna seluler lain.

“Deposit pulsa itu tidak sama dengan pulsa ponsel kita, keduanya pisah. Jadi kita bisa bedakan, mana pulsa deposit dan mana pulsa kartu kita,” ujarnya.

Untuk melakukan transaksi, Gita mengatakan sangat mudah. Cara yang dilakukan hanyalah dengan mengirim, sms dengan format dan tujuan tertentu, maka pulsa tersebut akan terkirim ke nomor pengguna yang diinginkan.

“Cukup kirim sms dengan format tertentu maka pulsa akan masuk ke nomor yang kita tuju. Namun sms yang kita lakukan ini terkena biasa sms normal seperti sms ke nomor ponsel lainnya,” ujarnya.
Tidak hanya untuk berjualan. Gita juga memanfaatkan deposit pulsa untuk mencukupi kebutuhan pulsa pribadinya. Hal tersebut menurutnya, juga sebagai strategi untuk mempermudah dirinya sendiri ketrika membutuhkan pulsa.

“Selain untuk jualan, saldonya juga saya pakai untuk mengisi pulsa ponsel saya sendiri. Karena harganya lumayan berselisih. Untuk pulsa 5 ribu biasa kita beli 6 ribu, kalau pakai deposit pulsa harganya lebih murah 100 atau 200 rupiah. Kalau kita butuh pulsa juga tidak susah-susah ke konter lagi. Cukup dikirim saja pulsa dari deposit ke nomor kita,” ujarnya. 

Bukan hanya Gita yang menggunakan deposit pulsa atau deposit saldo ini. Sri, yang juga penjual pulsa mengaku berjualan pulsa bermula dari modal deposit pulsa senilai Rp 100 ribu.
“Mulanya hanya Rp 100 ribu, lama-lama putaran dalam satu hari lebih dari Rp 100 ribu. Karena banyak langganan yang tinggal SMS saja kalau mau isi, nanti selesainya saya tagih,” ujarnya.(lee)
***
Pola Penjualan Pulsa

Sebenarnya, pola penjualan pulsa bukan hanya melalui deposit pulsa. Ada cara lain yang biasa dikenal dengan MKIOS ataupun MTRONIK. Hanya saja, MKIOS dan MTRONIK, hanya untuk pulsa provider tertentu. Contohnya MKIOS, yang hanya menjual pulsa dari provider di bawah naungan Telkomsel. 

“Kalau pakai MKIOS, kita hanya bisa jualan pulsa Telkomsel,” ujar Sri, salah satu penjual pulsa yang menggunakan sistem deposit.

Inilah yang menjadi salah satu kelemahan dari pola seperti ini. Terlebih, Sri mengatakan, untuk membeli saldo MKIOS, harus menggunakan kuota nominal saldo tertentu. Ketentuanm saldo pun cukup besar. Berbeda dengan deposit pulsa biasa, yang bisa membeli nominal tertentu dalam skala kecil. Namun, penjualan pulsa dengan sistem deposit juga memiliki kekurangan.  

“Kelemahan menggunakan deposit pulsa untuk jualan pulsa ya dari pulsa nomor yang digunakan untuk deposit itu. Jadi setiap transaksi menggunakan pulsa untuk biaya SMS. Memang tidak mahal, namun kalau untuk mendapat untuk dirasa kurang efektif. Tapi kalau pakai MKIOS, tidak ada biaya transaksi lagi,” ujar Sri.

Gita penjual pulsa dengan sistem deposit lainnya juga mengatakan, bahwa deposit pulsa tersebut sebenarnya, adalah jalan mudah untuk berjualan pulsa. Karena, sistem penggunaan deposit lebih mudah dibandingkan MKIOS.

“Kalau deposit, kita tidak perlu khawatir harus setor ke konter pusat. Karena sistemnya seperti kartu pra bayar, beli dulu baru pakai. Kalau MKIOS pakai dulu, baru bayar dan itu sedikit lebih ribet karena ada tagihan,” ujarnya. 

Gita menambahkan, untuk mereka yang ingin praktis, deposit pulsa tidak harus untuk dijual, tapi bisa digunakan sendiri.

 “Dengan deposit pulsa, kita bisa menghemat penggunaan pulsa kita, tapi kalau mau lebih hemat lagi ya ikut jualan pulsa saja,” ujar Gita.(lee) (HARIAN JAMBI EDISI CETAK SENIN PAGI 14 APRIL 2014)

1 comment:

Ben Hale said...

Halo semuanya
Nama saya Carlton Holloway, saya di sini untuk memberi kesaksian bagaimana saya mendapat hipotek dari Phoenix Financial Services setelah saya beberapa kali melamar dari berbagai pemberi pinjaman hipotek. Saya membutuhkan hipotek yang mendesak untuk memulai bisnis dan saya melamar dari berbagai kreditur hipotek yang berjanji akan membantu tapi mereka tidak pernah memberi saya hipotek. Sampai seorang teman saya mengenalkan saya ke Phoenix Financial Services yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia Lakukan seperti yang dia janjikan tanpa bentuk penundaan apapun. Saya tidak pernah menyangka masih ada kreditur hipotek yang dapat diandalkan sampai saya bertemu dengan Phoenix Financial Services, yang memang dibantu dengan hipotek dan mengubah kepercayaan saya. Saya tidak tahu apakah Anda sama sekali membutuhkan hipotek asli dan mendesak, jangan ragu untuk menghubungi, Phoenix Financial Services melalui Perusahaan mereka Email: phoenixfinancialservices757@gmail.com