.

.
.

Rabu, 17 September 2014

PELEPASAN CJH Hisak Tangis Keluarga Tak Terbendung

KUALATUNGKAL – Pemberangkatan 318 Calon Jemaah Haji (CJH) di Pelabuhan Marina diwarnai hisak tangis keluarga. Dua kapal yang bertengger di tepi dermaga akhirnya berangkat membawa CJH menuju Embarkasi Batam, kemarin.

Begitulah suasana pemberangkatan calon haji asal Tanjabbar kemarin. Pelepasan langsung dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjabbar, Mukhlis M Si.

Salah seorang jamaah haji asal Kota Kualatungkal Muhammadiah, mengaku merasa senang bisa pergi menjalankan rukun islam yang kelima. "Alhamdulillah, saya bisa berangkat dan minta doanya," tandasnya.


Muhammadiah tampak diantar sanak keluarga hingga ke pintu kapal. Tetesan air mata dari keluarga yang ditinggal tak terbendung lagi. Mereka berharap, para CJH bisa kembali dengan sehat setelah melaksanakan ibadah haji.

Pantauan di lapangan, puluhan aparat kepolisian melakukan penjagaan sebelum CJH diberangkatkan. Tampak pintu gerbang Dermaga Marina dikawal ketat. Tak semua warga bisa masuk mengantar CJH hingga ke Kapal Marina.

Sekda Tanjabbar, Mukhlis berpesan, agar CJH saling menjaga dan memerhatikan satu sama lain selama menjalankan ibadah di tanah suci.

"Yang muda menuntun yang lebih tua, yang kuat bantu yang lemah, jaga kesehatan, stamina, pergunakan waktu dengan baik, istirahat yang cukup, jalin komunikasi yang baik serta laporkan jika ada hal-hal yang saudara rasa mencurigakan," kata Sekda sembari memberikan arahan di dalam Kapal Marina Batam.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanjungjabung Barat H Sulaiman mengatakan, 318 CJH asal Tanjabbar terdaftar pada Kloter 17 Periode II.

CJH yang berangkat terdiri dari 142 laki-laki dan 176 perempuan. Katanya ada peningkatan jumlah CJH dibandingkan tahun lalu, yakni berkisar 43 persen.

Dari 318 orang jamaah, berasal dari Kecamatan Tungkal Ilir 213 orang, Betara 21 orang, Tungkal Ulu 20 orang, Merlung 5 orang, Senyerang 11 orang dan Pengabuan 30 orang. Usia tertua jamaah 89 tahun dan termuda usia 23 tahun.

Dikatakan, jemaah akan diberangkatkan dari Embarkasi Batam pada Rabu (17/9) sekitar pukul 10.00 menuju Jedah. Sedang kepulangannya, diperkirakan 27 Oktober 2014, telah sampai di Kabupaten Tanjabbar.(nik/lee)


Tidak ada komentar: