.

.
.

Sunday, 14 September 2014

Nelson Sitanggang SH MH Digadang Maju di Pilkada Samosir



BERITAKU-Setelah pensiun dini dari dunia kehakiman yang selama ini digelutinya, Nelson Sitanggang SH MH kini digadang untuk membangun kampung halaman Kabupaten Samosir. Nelson Sitanggang digadang untuk maju di Pilkada Samosir 2015 mendatang. Dirinya ingin membangun dan mengabdi Kabupaten Samosir setelah tak lagi aktif sebagai hakim.

Nelson Sitanggang kini mulai aktif blusukan di Kabupaten Samosir untuk memohon doa restu dan dan dukungan relawan untuk mewujudkan niatnya untuk baju sebagai bakal calon Bupati Samosir pada Pilkada Samosir 2015 mendatang.(Baca Juga Nelson: Pemberantasan Korupsi Makin Berat )

Menurutnya, selama ini banyak infrasstruktur di Kabupaten Samosir yang belum merapa mendapatkan sentuhan pembangunan. Jalan hingga kepelosok desa di Samosir masih banyak yang terabaikan dari pembangunan. Jalan merupakan akses ekonomi warga dalam meningkatkan perekonomian mereka.  

“Setelah saya tak lagi aktif jadi hakim September 2014 ini. Saya ingin mengabdi untuk membangun kampong halaman saya Kabupaten Samosir. Lewat Pilkada Samosir ini saya rasa sangat tepat untuk bisa berbuat banyak di Kabupaten Samosir kelak,” ujarnya.

Nelson Sitanggang juga memohon dukungan masyarakat Kabupaten Samosir dalam mewujudkan kerinduannya untuk maju di Pilkada Samosir mendatang. Dirinya juga meminta dukungan para tokoh Agama, Masyarakat dan LSM, seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Samosir dan juga tokoh agama, politikus asal Samosir di seluruh Indonesia.(Berita Terkait : Nelson Sitanggang Dizolimi)


Nelson Sitanggang merupakan salah satu Hakim terbaik di Indonesia ini yang tegas dan tak mau neko-neko soal pengadilan, terlebih soal kasus-kasus korupsi. Hal itu sudah dibuktikannya dengan penuh resiko memanggil Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus sebagai saksi di persidangan hingga pada konsekuensinya mendapat sanksi mutasi.

Kiprah Nelson Sitanggang di Jambi

Nelson Sitanggang SH MH mulai melaksanakan tugas di PN Jambi sejak 1 Oktober 2009 dan juga menjabat Humas PN Jambi. Kemudian sejak 11 November 2011, dirinya terpilih sebagai Ketua Hakim Tipikor di PN Jambi hingga sekarang. Sebelum ke PN Jambi, Nelson Sitanggang bertugas di PN Kalimantan Barat.(Baca Juga : Nelson Sitanggang : Hakim Pengadilan Tinggi Diprovokasi Pihak Tertentu )


Nelson Sitanggang SH MH (51) dikarunia 4 anak ( 3 laki-laki, 1 perempuan) dari istrinya Rita (49). Anak pertamanya kini bekerja di Bank Danamon di Medan Sumatera Utara, anak kedua Akabri TNI AL di Jakarta, anak ke tiga lulusan sarjana dari Kalimantan Barat dan putrinya kini dibangku kuliah.

Kalangan wartawan di Jambi yang kerap meliput di PN Jambi merasa kehilangan sosok hakim tegas dan bersahabat dengan pers Nelson Sitanggang SH MH. Sosok pria berdarah Batak ini dikenal sangat tegas dalam memimpin sidang tipikor dan kasus lainnya yang ditanganinya.

Bahkan kasus-kasus korupsi yang melibatkan pejabat dan mantan kepala daerah di Jambi ketar-ketir dibuantnya pada saat persidangan. Sebut saja kasus Damkar 2004 di Provinsi Jambi yang menjerat Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur Abdullah Hich, mantan Bupati Tebo Madjid Muaz, mantan Walikota Jambi Arifien Manap, mantan Ketua DPRD Kota Jambi Zulkifli Somad dan masih banyak lagi.

Yang paling tegas dalam menegakkan hukum di Jambi dilakukan Nelson Sitanggang saat "memaksa" mantan Sekda Kota Jambi yang kini menjabat Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) hadir sebagai saksi dalam kasus terdakwa Arifien Manap dalam kasus Damkar. Saat sidang Rabu (6/3/2013) di PN Jambi, aktivis melakukan demo terhadap HBA.

Banyak kasus-kasus korupsi penting yang ditangani Nelson Sitanggang di Tipikor Jambi. Selain kasus Tipikor, kasus narkoba kelas “kakap” juga ditangani Nelson Sitanggang secara tegas tanpa pandang bulu.

Sikap tegas dalam menegakkan hukum tanpa pandang bulu ini, akhirnya berimbas penon aktifan jabatan Nelson Sitanggang SH MH selaku Hakim Tipikor Jambi dan berujung kepada pengunduran diri. (Baca : Menikmati Keindahan Samosir)

Banyak kalangan bertanya kenapa bisa terjadi hal demikian terhadap Hakim Tipikor yang dinilai tegas dalam memimpin Sidang Tipikor di Jambi dan komitmen dalam pemberantasan kasus korupsi di Jambi. Mahkamah Agung (MA) PT dinilai ada intervensi "politik" terhadap jabatan dan tugas yang dilakukan Nelson Sitanggang SH MH dalam memberantas praktek KKN di Provinsi Jambi.   (Rosenman Manihuruk)

5 comments:

Yoseph Malau said...

Salut buat tulang Sitanggang.
Saya pernah melihat tulang membuat mantan hakim agung M. Yahya Harahap malu, karena beliau memaksa untuk menjadi saksi ahli dalam persidangan anda.
Tidak ada hakim yang berani setegas tulang. Hakim yang angkat telor banyak....

Saya dukung tulang untuk menjadi bupati di Samosir, asa lam denggan huta ta.

herbert sidabutar said...

Kalau emas itu, di buang ke comberan sekalipun tetap dicari orang.

Mudah-mudahan bapak Nelson Sitanggang bisa memimpin samosir.
Horass

hsiswantoagus said...

Hebat pak Sitanggang

Saya sudah lama mengikuti perkembangan berita bapak, sejak bapak berdinas di batam dulu.

Saya tau koq bapak banyak punya musuh dari kalangan pemerintah.
Itu berarti bapak pro keadilan.

Sitanggang Mangara said...

yang diharapkan menjadi pemimpin samosir adalah seperti abang,agar bisa maju, saya dukung bang, doa kami menyertai kamu

Sitanggang Mangara said...

tolong bang, kirim dulu profilnya ya.saya tinggal di jakarta dan aktif di punguan sitanggang sejabodetabek.ingin banyak cerita ttg samosir. saya bekerja di kemendikbud (PNS, pusat informasi dan humas