.

.
.

Wednesday, 17 September 2014

Bioskop Sumatera Ludes Terbakar


BIOSKOP SUMATERA JL HALIM PERDANA KUSUMA PASAR JAMBI. FOTO ADRIANUS/HARIAN JAMBI

Trafo Meledak, Toko Buku Tropi Nyaris Terbakar

JAMBI-Peristiwa kebakaran yang menghanguskan seluruh ruangan teater bioskop Sumatra terjadi kemarin (15/9) pukul 11.00 yang terletak di ruas jalan Halim Perdana Kusuma, tepatnya di depan Tri Lomba Juang KONI Jambi. Api dengan cepat membesar membakar seluruh ruangan teater bioskop yang belum diketahui apa penyebab kebakaran.

ADRIANUS SUSANDRA, Jambi

DARI pantauan di lapangan, api dengan cepat membesar, menghanguskan seluruh bangunan bioskop yang sejak beberapa bulan terakhir tak beroperasi. Beruntung bioskop dalam kondisi kosong tersebut tidak memakan korban jiwa.

Sedikitnya sembilan unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi. Selain dari mobil pemadam kebakaran, water canon milik Polda Jambi juga diperbantukan untuk memadamkan api. Yoyok, warga sekitar Bioskop Sumatera mengatakan, saat kejadian dirinya sedang duduk di depan toko di tempat ia bekerja lalu melihat api sudah membesar dengan cepat. “Aku lagi duduk sambil nyantai. Tibo nengok api sudah membesar membakar gedung yang dalam kondisi kosong,” ceritanya kepada wartawan.


Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kota Jambi, Ridwan, menduga kebakaran bukan disebabkan oleh listrik, akan tetapi diduga pembakaran sampah yang belokasi di dekat Bioskop Sumatera.

“listrik mati, bioskop ini sudah tidak beroperasi. Mungkin dari sisa pembakaran sampah. Tapi masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut, beruntung tidak ada korban jiwa karena bioskop sudah tidak beroperasi,” ungkapnya.

Sementara, Kapolsek Pasar Jambi, AKP Abilio Dos Santos mengaku belum bisa memastikan apa penyebab kebaran tersebut. “Penyebab api akan kita lakukan penyelidikan terlebih dahulu. Kita tidak menduga, nantinya tim forensik akan melakukan pengecekan apa penyebab kebakaran tersebut,” ungkapnya.

Saat disinggung adakah indikasi dugaan sabotase terhadap bangunan tersebut, Abilio menegaskan kini pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan. “Kita lihat hasil pemeriksaan dari forensik Polda Jambi setelah berkoordinasi dengan forensik Palembang. Pemiliknya masih di luar kota, kita masih menunggu untuk meminta keterangan sedangkan kerugian belum bisa ditafsirkan,” terangnya.

Disisi lain, dalam hari yang sama, sekitar pukul 15.00, toko buku Tropi yang terletak di Jalan Mr Ass’at nomor 17, Kecamatan Pasar Jambi juga nyaris terbakar. Hal tersebut diakibatkan trafo listrik meledak. Para pengunjung dan karyawan berhamburan keluar swalayan.

Dari pantauan di lapangan, seorang petugas PLN diketahui bernama Anto menjadi korban akibat kejadian ini. Dia mengalami cedera ringan pada saat akan memutuskan kabel yang masih teraliri listrik, sehingga percikan api tersebut menyambar ke arah wajahnya, akibatnya ia terjatuh dan mengalami luka ringan di bagian keningnya.

"Tidak tahu kenapa bisa meledak, tiba-tiba saja terdengar bunyi seperti petasan kami pun langsung berhamburan keluar," ungkap karyawati Tropi yang menyebutkan namanya Rina, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.


Dari kejadian tersebut, Toko Buku Tropi langsung ditutup, dan tampak pihak kepolisian dari Polsek Pasar dan beberapa unit pemadam kebakaran sudah berjaga di lokasi kejadian. (HARIAN JAMBI)

No comments: