.

.
.

Tuesday, 25 March 2014

Toko Buku Mampu Eksis di Era Digital


KOLEKSI: Selain menediakan buku-buku bernuansa agama,  PT Karya Toha Mandiri Cabang Jambi juga menyediakan Al Quran dan tasbih.FOTO DOK HARIAN JAMBI


Di era modern yang serba digital saat ini, banyak yang mengira bahwa konsumsi buku oleh masyarakat semakin menurun. Sehingga prospek penerbitan buku pun dipandang sebelah mata. Namun faktanya, era digital justru mampu memberikan pengaruh positif.

MURABIL FADIL, Jambi

Perusahaan penerbitan buku yang dikenal oleh masyarakat luas pada dasarnya, memulai usahanya dari tahap nol. Berawal dengan mencoba menerbitkan beberapa judul buku, kemudian berkembang hingga menerbitkan ragam buku yang digemari oleh masyarakat luas. 

PT Karya Toha Putra, adalah salah satu perusahaan penerbitan buku yang masih eksis di tengah era digital saat ini. Penerbitan buku yang berpusat di Kota Semarang ini, didirikan pada tahun 1956 oleh H Toha. Awalnya, usaha tersebut dikenal dengan nama almunir, dan hanya memiliki satu mesin cetak manual yang berfungsi mencetak buku buku kecil. Setelah itu, Almunir berubah menjadi CV yakni CV Toha Putra. Seiring Berjalannya waktu, mengalami perubahan nama menjadi PT Karya Toha Putra Semarang.


Bermodalkan tabungan selama menjalankan usaha, PT Karya Toha Putra pun mendirikan sebuah toko buku. Setelah berhasil mendirikan toko buku, perusahaan ini pun memperluas usaha dengan mendirikan percetakan di kawasan lain, hingga berkembang menjadi semakin besar. Sampai saat ini, perusahaan ini sudah memiliki cabang di setiap provinsi di Indonesia.

“PT Karya Toha Putra, pusatnya ada di Semarang. Sudah memiliki 6 ribuan karyawan. Berdirinya usaha ini sudah lama sekali, dari tahun 56-an, hingga saat ini berkembang pesat hingga ke daerah-daerah, termasuk di Jambi,” tutur  Rizki, Manajer PT karya Toha Mandiri Cabang Jambi.

Fokus Buku Agama


Rizki, Manajer PT Karya Toha Mandiri Cabang Jambi saat beraktivitas di toko.
LARIS: Aktivitas pembeli di Karya Toha Putra Cabang Jambi. Sebagai penyedia buku bernuansa agama, toko ini selalu diramaikan pengunjung.

PT Karya Toha Putra yang bergerak di bidang usaha penerbitan dan percetakan buku ini, lebih fokus dalam memproduksi buku-buku agama. PT Karya Toha Putra cabang Jambi ini, terletak di kawasan Jalan Gajah Mada No 13 Jelutung Kota Jambi.

Selain toko yang menjual buku secara eceran, tempat ini juga menjadi distributor buku-buku  agama di berbagai lokasi pemasaran. Pendistribusiannya pun melaju hingga ke daerah-daerah dalam Provinsi Jambi. Seperti Kabupaten Bungo, Kuala Tungkal, Bangko, Tebo, Sarolangun bahkan hingga Kerinci.

Usaha yang dimulai sejak tahun 2010 lalu ini, dari tahun ke tahun hingga kini mengalami peningkatan. Baik itu dari sisi penjualan maupun dari sisi minat dan kebutuhan masyarakat Jambi.
 “Kita lebih kepada pendistribusian buku-buku berbau agama, dan menyediakan kitab-kitab agama dan kamus. Tetapi buku lain juga ada,” ujar Rizki 

Berkembang Pesat

Selain melakukan distribusi ke daerah-daerah, PT Karya Toha Putra ini juga bekerjasama dengan toko-toko di kawasan kota. PT ini memiliki 5 orang karyawan, 3 di antaranya sebagai sales yang bekerja menangani urusan pemasaran dan pendistribusian.

Berdirinya  usaha tersebut lebih kurang selama 4 tahun ini, sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Pasalnya, pendistribusian yang dilakukan oleh PT Karya Toha Putra cabang Jambi, rata-rata sudah memiliki 5 toko langganan per kabupaten/kota. Kerjasama yang baik dan saling mempercayai di antara masing-masing pihak, membuat hubungan pelanggan dan pemasok tampak awet. Tak heran hingga saat ini untuk pengiriman dan distribusi buku ke setiap daerah berjalan lancar, tanpa hambatan.

Pihak PT Karya Toha Putra Cabang Jambi juga menyediakan penjualan secara eceran bagi konsumen. Dan pastinya, pihak PT karya Toha Putra juga bekerjasama dengan instansi pendidikan dan departemen agama. Terutama bagi sekolah-sekolah yang berbasis agama Islam.

“Kita menerapkan konsep dengan penjualan ke toko-toko yang ditunjuk, atau menjalin kerjasama yang berkesinambungan,” sebutnya.

Cash dan Kredit

Untuk pelanggan toko di setiap daerah dalam Provinsi Jambi, kerjasama juga bisa dilakukan dengan membayar secara cash ataupun dengan cara kredit. Kredit dengan tenggang pembayaran paling lama selama 25 hari.

Dikatakan juga oleh Rizki bahwa rata-rata pendistribusian untuk di daerah-daerah dalam Provinsi Jambi, dilakukan 4 kali pengiriman dalam satu bulan. Setiap langganan toko di setiap daerah tersebut memesan buku minimal 1 koli (650 buku) dalam satu kali pengiriman.

Soal stok barang buku Rizki mengaku selalu ada, karena langsung dikirim dari pusat yakni PT Karya Toha Putra Semarang.  Sekali pemesanan oleh cabang usaha di Jambi, sebanyak 50 koli  dalam satu kali pengiriman. Sementara, pengiriman dilakukan dua kali dalam satu bulannya. 

Soal harga buku yang dicetak dan diterbitkan bervariasi, mulai dari harga Rp 3500 hingga Rp 3 juta. “Semuanya itu tergantung jenis buku, bahan dan kualitas bahan itu sendiri. Pada intinya pihak pengelola usaha sebisa mungkin menjual dan mendistribusikan buku yang berkualitas,” ujar Rizki.

Dalam hal ini, PT Karya Toha Putra juga bekerjasama dengan usaha penerbitan lainnya. Seperti Ikrul, Darul Haq, Amelia, Mitra Presh, Suudiah Medan dan Bintang Media. Selanjutnya Risya Jaya dan banyak lagi penerbit lainnya.
“Soal omzet pemasukan setiap bulannya bervariatif. Pastinya, omzet hingga puluhan juta rupiah. Dan itu tergantung dari rezeki,” ujar Rizki.(*/poy)(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI SELASA 25 MARET 2014)

No comments: