.

.
.

Jumat, 28 Maret 2014

Menyambut Festival Pelajar Kota Jambi

FLSN ini melibatkan 40 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jelutung Kota Jambi, yang diadakan di SD Xaverius 2 Jelutung.FOTO KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI
Untuk memotivasi dan mengembangkan potensi siswa, Walikota Jambi akan mengadakan festival pelajar. Menyambut kegiatan tersebut, masing-masing kecamatan dan sekolah mulai bergeliat mempersiapkan diri.

KAHARUDDIN, Jambi

Untuk dapat mengetahui potensi dan kemampuan siswa dalam seni dan kebudayaan, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Jelutung mengadakan sebuah perlombaan Kamis (27/3). Perlombaan tersebut dikemas dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

FLSN ini melibatkan 40 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jelutung Kota Jambi, yang diadakan di SD Xaverius 2 Jelutung. Diadakannya kegiatan ini bertujuan, untuk melatih mental siswa dalam berkarya. Selain itu, perlombaan ini juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan dan potensi siswa dalam menyerap ilmu kesenian dan budaya.


“Tujuan dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan seni budaya, dan mengetahui sejauh mana peningkatan seni pada siswa. Hal ini perlu diuji dengan mengikuti sebuah perlombaan. Karena mental dari seorang perlu dilatih dengan cara melibatkan anak dalam suatu perlombaan,” ujar Suryati, Ketua Panitia Pelaksana.

Menurutnya, selain sebagai ajang perlombaan siswa, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang seleksi, untuk mengikuti kegiatan FLS2N se- Kota Jambi dalam waktu dekat ini. Melalui perlombaan ini, dua pemenang lomba akan direkrut, untuk mengikuti FLS2N yang diadakan oleh Kota Jambi.

“Dalam perlombaan ini hanya akan mengambil 2 pemenang dari masing-masing cabang lomba, untuk mengikuti lomba se-Kota Jambi ke depannya," ujarnya.

Ajang Ekspresi

Dalam perlombaan ini, siswa diajak untuk menikmatikeindahan seni, sekaligus mengekspresikannya melalui lukisan, lagu, cipta puisi, tari, pantonim dan kesenian lainnya. Melalui perlombaan ini, diharapkan mampu membentuk siswa yang berkarakter.

“Pencintaan seni diharapkan bisa menjadikan anak-anak yang cerdas, kreatif dan berkarakter, yang semestinya dimulai sejak usia dini. Penanaman jiwa seni kepada anak memang seharusnya ditanamkan sejak dini, agar anak bisa mencintai budayanya," ujarnya.

Dikatakan Suryati, lomba cipta seni pelajar tingkat kecamatan tahun ini, digelar dengan konsep seni budaya untuk membangun karakter bangsa sejak dini, yang harus dimulai sejak SD. Dengan meningkatkan cipta seni di kalangan anak-anak sudah harus dilakukan, untuk dapat menanamkan cipta seni pada anak.

"Lomba ini melibatkan SD yang ada di Kecamatan Jelutung, dan dalam seleksi ini yang menjadi pelaksanaannya dari beberapa sekolah SD," ujarnya.

Kegiatan ini memperlombakan 12 cabang perlombaan. Di antaranya, lomba pidato, cerita bergambar, menyanyi solo, menganyam, pantonim, melukis, cipta puisi, menulis cerpen, cipta pantun, cipta syair, mendongeng, dan tari. Dalam pelombaan tersebut ada beberapa seolah yang menjadi penanggung jawab pelaksana perlombaannya. "Semua perlombaan itu dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas anak dan membentuk karakter anak," ujarnya.

Sekolah yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan tersebut di antaranya, SD N 74 sebagai penanggung jawab lomba pidato, SD Bina Kasih bertanggungjawab dalam perlombaan cerita bergambar, SD N 77 bertanggungjawab dengan lombah menganyam. Selanjutnya, SD Xavarius bertanggungjawab dalam perlombaan Pantonim, SD N 180 bertanggungjawab dalam perlombaan melukis.

Kemudian,  SD N 105 bertanggungjawab dalam perlombaan cipta puisi, SD N 153 bertanggungjawab dalam perlombaan menulis cerpen, SD N 156 bertanggungjawab dalam perlombaan cipta pantun, SD N 77 bertanggungjawab dalam perlombaan cipta syair. Kemudian,  SD Kanaan G bertanggung jawab dalam perlombaan mendongeng, dan yang terakhir SD N 58 bertanggungjawab dalam perlombaan tari. "SD-SD yang selain menjadi peserta. Dan SD yang yang diberi tanggungjawab sebagai pelaksana juga mengirimkan peserta," ujarnya.(*/poy)

***

Festival Kota Dilaksanakan Bulan April

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dilaksanakan di SD Xaverius Jelutung Kamis (27/3), adalah festival yang digunakan untuk menyambut FLS2N se-Kota Jambi. Menurut Rifa’I, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, FLS2N se-Kota Jambi tersebut, aka dilaksanakan pada Bulan April mendatang.

Dalam pelombaan olahraga dan seni tersebut, akan melibatkan semua kecamatan se-Kota Jambi. Dengan adanya perlombaan tersebut pihak sekolah harus sebih memperhatikan bakat-bakat dan kemampuan siswa. "Kita akan mengadakan perlombaan olahraga dan seni se-Kota Jambi pada bulan april 2014 nanti," ujarnya.

Perlombaan tingkat kota tersebut nantinya, dibuka tepat di halaman Kantor Walikota Jambi. Perlombaan ini akan dilakukan dlaam bentuk perlombaan olahraga, seni dan budaya. Dan perlombaan ini telah banyak dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) kecamatan untuk menjaring siswa.

"Kita berharap agar UPTD Kecamatan benar-benar menyeleksi potensi anak yang akan mewakili kecamatan, untuk perlombaan tingkat Kota Jambi," ujar Rifa’i.

Ia  juga meminta kepada pelaksana perlombaan, agar menilai kemampuan siswa dengan melihat dari kemampuan anak, bukan dilihat dari kedekatan emosional. Pihaknya juga mengimbau kepada pelaksana perlombaan terutama juri atau wasit, untuk menilai secara objektif tanpa pandang bulu. "Untuk juri atau wasit agar netral dalam menilai jangan samapai salah memilih pemenang. Karena hal itu akan mewakili kecamatan nantinya di tingkat kota," ujarnya.

Dalam perlombaan pasti ada yang kalah dan ada yang menang. Rifa’i berpesan kepada sekolah yang kalah, agar tidak berkecil hati dan menganggap hal itu adalah keberhasilan yang tertunda. Dan yang menangpun, jangan berbangga karena masih banyak tahapan-tahapan yang akan diikuti. Dan bagi pemenang nantinya, agar selalu meingkatkan prestasinya untuk perlombaan berikutnya.

"Dalam setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan menang, yang intinya kalah merupakan kemenangan yang tertunda. Jadi jangan merasa sedih," ujarnya.

Dia juga berpesan agar semua UPTD kecamatan, memperiapkan perwakilannya untuk mewakili kecamatan masing-masing dalam perlombaan yang akan diadakan oleh Dinas Pendidikan tingkat kecamatan. Dia berpesan kepada semua peserta lomba, agar mengikuti dengan baik dan sportif cabang-cabang lomba yang diperlombakan. "Bagi anak-anak yang mengikuti lombah ikutilah lomba tersebut dengan penuh semangat, karena itu merupakan prestasi kalian," ujarnya.(khr/poy)(HARIAN JAMBI EDISI CETAK PAGI JUMAT 28 MARET 2014)



FLSN ini melibatkan 40 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jelutung Kota Jambi, yang diadakan di SD Xaverius 2 Jelutung.FOTO KAHARUDDIN/HARIAN JAMBI

Tidak ada komentar: