.

.
.

Selasa, 01 April 2014

Jangan Ragu Memilih Sortaman Saragih

Merasakan Kesulitan Rakyat & Memahami Harapan Rakyat
Keraguan masyarakat untuk memilih siapa wakilnya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI kini semakin fenomenal. Betapa tidak, banyak calon legislative (caleg) kini hanya mengandalkan popularitas financial, namun miskin popularitas sosial. Bahkan caleg yang berintergritas kini semakin sulit dijumpai. Mereka kerap hanya mengumbar janji-janji bulus dan mengandalkan financial yang sumbernya tidak jelas. Namun sikap pesimis masyarakat itu, tidak berlaku secara umum kepada caleg. Masih ada Caleg, walaupun itu satu diatara seratus, yang berintegritas dan memiliki kemampuan intelektual yang dapat dijadikan sebagai wakil menyuarakan aspirasi rakyat di Senayan.

Namun keraguan rakyat, khususnya di Daerah Pemilihan Sumatera 3 yang meliputi Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Karo, Kota Binjei, Kabupaten Pakpak Barat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Langkat, Kabupaten Batubara, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Asahan, terjawab setelah munculnya sosok  Dr Sortaman Saragih SH MARS sebagai Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Nomor Urut 5.   

Dirinya merupakan inspirator dan motivator dan juga pengusaha sukses. Pria kelahiran 27 Oktober 1967 ini merupakan    alumnus Universitas Sumatera Utara Angkatan 1987  Kota Medan. 

Sebuah group media jejaring sosial Facebook “SORTAMAN SARAGIH MENUJU SENAYAN 2014” yang dibuat seorang relawan Asenk Lee Saragih membawa dampak yang positif terhadap pendekatan Sortaman Saragih.  Lewat Groop FB tersebut, banyak masukan dan kritikan yang ditujukan kepada Sortaman Saragih.
“Domma Panorangni Tokoh Muda Simalungun SORTAMAN SARAGIH Boi di DPR RI (Senayan Jakarta) Laho Berbuat Untuk Sumatera Utara dan Secara Khusus Bani Talun Simalungun. Sudah saatnya Sortaman Saragih duduk di Senayan untuk mewakili rakyat Sumut 3,” ujar seorang anggota group. 


Sortaman Saragih akan memperebutkan 10 kursi yang tersedia dari dapil Sumut-3 yang meliputi 10 kota / kabupaten. Melihat jumlah pemilih, maka untuk meraih satu kursi harus ada 200.000 suara. Tapi realita i lapangan selama ini, angka 100.000 suara sudah bisa lulus mengingat angka golput mencapai 50%. Jadi kemungkinan besar Sortaman Saragih bisa duduk di DPR. 

Hal itu berkat dukungan penuh rakyat etnis Simalungun dan etnis lain di 10 kabuapten/kota Dapil 3 Sumut tersebut. Rasa percaya diri juga ditunjukkan Sortaman Saragih karena begitu banyak mengalir dukungan dari berbagai kalangan. 

Ginting Utha: “Bujur janah toruh maruhur do bapa SORTAMAN SARAGIH on, tahun 2001ongga do au boritan pas salosei marambilan i GKPS Depok mintor iboan do hu klinikni dob ai irujuk ma hu rumah sakit...........maju terus abanganda Tuhan Mamasu-masu...!” ujar sebuah ucapan di Group SORTAMAN SARAGIH MENUJU SENAYAN 2014.

Menurut Sortaman Saragih, asal kampong Huta Purba Tongah, Kabupaten Simalungun yang kini berdomisili di Depok ini mengatakan, dirinya mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Gerindra terpanggil karena dirinya ingin mengisi salah satu kursi DPR RI untuk menggeser satu anggota dewan yang tidak berkualitas sekarang ini. 

“Mudah-mudahan ada lagi orang lain yang kualified yang lolos supaya semakin bagus kualitas yang duduk di senayan. Sebenarnya saya bukan kurang kerjaan masuk ke politik karena saya seorang dokter yang punya pekerjaan mapan. Orang lain juga banyak tahu itu. Tapi kalau dibiarkan politisi busuk di senayan sana tetap mengatur bangsa ini, maka masa depan bangsa dan anak-anak kita nanti semakin hancur,” katanya.

Sebenarnya kalau politisi sekarang ini benar, saya lebih senang menjadi dokter saja, karena saya tahu menjadi DPR itu sangat melelahkan juga. Kalau saya masuk minimal ada 1 orang bertambah anggota DPR yang berkualitas. 

Sebenarnya saya boleh diam-diam saja akan kebobrokan bangsa ini karena pekerjaan saya sangat mapan. Tapi kalau berkumpul di senayan sana nanti yang tidak mapan, bangsa ini semakin hancur. Kalau bisa jangan kita biarkan bangsa ini dikendalikan orang bodoh dan yang tidak beres. 

Saya mengajak orang lain juga (yang kualified) untuk ambil bagian menyelamatkan bangsa ini. Politik yang bagus hanya didapat di tangan-tangan orang bagus.

Sebanyak 3.794 anggota Group FB SORTAMAN SARAGIH MENUJU SENAYAN 2014 sangat memotivasi Sotaman Saragih untuk menjadi anggota DPR RI yang bermartabat.

 “Saya kenal betul dengan bang Sortaman ini, selain kami bertetangga dan sering ketemu, saya tau betul sifat dan karakternya dan mempunyai visi dan misi beliau terhadap Simalungun. Saya yakin dengan eksistensi nya terhadap Simalungun dan dukung beliau dan kita telah melihat buktinya,” sebut Juniardi Saragih.

Jaya Damanik: Anggo au secara pribadi mendukung tumang ma au bani kawan on (Sortaman Saragih) maju jadi Caleg DPR hu Senayan dari Gerindra. Halani saya sangat mengenal do ambia kawan hon selain sada kelas do hanami selama tolu Tahun i SMP pakon sa almamater hun Universitas Sumatera Utara, janah sahuta i kec. Purba Simalungun. (Saya sangat mendukung Sortaman saragih jadi caleg, dia satu kelas dan satu almamater dari USU,” kata Jaya Damanik.

Kata Jaya Damanik, Sortaman Saragih orangnya yang jujur, pekerja keras dan pintar. Seorang pengusaha yang sukses dibidang Medis dan Pendidikan. Orang yang sangat perduli dengan kebudayaan dan konsern kepada kesehatan dan pendidikan. 

Sarmen Saragih: Berkarakter kuat dan sangat memahami keadaan Simalungun, dan sangat mengerti kebutuhan Simalungun. “Patutlah kita pilih kawan ini untuk mewakili rakyat dari dapil 3, khususnya Simalungun. Minimal keluarga besar saya akan saya yang berdomisili di dapilnya saya anjurkan untuk memilih beliau. Selamat berjuang kawanku, semoga sukses, Tuhan memberkati.

Belum pernah ketemu dengan beliau Sortaman Saragih ini. Tetapi sedikit mengenal dari dekat latar belakangnya. Namun.... melalui status dan postingan-postingan nya yang positive di Face Book ini... Saya menilai dan berpendapat, bahwa Sortaman Saragih sangat berniat dan ingin adanya perobahan nasib rakyat di Sumut dan khususnya di Kabupaten Simalungun.

Jordi Purba: Nini halak, anggo lao hundul I DPR RI maningun bois do duit marmilyar. Ai mulak do holi duit ai anggo saud ma I senayan ? Halani anggo ietong humbani gaji dassa, rado lang mulak. Lape ope konstribusi hu partai pnl. Naha do tongon ai lawei ?

Sortaman Saragih: Tarimakasih ma bani ganup dukungan nasiam. Lawei Jordi Purba, memang banyak info yang menyeramkan tentang pencalegan. Tapi lebih banyak itu hiperbola (dilebih-lebihkan) dan atau diageni perantara. 

Saya secara pribadi diwawancarai oleh tim pak Prabowo. Wawancaranya menjurus pada pemahaman Pancasila, UUD'45, NKRI dan uji pengenalan (kedekatan) kita akan daerah pemilihan kita. Banyak pelamar yang diwawancarai tidak memenuhi kriteria diatas, termasuk yang sudah menjadi pengurus di Gerindra sendiri. 

Yang melamar untuk SUMUT-3 saja ada 80-an orang, termasuk orang kaya berat Batak bahkan mantan kepala daerah dan mantan wakil kepala daerahpun ada. Tapi karena tidak memenuhi kriteria diatas tidak diterima. 

Memang kalau untuk berpolitik pasti ada cost politik, misalnya ongkos sosialisasi, stiker, kaos dll. Besarnya biaya itu tergantung kulitas dan strategi seseorang. Saya dengar juga ada caleg ke Gerindra yang diminta 0,5 M tapi itu dikerjain oleh calo yang mengaku dapat meloloskan. Hasilnya nol. 

Terus terang kalau kita berpotensi bagi partai, malah kita dibantu. Sampai hari ini saya baru mengeluarkan dana Rp. 50.000 untuk biaya formulir pendaftaran bulan Februari kemarin. Saya kira jangan percaya kabar dari orang yang tertipu atau yang ambisius jadi anggota DPR tanpa kualitas.

Yang ambisius tapi tidak memiliki kualitas pasti jadi makanan dan sasaran calo. Yang kedua ada istilah "antitesis diri", artinya orang miskin ingin dianggap sebagai orang kaya. Biar kayak hebat dan kaya ngaku-ngaku sudah bayar miliaran. Padahal belum tentu punya uang sebesar itu. Iyah tak usah terlalu dipercayalah. 

Menurut Sortaman Saragih, karena caleg yang terpilih selama ini menunjukkan kinerja buruk pantas kita apriori. Memang wajar ragu terhadap caleg yang maju saat ini tarmasuk Sortaman Saragih sendiri. Apalagi dipertanyakan masalah komitmen menepati janji.

“Karena masa besok kita cenderung akan seperti masa lalu kita. Kalau masa lalunya benar, lebih dapat dipercaya. Jadi ada baiknya kita renungkan criteria caleg yang pantas untuk dipilih dan pantas untuk dipilih. Kita nilai masa lalunya,” katanya.

“Tapi kalau kita cuek terhadap criteria atau rekam jejak caleg, akan terpilih lagi caleg yang tidak sesuai criteria. Akibatnya tambah ngawur SDM DPR kita. Kita lihat selama ini, lebih setuju pemilih mamilih caleg yang tidak dikenal rekam jejaknya, sehingga pemilih “kete” alias kecele,” kata Sortaman.

Charlie Saragih Garingging: Parlindungan Purba SH MM dan Sortaman Saragih pernah jadi pembicara pada acara RPL Pemuda GKPS 2013 15–17 Maret lalu di Center GBKP Sibolangit, Sumatera Utara.
“Tuhan telah menganugerahkan potensi yang cukup untuk menjadi apa yang kita mau. Intinya, apakah kita telah menggunakan potensi kita atau belum,” kata Sortaman.

Simon Saragih: Lewat media sosial saat ini juga efektif untuk mempublikasi rekam jejak caleg. Kini masyarakat sudah melek teknologi komunikasi. Barack Obama mengandalhon media social publikasi visi dan misi. 

Semakin Akrab Dengan Warga
Tak kenal maka tak sayang, peribahasa itu masih melekat erat bagi orang yang hendak dekat dengan masyarakat. Hal itu juga yang dilakukan St Dr Sortaman Saragih Sh MARS kepada masyarakat Simalungun sekitarnya pada khususnya baru-baru ini.
Setelah mengalami Dukacita, karena ayahnya St. B Saragih meninggal dunia Kamis 13 Juni 2013, Pukul 02.00 dini hari di Sirpang Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sortaman Saragih lalu, tidak larut dalam dukacita. Dirinya tetap tegar dan mampu bersosialisasi ditengah masyarakat Simalungun khususnya.
Baru-baru ini Sortaman Saragih melakukan acara keakraban “Mandurung Sahuta” di Desa Purba Tongah dalam acara sehari bersama Dr. Sortaman Saragih. Antusiasme warga Purba Tongah sangat tinggi karena acara serupa sudah lama terlupakan.

Kemudian Sortaman Saragih juga mengapresiasi pesta budaya “Marobu-robu” di Desa Hutasaing. Tak hanya disitu, Sortaman Saragih (Penulis Buku Orang Simalungun & Revolusi Diri) ini juga melakukan diskusi sore hari yang dilakukan Komunitas Jejak Simaloengoen di basecamp 2 (Fabo Galery) Jl Lapangan Bola Atas P Raya. 

Berbagi semangat dan kinerja untuk kemajuan Simalungun, bertukar pandangan dari banyak sisi serta melakukan sinergi berbagi potensi diri untuk Simalungun.

Selanjutnya Tokoh Muda Simalungun ini juga menghadiri Pesta Rondang Bintang (PRB) di Saribudolok serta singgah ke Raya Kahean guna menyapa secara langsung masyarakat Simalungun guna mendapatkan masukan-masukan untuk diperjuangkannya kelak di DPR RI.
Berjuang Bersama Untuk Rakyat
Hadiah Tuhan bagi saya adalah potensi saya dan hadiah saya bagi Tuhan adalah apa yang saya perbuat dengan potensi (Sortaman Yo). Satu bait kalimat yang terdapat dalam pembuka halaman buku "REVOLUSI DIRI" karya Sortaman Saragih sebagai cambuk awal bagi kita generasi muda Simalungun untuk mau memperhatikan, merawat, mengelola dan menggali potensi diri.
Letusan letusan kecerdasan dalam upaya meng-explore potensi diri tersebutlah yang akan membawa kita menuju tangga kesuksesan. Fokus dan konsisten untuk menjadi Sang Ahli.
Demikian lah diskusi sore hari yang dilakukan Komunitas Jejak Simaloengoen bersama Dr. Sortaman Saragih di basecamp 2 (Fabo Galery) Jl Lapangan Bola Atas. Berbagi semangat dan kinerja untuk kemajuan simalungun, bertukar pandangan dari banyak sisi serta melakukan sinergi berbagi potensi diri untuk simalungun.
“Sesungguhnya kesuksesan itu berada dalam genggaman setiap orang, sebab bahan sukses tersebut sudah ada dalam diri nya,”tambah penulis buku berjudul Orang Simalungun ini.
Berbagi kinerja, Komunitas Jejak Simaloengoen meminta kesediaan Bapa Dr. Sortaman Saragih menjadi salah satu narasumber dari sudut pandang Mindset Kompetitif (SDM), dalam kegiatan KJS yang akan diadakan tanggal 20 Juli 2013 lalu, di lapangan Tiga Raya, Pematang Raya, yakni "DIALOG DAN MALAM PERTUNJUKAN SENI TRADISI".
Sedangkan narasumber lain yang juga turut berpartisipasi, Guru Besar Dihar Tor Tor Elak Elak Simalungun, Bapa Sahat Damanik ( praktisi seni tradisi), juga Maruli Damanik (Direktur PT. Lovely Holidays) akan berbicara dari segi tinjauan wisata, serta Bapa Karshel Sitanggang (dalam konfirmasi) dari Pemkab Simalungun.
Selain pertunjukan, acara tersebut juga akan menggelar pemutaran Film Dokumenter Maestro Dihar, Raji Alam Sipayung (83 tahun) serta penghargaan dengan penyematan / pemberian gelar sebagai Maestro Dihar.
Dalam diskusi sore tersebut, Dr. Sortaman menyatakan diri nya siap berbagi potensi. Ia melanjutkan perbincangan, siap melangkah menuju SENAYAN 2014 dengan gagasan dasar bahwa : Tidak ada orang lain yang bisa di minta memajukan simalungun, kecuali dilakukan oleh orang Simalungun itu sendiri, Masyarakat baik dalam bentuk organisasi, komunitas, Perkumpulan Adat membutuhkan wakil untuk dapat memperjuangkan dan menyampaikan aspirasi nya, Kemajuan hanya dapat dicapai dengan "AKSI", diri nya sebagai penulis merasa tidak cukup hanya sekedar menulis tapi harus bekerja di tengah tengah masyarakat.
Demikian lah cita cita pria kelahiran Huta Bayu, seorang motivator dan pengusaha sekaligus dokter. Kini membongkar dan menggali potensi diri nya sebagai seorang legislatif di SENAYAN. “Mari bekerja bersama sama untuk Simalungun, marsiurupan pataridahkon Simalungun”.
Ajak Warga Simalungun Coblos Sortaman Saragih
Sejumlah tokoh masyarakat (tomas) Simalungun di Jambi mengajak saudara, warga Siantar-Simalungun untuk mendukung Dr Sortaman Saragih SH MARS menjadi anggota DPR RI Periode 2014-2019 mendatang. Sortaman Saragih dinilai mempu menyuarakan aspirasi masyarakat di Dapil 3 Sumut dengan slogannya “Merasakan Kesulitan Rakyat & Memahami Harapan Rakyat”.
Tokoh masyarakat Simalungun di Jambi, St Meslan Saragih SH mengatakan, sosok Sortaman Saragih layak dan pantas untuk wakil masyarakat Dapil 3 Sumut terkhusus warga Siantar-Simalungun di DPR. Selama ini sosok Sortaman Saragih sudah dikenal dan mampu mengemban amanah masyarakat pemilihnya.
Menurut Meslan Saragih, Dr Sortaman Saragih yang pernah mengadakan Seminar “Orang Simalungun” tahun 2008 lalu, sudah menunjukkan “Ahab” Simalungunnya lewat Bukunya “Orang Simalungun”. Sortaman Saragih yang dikenal sebagai Motivator Tokoh Muda Simalungun itu membawa dampak perubahan positif kelak jika dirinya duduk di DPR.
Meslan Saragih tokoh muda Simalungun asal Sarang Giting ini meminta warga Simalungun umumnya dan marga saragih Garingging khususnya untuk memberikan dukungan kepada Sortaman Saragih pada Pileg 9 April 2014 mendatang.
Hal senada juga diakui Ketua Kumpulan Purba Tambak Kota Jambi, Sy Ir Budinson Purba. Menurutnya, latar belakang pendidikan dan usaha Sortaman Saragih dirasakan sudah layak untuk mewakili masyarakat Dapil 3 Sumut di DPR. Sortaman Saragih maju jadi Caleg dengan Partai Gerindra menambah nilai plus bagi kepercayaan pemilih di Dapil 3 Sumut.
Budinson Purba asal P Raya ini juga meminta saudara dan keluarga serta warga Simalungun, khususnya marga Purba Tambak untuk memberikan pilihan kepada Sortaman Saragih pada Pemilu 9 April 2014 nantinya. Menurutnya, Sortaman Saragih lebih pantas dan layak dari Caleg lainnya untuk mewakili masyarakat Siantar-Simalungun di DPR RI.
Sementara itu, St RK Purba Pakpak, tokoh senior Simalungun di Jambi berpendapat, Sortaman Saragih sudah wajar dan pantas didukung warga Siantar-Simalungun khususnya untuk DPR RI.
Tokoh masyarakat asal Hinalang yang sukses membuka usaha perminyakan di Jambi ini juga mengajak warga Simalungun khususnya marga Purba Pakpak agar bisa menyakinkan pilihan kepada Sortaman Saragih saat Pemilu Legislatif 9 April 2014 mendatang.
St RK Purba Pakpak, Meslan Saragih dan Budinson Purba meminta agar Sortaman Saragih dalam hal mensosialisasikan diri di Dapil 3 Sumut untuk mengedepankan pemberian motivasi kepada masyarakat terkait dengan persoalan ditengah masyarakat.
Mereka juga meminta Sortaman Saragih untuk memberikan penjelasan yang mantab terkait dengan pandangan image negative oleh sebagian warga terhadap sejumlah oknum DPR karena banyak terbelit dalam kasus korupsi. 
Asenk Lee Saragih: Sortaman saragih Caleg DPR RI Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan SUMUT 3 (Kabupaten Simalungun-Karo-Kota Siantar-Kota Binjei-Kabupaten Pakpak Barat-Kabupaten Dairi-Kabupaten Langkat-Kabupaten Batubara-Kota Tanjung Balai-Kabupaten Asahan) .MOHON DOA RESTU SAHABAT FB UNTUK KELUARGA DI DAPIL TERSEBUT PADA 9 APRIL 2014. SATU MENIT DI TPS MENENTUKAN NASIB BANGSA 5 TAHUN KEDEPAN.(Asenk Lee Saragih-HP 0812 747 7587).

Biodata
Nama                           : Dr. Sortaman Saragih, SH, MARS
Tempat /tanggal lahir  : Hutabayu, 27 Oktober 1967
Alamat                                    : Jl. Pitara Raya No. 12 RT 07 / 14
Pancoranmas  Depok
Pekerjaan                     : Wiraswasta    : Pendiri “RS Citama Grup”
                                                            : Pendiri Akademi Kebidanan
Citama
                                                            : Pendiri Yayasan Logos
Indonesia
Istri                              : Drg. Risma Sitorus, MPPM
Pekerjaan                     : PNS Kementerian Kesehatan RI
Anak                           : Nia Citama Saragih
                                      Morgan Citama Saragih
                                      Vita Citama Saragih
Pendidikan                  :
                                    SD       Negri 3 Tigarunggu     Simalungun Lulus tahun 1981
                                    SMP    Negri Tigarunggu        Simalungun Lulus tahun 1984
                                    SMA   Budi Mulia                  P. Siantar Lulus tahun 1987
                                    Fakultas Kedokteran USU     Medan Lulus tahun 1995
                                    Entrepreneurship, Purdue University, AS Lulus tahun 2001
                                    Magister Manajemen RS, UI  Jakarta Lulus tahun 2004
                                    Fakultas HUkum, UTJ , Jakarta Lulus tahun 2006
Pekerjaan                     :
                                    Guru Biologi Medica              Medan 1989 – 1995
                                    Dokter Klinik Biro Pusat Statistik  Jakarta1996 – 1997
                                    Dokter Klinik Citama             Depok             1997 – 1999
                                    Puskesmas Muara Gembong   Bekasi             1997 – 1999
                                    Rumah Bersalin Citama                      Depok 2001 – sekarang
                                    Dosen Akademi Citama                      Depok 2005 – sekarang
                                    Ketua Yayasan Logos Indonesia        Depok 2006 – sekarang
                                    Ketua Yayasan Akbid Citama            Depok             2006 – sekarang
Komisaris RS Citama                          Depok             2007 – sekarang
Direktur Tamaninspirasi                      Depok             2010 – sekarang
Pengalaman Organisasi
                                    Anggota PERMIAS               AS1999 – sekarang
                                    Wakil Ketua DPC PDP          Depok2007 – 2009
                                    Anggota Majelis Gereja          Sumut  2010 – sekarang
                                    Ketua KIRA-GERINDRA    Depok 2010 – sekarang
Pembicara Seminar :
Hukum Kesehatan      : Medan, Surabaya, Solo
Pengembangan Diri     : Medan, Jakarta, Semarang, Batam,
Pematangsiantar
Penulis Buku :
            Orang Simalungun      : 2008
            Revolusi Diri               :  2011. 
 ***********
VIDEO YOUTUBE SIAP SORTAMAN SARAGIH 
OLEH JANWARDI PURBA

 
Prof DR Bungaran Saragih bersama Sortaman Saragih
VIDEO YOUTUBE
 






ALMBUM SORTAMAN SARAGIH DARI GROUP SORTAMAN SARAGIH MENUJU SENAYAN 2014 


Sambutan Hangat pada malam hari untuk St. Sortaman Saragih di Sinaman.

Sambutan Hangat pada malam hari untuk St. Sortaman Saragih di Sinaman.

Sambutan Hangat pada malam hari untuk St. Sortaman Saragih di Sinaman.



dr. Sortaman Saragih beserta dengan Bidan Citra dan Suaminya. Saudari Citra adalah salah satu siswi dari 50 orang yang disekolahkan di Akademi Kebidanan Citama Bogor.Foto-foto Janwardi Purba

Semua elemen mari mendukung Dokter Sortaman Saragih sebagi wakil kita di DPR RI Pusat.

Semua elemen mari mendukung Dokter Sortaman Saragih sebagi wakil kita di DPR RI Pusat.

Semua elemen mari mendukung Dokter Sortaman Saragih sebagi wakil kita di DPR RI Pusat.

Semua elemen mari mendukung Dokter Sortaman Saragih sebagi wakil kita di DPR RI Pusat.

 
Temu Kangen Alumni SMA Budi Mulia Pematang Siantar. Foto-foto Janwardi Purba
Temu Kangen Alumni SMA Budi Mulia Pematang Siantar.
Temu Kangen Alumni SMA Budi Mulia Pematang Siantar.    

Tidak ada komentar: