.

.
.

Tuesday, 4 March 2014

Kampoeng Radja, Investasi Pariwisata dan Edukasi

Tidak banyak yang meilirik investasi ini. Padahal, hadirmya lokasi wisata menarik adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jambi. Apalagi jika hal tersebut juga berguna sebagai wahana edukasi.

HESTI OKTAVIANI P, Jambi

Jambi adalah salah satu provinsi di negara Indonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah dari Pulau Sumatera. Jambi merupakan salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang memiliki nama ibukota yang sama dengan nama provinsinya. Selain Provinsi Bengkulu dan Gorontalo.

Jambi adalah tempat berasalnya dari bangsa Melayu yaitu dari Kerajaan Malayu yang terletak di Batanghari Jambi. Bahasa Melayu yang ada di Jambi sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "O".

Sektor pariwisata untuk daerah Jambi mulai digalakkan, hal ini dilihat dengan banyaknya acara kepariwisataan yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi. Namun tidak cukup dengan acara seperti itu saja, perlu ditambah objek-objek wisata yang dapat menarik perhatian para wisatawan, khususnya Kota Jambi, untuk berakhir pekan atau mengisi waktu liburan. Tidak dipungkiri, terkadang  masyarakat Jambi kerap bingung ketika harus memilih ingin berwisata ke mana, sehingga banyaklah yang lebih memilih ke luar kota.

Ribuan Pengunjung

Namun ada salah satu objek wisata yang menarik perhatian warga Jambi dan sekitarnya. Objek wisata Kampoeng Radja yang terletak di Jalan Lingkar barat 108 Kenali Besar Kota Jambi saat ini kian dilirik oleh masyarakat. Ini terbukti dari tingginya pengunjung yang datang untuk berwisata setiap minggunya.

Di mana setiap minggunya ribuan pengunjung selalu memadati Kampoeng Radja, baik yang datang dari dalam Kota Jambi ataupun dari luar Kota Jambi. Ini dikarenakan Kampoeng Radja memiliki 16 wahana wisata yang dapat digunakan pengunjung.

Marketing Executive Kampoeng Radja M Farisi mengatakan, saat ini Kampoeng Raja terus meningkatkan fasilitas tambahan berupa wahana bermain. Salah satunya dalam waktu dekat ini akan dibuat wahana mini jet coaster. Kemungkinan, pertengahan tahun ini wahana bermain baru tersebut sudah dapat digunakan oleh pengunjung.

Selain itu Kampoeng Radja juga rutin mengadakan kegiatan untuk meramaikan pengunjung. "Event setidaknya dilaksanakan 4 kali dalam sebulan. Biasanya dihari libur, sabtu dan minggu karena ramai pengunjung," ujarnya.

Investasi Wisata

Investasi di bidang pariwisata merupakan suatu yang sangat menarik untuk dicoba, hal ini dikarenakan tingginya animo masyarakat akan tempat refreshing. Alangkah baiknya kita dapat berlibur di kota sendiri tanpa harus ke luar kota dan menghabiskan banyak uang.

Event yang diadakan oleh Kampoeng Radja ini ada yang bersifat internal dan eksternal. Dari internal, merupakan event wisata yang memang sengaja diadakan oleh Kampoeng Radja untuk memikat pengunjung, dan itu dilaksanakan setiap minggunya.

Sedangkan event wisata yang berasal dari luar atau eksternal merupakan event yang diselenggarakan oleh pengunjung, yang bekerjasama dengan Kampoeng Radja, event ini sifatnya tidak tetap.

Wisata Edukasi
Faris menyebutkan, pada hari biasa selain hari libur atau akhir pekan, pengunjung Kampoeng Raja bisanya diramaikan oleh pengunjung wisata edukasi yang berasal dari sekolah-sekolah. Wahana yang ada di Kampoeng Radja dapat dijadikan materi untuk disampaikan kepada anak didik.

Dalam hal ini, tentunya guru pendamping dapat mengaitkan wahana yang ada dengan mata pelajaran, siswapun akan lebih mudah mengerti.

"Tanggal 6 Maret mendatang Kampoeng Radja akan mengadakan manasik haji untuk anak-anak. Diperkirakan peserta akan mencapai 1.000 orang lebih," ujarnya.

Menariknya dengan berinvestasi di bidang wisata selain kita dapat refreshing dan berwisata, kita juga dapat mengedepankan edukasi bagi anak-anak. Dalam hal ini, kita dituntut untuk kreatif agar apa yang ada dari objek wisata tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Ragam Wahana
Wahana wisata yang dimiliki oleh Kampoeng Radja yaitu kereta api, bumper boat, sepeda air, ombang-ambing, mutar-muter, sepeda layang, flying pirate, konvoi bus, outbond, extreem flying fox, buggy car, kolam renang, paintball, gokart, istana balon, dan mancing.

Dari 16 wahana yang disediakan ada 4 wahana yang memerlukan biaya tambahan saat akan bermain, yaitu paintball, gokart, istana balon, mancing. Selebihnya dapat digunakan gratis serta dapat digunakan berulang kali.

Untuk menikmati wahana yang disediakan cupup membayar tiket masuk sebesar Rp 35 ribu saat akan masuk Kampoeng Radja.

Lanjut Faris, biaya masuk Kampoeng Radja tersebut sewaktu-waktu juga ada promo sampai dengan 15 persen. Dengan demikian, pengunjung bisa saja menikmati wahana wisata dengan harga yang lebih murah lagi. Sedangkan untuk jam operational, Kampoeng Radja hanya libur di hari Selasa. Untuk hari Jumat hanya setengah hari, sampai jam 14.00 WIB. Sedangkan untuk hari lainnya sampai jam 17.00 WIB.

"Harga promo biasanya berlaku untuk wisata edukasi yang dikoordinir oleh masing-masing guru. Dengan fokus wisata seperti agro wisata, dokter cilik dan outbond," ujarnya.

Kenapa ada wisata edukasi adalah karena Kampoeng Radja ingin ambil bagian bagi masyarakat dalam hal pendidikan, wisata edukasi mengadopsi kurikulum 2013. Untuk omzetnya sendiri cenderung naik ketika akhir pekan.

“Untuk weekday bisa mencapai 100 smaapi 500 orang, sementara untuk weekend bisa 500 hingga 2000-an kunjungan. Dan itu bisa diindikasikan naik terlebih ketika libur sekolah,” ungkapnya.(*/poy)

No comments: