.

.
.

Friday, 16 August 2013

H+5 Kantor Pemerintahan di Jambi Lengang


Wagub Sidak di RSUD Raden Mattaher Jambi

Jambi , Bute Ekspres

H+5 Fitri 1434 H/2013 M sejumlah perkantoran pemerintahan di Jambi masih lengang saat jam kerja. Pegawai masuk hanya untuk mengisi absen hingga pukul 09.00 WIB, selebihnya waktu dimanfaatkan dengan kegiatan silaturahmi Idul Fitri berkunjung ke rumah-rumah sesama pegawai.

Pengamatan Bute Ekspres, Selasa (13/8/13) di sejumlah perkantoran menunjukkan, pegawai diatas pukul 09.00 lengang. Seperti tampak di Kantor Gubernur Jambi, DPRD Provinsi Jambi, Pemkot Jambi, Kantor Camat Jelutung Kota Jambi, Puskesman Paal V Kotabaru Jambi.

Disejumlah perkantoran dan pelayanan umum itu tampak lengang. Menurut pegawai yang masih tinggal di ruangan, mengatakan kalau rekannya melakukan kegiatan kunjungan Idul Fitri sesame teman sekantor.


Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap Kehadiran Pegawai Pasca Idul Fitri 1434 H/2013 M, Selasa (13/8).

Kepala BKD Provinsi Jambi, Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi, Kepala Satpol PP Provinsi Jambi, perwakilan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, turut mendampingi Wagub dalam sidak ini.

Pada kesempatan pertama, Wagub dan rombongan melakukan sidak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)Raden Mattaher Jambi. Di RSUD Raden Mattaher, Wagub meninjau loket pendaftaran, Klinik Penyakit Mata, dan Klinik Penyakit Dalam.

Selain itu, Wagub juga meninjau salah satu toilet di RSUD Raden Mattaher ini. Kepada Direktur RSUD Raden Mattaher, Ali Imron, Wagub menekankan agar job description (tugas kerja) dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Setelah dari RSUD Raden Mattaher, Wagub melakukan sidak ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Provinsi Jambi. Di RSJ, Wagub meninjau Poliklinik Jiwa Anak dan Remaja dan  Poliklinik Jiwa Dewasa.



Selanjutnya, Wagub melakukan sidak ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi. Di PU Provinsi Jambi, Wagub meninjau ruangan Kasubbag Penyusunan Program, Kasi Pengawasan Teknik, Kasi Pembinaan Teknik dan Penelitian, dan Kasi Informasi dan Penata Ruang.

Dalam sidak ke tiga instansi tersebut, Wagub berbincang-bincang dengan para pejabat yang ditemui, sembari mengingatkan untuk terus meningkatkan kinerja. Usai melakukan sidak, kepada para wartawan yang mewawancarainya, Wagub mengemukakan empat hal, yaitu, pertama, tentang kehadiran pegawai sudah cukup bagus, tinggal lagi yang perlu dibenahi adalah administrasi.

Kedua, dari sidak tersebut, banyak ditemukan tidak adanya Kartu Inventaris Ruangan (KIR) di ruangan-ruangan kerja. "Seharusnya setiap ruangan kerja memiliki KIR, yang didalamnya tercantum jumlah dan status aset, termasuk yang hibah dan non budgeter," ujar Wagub.

Ketiga, Wagub menekankan pentingnya dicantumkan job description (deskripsi kerja) seluruh pegawai di ruangan kerja masing-masing secara tertulis, sebagai pengingat fungsi kerja masing-masing pegawai.

Keempat, Wagub menegaskan implementasi pelayanan publik yang baik dan maksimal.
“Pelayanan publik yang baik harus dikedepankan, sesuai dengan Visi Jambi EMAS,”" katanya.

Sedangkan hari pertama (Senin 12/8/13) usai libur Idul Fitri 1434 H, Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar M.Hum memimpin langsung pelaksanaan upacara kedisiplinan PNS yang rutin dilaksanakan setiap Senin (12/8) bertempat di lapangan dalam kantor gubernur Jambi.

Hadir pada upacara ini Sekretaris Daerah provinsi Jambi Ir.H.Syahrasaddin,M.Si, para pejabat eselon II,III dan IV lingkup pemerintah provinsi Jambi. Dalam amanatnya Wagub menyampaikan bahwa dengan berakhirnya masa libur Idul Fitri ini diharapkan dapat terus melakukan peningkatan kinerja seluruh jajaran pemerintah provinsi Jambi dan membawa perubahan kearah yang lebih baik. srg

No comments: