Jumat, 16 Agustus 2013

Gubernur Jambi Diperhitungkan di Tingkat Nasional

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus Terima Penghargaan Mahaputra Utama dari Presiden SBY.

Terima Penghargaan Mahaputra Utama dari Presiden SBY


Jambi , Bute Ekspres

Masyarakat Provinsi Jambi kini boleh berbangga hati karena memiliki Gubernur yang diperhitungkan di tingkat nasional. Betapa tidak, Gubernur Jambi pilihan rakyat Pilkada 2010 lalu, H. Hasan Basri Agus (HBA), tahun 2013 ini menerima dua penghargaan penting secara nasional.

Awal Juli lalu (Senin, 1/7/13) Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) menerima penganugerahan tertinggi Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada di Auditorium Rumah Dinas Gubernur. Penganugerahan tersebut diberikan langsung oleh pengurus PWI Pusat yang juga dihadiri Ketua PWI Margiono, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azam, Penasehat PWI Pusat Sofyan Lubis dan Sabam Siagian.

Hasan Basri Agus (HBA) merupakan orang ke 34 yang menerima penghargaan bergengsi dari PWI tersebut dan merupakan satu diantara tiga tokoh dari Sumatera (Gubernur Riau Rusli Zainal dan Gubernur Sumsel Alex Nurdin) yang menerima penghargaan karena dinilai peduli terhadap perkembangan pers dan demokrasi. Selain itu pena emas dianugerahkan kepada tokoh yang berperan penting pada proses pembangunan.

Kemudian, Selasa (13/8/13) HBA juga menerima penghargaan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Republik Indonesia – H. Susilo Bambang Yudoyono, di Istana Negara Jakarta. Bintang Mahaputra Utama merupakan penghargaan tertinggi kepada warga sipil yang dianggap berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa di suatu bidang tertentu di luar bidang militer.

Penghargaan Bintang Mahaputera Utama merupakan penghargaan yang diberikan kepada putra-putri terbaik negeri ini yang telah berjasa sangat luar biasa diberbagai bidang yang bermanfaat bagi keutuhan, kelangsungan dan kejayaan bangsa dan Negara, serta peran yang bersangkutan dalam pembangunan khususnya di daerahnya masing – masing di berbagai bidang pembangunan.

Dua penghargaan penting tersebut menunjukkan Provinsi Jambi kini mulai diperhitungkan secara nasional. Berbagai kegiatan Nasional yang dipusatkan di Jambi juga membuktikan bahwa kepemimpinan  Hasan Basri Agus dengan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar membawa dampak yang positif secara signifikan.




Proses seleksi pemberian penghargaan dilakukan oleh Tim dari Sekretaris Militer Presiden RI Bidang Tanda Kehormatan dan berdasarkan hasil sidang Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Republik Indonesia pada tanggal 19 Juni 2013, dengan Keputusan Presiden Nomor 57/TK/Tahun 2013 Tanggal 10 Agustus 2013.

Penerima BINTANG MAHAPUTERA UTAMA sebanyak 3 (tiga) orang yaitu Drs. H. Muhammad Sani (Gubernur Kepri) - Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (Gubernur Jambi) - H. Nur Alam, SE, M.Si (Gubernur Sulawesi Tenggara).

Dalam acara ini Presiden RI juga menyerahkan 26 penghargaan kepada putra-putri terbaik bangsa yang dinilai telah berjasa memberikan pengabdian dalam bidang pembangunan, yang terbagi dengan berbagai kategori penghargaan.

BINTANG MAHAPUTERA ADIPRADANA sebanyak 11 (sebelas) orang penerima yaitu oleh Prof. Dr. M. Mahfud MD - Ir. M. Hatta Radjasa - Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi - Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro - Ir. Jero Wacik, SE - Ir. Joko Kirmanto - Prof. Dr. Ir. K.H. M. Nuh -, Drs. H. Suryadharma Ali - Dr. Mari Elka Pangestu - Alm. Hj. Rahmah El Yunusiyyah - Alm. Abdul Rahman Awad Baswedan.

BINTANG MAHAPUTERA NARARYA diterim oleh Kol. Ckm. Dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad. BINTANG JASA UTAMA sebanyak 5 (lima) orang penerima yaitu oleh Drs. Tanribali Lamo, SH -  Dr. Ir. Marzan Aziz Iskandar – Drs. H. Suyanto, MMA – Hj. Sri Surya Widati – H. Rendra Kresna.

BINTANG JASA NARARYA sebanyak 2 (dua) orang penerima yaitu oleh Dr. Marwansyah Lobo Balia M.Sc – Dr (HC) Alim Markus. BINTANG BUDAYA PARAMA DHARMA sebanyak 6 (enam) orang penerima yaitu oleh Alm. Retna Kencana Colliq Puji Arung Pancana Toa – Alm. Hamzah Al Fansuri – Alm. H. Hasan Mustafa – Alm. I Gede Manik – Alm Soewarsih Djojopoespita – Alm. Gusti Panembahan Hadiwidjoyo.

Pada acara penganugerahan ini juga dihadiri oleh Wapres RI beserta Ibu Herawati Boediono dan Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 serta Para Undangan lainnya. Dua penghargaan penting tersebut semoga menjadi motivasi bagi SKPD Provinsi Jambi untuk mengusung Visi dan Misi Gubernur-Wakil Gubernur Jambi dengan slogannya “Jambi Emas 2015”.srg

Tidak ada komentar: