Jumat, 22 Maret 2013

KPU KotaVerifikasi Berkas Empat Pasangan Calon Walikota Jambi



Jambi, BERITAKU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi akan menverifikasi berkas pendaftaran empat pasangan calon walikota Jambi hingga 25 Maret 2013. Empat pasangan calon telah mengembalikan berkas pendaftaran sejak Jumat-Senin kemarin. Jika verifikasi berkas sudah selesai akan dilakukan penarikan nomor undian pasangan.

Pasangan calon yang kali pertama menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Jambi yakni pasangan Sum Indra dan dr. Maulana (Jumat 15/3), Effendi Hatta, SE dan Drs. H Asnawi AB, MM (Sabtu 16/3), H.Syarif Fasha, ME dan Drs.H. Abdullah Sani, M.Pd.I (Minggu 17/3) dan pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Nuthalib (Senin, 18/3).

Hingga hari terakhir masa pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi pada Pilwako Jambi Tahun 2013 tanggal 18 Maret 2013 pukul 24.00 WIB, telah mendaftar empat bakal pasangan calon.

Hal tu dijelaskan Anggota KPU Kota Jambi Ferry Prayitno, Kamis (21/3/13) di ruang kerjanya kepada Bute Ekspres. “Hanya ada empat bakal pasangan calon yang menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Jambi,” ujarnya.

Meskipun berkas pendaftaran yang diserahkan bakal pasangan calon lengkap sesuai dengan persyaratan yang berlaku, namun KPU Kota Jambi akan tetap memverikasi terhadap keabsahan berkas tersebut, verifikasi di mulai 19-25 Maret.

Menurutnya, pasangan Sum Indra dan dr. Maulana didukung 5 (lima) Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dengan total Persentase Perolehan Suara Sah Parpol tersebut 46.600 Suara Sah (20,08%) dan/atau Persentase Perolehan Kursi DPRD Parpol tersebut 7 Kursi (15,56%).

Kemudian pasangan Effendi Hatta, SE dan Drs. H Asnawi AB, MM didukung dua Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yakni Partai Demokrat (22,22%) dan Partai Hanura (8,89%) dengan total Persentase Perolehan kursi 31,11%.

Selanjutnya pasangan H.Syarif Fasha, ME dan Drs.H. Abdullah Sani, M.Pd.I di dukung tujuh partai yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Barnas dan Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dg total Suara Sah Hasil Pemilu Tahun 2009 yakni 71.538 (30,83%) dan/atau 16 kursi DPRD Kota Jambi (35,56%)

Sementara pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Nuthalib didukung dua partai yakni Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan persentase perolehan kursi pada pemilihan legislatif 2009 PKS 11,11% dan PKB 4,44 % dengan total persentasi jumlah 15,56 %. “Pasangan ini telah memenuhi syarat jumlah kursi paling sedikit yakni 15%,”ujarnya.

Disebutkan, ada 18 Partai Politik Kota Jambi Hasil Pemilu Tahun 2009, yang tidak memberikan dukungan secara tertulis kepada empat bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Jambi yang telah mendaftar ke KPU Kota Jambi.

Partai tersebut yakni PPPI ,PPRN, PKPI, PKBIB/PPIB, P Kedaulatan, PPI,PNI-M,PKP,PMB,PPDI,PRN,PDS,PNBKI, P Patriot, PKDI, PKNU, P Buruh, P Merdeka total Perolehan Suara Sah ke delapan belas partai politik tersebut adalah 30.621 atau 13,20%. (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: