Rabu, 05 Juni 2013

Wagub Jambi Buka Rakernas PGIW/SAG

Penari Sekapur Sirih dari Remaja Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru Jambi. Foto IST



Bunga Papan Ucapan Rakernas PGI di Jambi dari Gereja Kristen Protestan Simalungun Tanah Kanaan Kota Jambi

Ketua Panitia  John W. Purba  SH MH  dengan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Sekum PGIW Jambi saat dijamu sarapan pagi oleh Gubernur Jambi di Rumah Dinas gubernur, Rabu 5 Juni 2013.

Ketua Umum PGI Pdt Dr Andreas Anangguru Yewangoe dengan Gubernur Jambi HBA saat dijamu sarapan pagi oleh Gubernur Jambi di Rumah Dinas gubernur, Rabu 5 Juni 2013.Foto Rosenman saragih HP 0812 747 7587



Jambi, BERITAKU

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar mengharapkan agar Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) mensinergikan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan, dan mensinkronkan tujuan dan sasaran PGI kedalam kegiatan-kegiatan nyata.

Harapan itu disampaikan H.Fachrori Umar saat pembukaan Rapat Kerja Nasional Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah dan Sinode Am Gereja-gereja (Rakernas PGIW/SAG) Tahun 2013, bertempat di Ratu Convention Center (RCC) Kota Jambi, Selasa (4/6/13).

Tema Rakernas PGIW/SAG Tahun 2013 ini adalah “Gereja-gereja Berkomitmen Mengatasi Masalah Agraria dan Sumber Daya Alam,”. Pada kesempatan itu, dilaksanakan penandatanganan MoU oleh Ketua Umum PGI Pusat Pdt Dr Andreas Anangguru Yewangoe dengan Direktur Utama PT Askes (Persero) tentang Pengembangan Jaminan Sosial.

H.Fachrori Umar menyatakan, permasalahan gereja, agraria, dan Sumber Daya Alam (SDA) jangan lagi dilihat dari satu sisi saja, tetapi harus dilihat sebagai akumulasi yang komprehensif.

“Oleh karenanya, melalui kesempatan yang berbahagia ini, mari kita berbagi tugas dan berbagi beban dalam menanggulangi masalah gereja, lingkungan, agraria, dan sumber daya alam,” ujarnya.

“Saya yakin, gereja-gereja di tanah air kita, telah serius dalam menanggapi isu strategis tersebut, yang merupakan persoalan ciptaan Tuhan. Saya berharap, gereja-gereja memahami gerakan oikumene bukan sekedar kesatuan gereja, akan tetapi merupakan gerakan terus-menerus, yang mengusahakan agar bumi ini sebagai oikos yang layak untuk didiami,” katanya.

H.Fachrori Umar juga berharap agar Rakernas tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk merancang dan merencanakan serta menentukan program dan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh gereja serara sendiri-sendiri serta program dan kegiatan yang dapat
dikerjasamakan antara gereja dan antar agama lainnya.

“Kita harapkan supaya para pimpinan gereja terus meningkatkan kerjasama dan membina silaturrahmi, baik antar gereja maupun antar pengurus rumah ibadah agama lainnya,”katanya.
Ketua Umum PGI Pusat, Pdt Dr Andreas Anangguru Yewangoe mengungkapkan, gereja juga ikut bertanggung jawab dalam pengelaan SDA. Yewangoe menyatakan, tidak bisa dielakkan lagi, salah satu permasalahan global yang sangat serius adalah perubahan iklim
karena kerusakan hutan.

Pdt Dr Andreas Anangguru Yewangoe  menghimbau gereja untuk berperan dalam mengatasi permasalahan tersebut. “Tuhan menganugerahkan alam semesta kepada manusia sembari mengatakan bahwa alam semesta harus dikelola dengan baik.             Contoh tindakan paling sederhana untuk membantu mengatasi kerusakan lingkungan tersebut adalah menanam pohon dan tidak membuang sampah secara serampangan,” tutur Yewangoe.

Yewangoe mengemukakan bahwa negara tidak absen dalam permasalahan gereja, tetapi harus hadir untuk mengayomi masyarakatnya. Pdt Dr Andreas Anangguru Yewangoe juga menegasklan bahwa Pancasila harus dipegang teguh dalam kehidupan bernegara.

Direktur Utama PT Askes (Persero), Dr.dr.Fahmi Idris,M.Kes, dalam sambutannya menjelaskan kaitan kehadiran PT Askes dalam Rakernas PGIW/SAG Tahun 2013 ini adalah dalam rangka pengembangan sistem jaminan sosial.

Fahmi Idris mengungkapkan, 100 juta lebih penduduk Indonesia belum mempunyai jaminan sosial, dan disinilah peran Askes untuk mensosialisasikan sistem jaminan sosial tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas PGIW/SAG tahun 2013, John W. Purba, SH,MH, dalam sambutannya menyampaikan, Rakernas ini diselenggarakan tanggal 4 sampai 7 Juni 2013.

John W. Purba mengapresiasi prestasi yang diraih Jambi, peringkat keempat dalam tata kelola pemerintahan serta Predikat WTP Laporan Pertanggungjawaban APBD 2012.

John. W. purba mengucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi atas dukungan dana untuk Rakernas PGIW/SAG Tahun 2013. Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan Kapolda Jambi, perwakilan Danrem 042/Garuda Putih, perwakilan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.Asenk Lee Saragih


Tidak ada komentar: