Selasa, 12 Februari 2013

Gubernur Jambi Dorong Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

Gubernur Jambi Cicip Produk makanan hasil  Sentra Sapi Perah Kelompok Tani Bina Maju Sejahtera (BMS), Jalan Mandiri Desa Kasang Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.foto-foto Rosenman Saragih Manihuruk

Gubernur Jambi HBA Peras Susu Sapi.

Gubernur Jambi HBA meninjau tambak ikan patin di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu

Gubernur Jambi Tinjau Sentra Sapi Perah Kelompok Tani Bina Maju Sejahtera

Gubernur Jambi HBA meninjau tambak ikan patin di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu

Gubernur Jambi HBA meninjau tambak ikan patin di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu

Pembuatan Abon Ikan Patin Oleh Kelompok Wanita Tani

Pembuatan Abon Ikan Patin Oleh Kelompok Wanita Tani


Jambi, Simantab

Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) terus berupaya mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan. Selain hal itu kerap dikemukakan oleh gubernur dalam berbagai kesempatan, gubernur juga sering meninjau usaha ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan. 
Kali ini, Gubernur Jambi beserta sejumlah kepala SKPD melakukan peninjauan terhadap usaha ekonomi kerakyatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan, yakni sektor peternakan dan perikanan, Sabtu (9/2).

Gubernur dan rombongan meninjau Sentra Sapi Perah Kelompok Tani Bina Maju Sejahtera (BMS), Jalan Mandiri Desa Kasang Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, dibawah binaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut, gubernur meninjau kandang sapi perah dan berbincang langsung dengan peternak sapi tersebut tentang pemeliharaan sapi dan pengembangan usaha perternakan sapi tersebut. 
Bahkan, gubernur ikut memeras susu sapi perah tersebut serta melihat anak sapi yang baru lahir.  Setelah itu, gubernur meninjau pakan ternak sapi. Selanjutnya, gubernur meninjau pengolahan susu sapi dan makanan yang komposisi utamanya susu sapi di rumah salah satu masyarakat setempat, yang kemudian dilanjutkan dengan minum dan  makan bersama produk olahan dari susu sapi, bertempat di musholla yang berdekatan dengan rumah tempat pengolahan susu sapi tersebut. 
Selain susu (sapi) segar, ada berbagai varian makanan yang diolah dengan susu sapi sebagai bahan utama, seperti keripik susu sapi, nasi susu sapi, daging ayam susu sapi, agar-agar susu sapi, dan lain-lain dengan nama produk “Coca Mild Fress”.

Usai meninjau peternakan sapi dan pengolahan susu sapi, gubernur meninjau kolam ikan, pemancingan ikan, dan kawasan budidaya perikanan di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

Selanjutnya, Gubernur Jambi meninjau Unit Pengolahan Ikan Patin Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Baru, Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, yang menghasilkan abon ikan patin dan kerupuk patin.

Di kedua tempat (kolam/pemancingan ikan dan pengolahan ikan patin) tersebut, gubernur juga berbincang-bincang tentang cara-cara pengelolaan usaha dan potensi pengembangan usaha di masa mendatang.

Usai meninjau usaha peternakan sapi dan pengolahan susu sapi, kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur menyatakan bahwa usaha yang dilakukan oleh peternak sapi tersebut sangat bagus. 
“Kita telah melihat mulai dari proses bagaimana mereka memelihara sapi, kemudian banyak anak sapi yang sudah dihasilkan (dari indukan benih), dilanjutkan dengan pemerasan susu, satu ekor sampai delapan liter, maksimal sepuluh liter per hari, per hari dua kali diperah, pagi dan sore, dilanjutkan dengan pengolahan susu sapi, menjadi mempunyai nilai tambah,”kata HBA.

Disebutkan, added value cukup lumayan, tadi dijadikan minuman susu, dikembangkan lagi menjadi kue-kue, dan sampai pada ayam goreng pakai susu. Itu luar biasa. Oleh sebab itu, ini harus kita kembangkan, harus kita perhatikan, apalagi di sini dikaitkan dengan adanya pesantren dan mesjid harus kita bantu nanti ke depan, jelas HBA.

Selain itu, HBA mengucapkan terimakasih kepada Ali Mahmudi (ketua kelompok tani peternak) atas kreativitasnya. “Kita harapkan, masyarakat kita ke depan, bukan hanya Pak Ali, masyarakat sekitar juga merasakan dampak multiplier effect dengan adanya kegiatan ini,” ujar gubernur.

“Infrastrtuktur ke sini juga harus kita bantu dan meminta kepada Bupati (Muaro Jambi) untuk memperhatikan ini ke depan,” sebut HBA.

Sementara menurut Ali Mahmudi, pihaknya meminta agar infrastruktur ke desa mereka dibangun dengan baik, sehingga akses pemasaran produk mereka ke Kota Jambi dan kota lainnya lancer. Ali Mahmudi juga meminta bantua pendanaan dengan suku bungan yang rendah.

Gubernur menyatakan, dirinya juga berniat menjadikan kelompok petani ternak sapi tersebut menjadi percontohan sentra sapi kedepan. “Ini dibawah binaan Dinas Peternakan Provinsi Jambi dan Dinas Peternakan Kabupaten Muaro Jambi, dan yang tidak kalan pentingnya Universitas Jambi (Unja). Dari pihak Unja juga ikut membantu untuk melakukan pembinaan. Usaha ini kita syukuri. Saya mengucapkan terimakasih atas kreativitas Ali Mahmudi dan teman-temannya dalam kelompok tani serta berharap agar kreativitas tersebut ditingkatkan terus,” tutur HBA.

Turut mendampingi gubernur pada kesempatan tersebut, Asisten II (Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial) Sekda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jambi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi, perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, perwakilan dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Kepala Biro Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Provinsi Jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU Provinsi Jambi), Kabid Bina Marga Dinas PU Provinsi Jambi, Dirut PT Jambi Indoguna Internasional (JII). Rosenman saragih

Tidak ada komentar: