Jumat, 08 Februari 2013

BPBD Provinsi Jambi Juara Nasional Tanggab Bencana Alam

Juara Nasional: Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) melakukan foto bersama dengan BPBD Provinsi Jambi usai menyerahkan piala dan piagam penghargaan Juara Nasional BPBD Provinsi Jambi di tingkat Nasional, di Rumah Dinas Gubernur jambi, Kamis (7/2/13). Foto rosenman saragih

Jambi, Simantab

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi meraih juara III nasional BPBD tingkat provinsi se Indonesia tahun 2012. Atas keberhasilan tersebut, Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) memberikan ucapan selamat secara langsung kepada Kepala BPBD Provinsi Jambi, M.Zubaidi dan jajarannya, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (7/2/13) siang.

Pada kesempatan tersebut, BPBD Provinsi Jambi membawa piala dan sertifikat yang ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Muarif.

Gubernur Jambi HBA mengucapkan terimakasih atas keberhasilan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ini di tingkat nasional. Di sini, ada tiga piala dan dua sertifikat yang dibawa pulang. Ini tidak terlepas dari peran instansi BPBD sendiri dalam mengkoordinasikan tugas-tugas penanggulangan bencana.

“Ini merupakan penilaian dalam satu tahun dan keberhasilan ini mengulangi keberhasilan sebelumnya, yang tahun lalu juga pernah kita capai. Khusus di tingkat kabupaten se Indonesia, Kabupaten Bungo berhasil menggondol piala, nomor satu se Indonesia. Untuk itu, kita ucapkan juga selamat,”katanya.

Gubernur Jambi menekankan, bencana bisa saja terjadi kapan saja, namun yang paling penting adalah kesiapan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penanggulangan kemungkinan bencana yang akan terjadi.

“Oleh sebab itu, dari pihak instansi BPBD sendiri, selalu adakan pelatihan, selalu adakan uji coba dalam rangka penanggulangan bencana, terutama koordinasi dengan instansi terkait. Saya ucapkan selamat, mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan untuk masa yang akan dating,”ujarnya.

Kepala BPBD Provinsi Jambi, M.Zubaidi, menyatakan bahwa capaian ini tidak lepas dari kerja sama dengan instansi terkait, seperti dengan Dinas Kesehatan, TNI, Polri, dan instansi lainnya.

M.Zubaidi mengatakan, ada enam kategori yang dinilai, yakni rekonstruksi dan Rehabilitasi Penanggulangan bencana, kesiapsiagaan dan Kewaspadaan, peralatan dan Logistik Penanggulangan Bencana, perencanaan dan keuangan, akuntabilitas dan kelembagaan. BPBD Provinsi Jambi meraih prestasi pada kategori no pertama hingga kategori ketiga. Rosenman saragih


Tidak ada komentar: