.

.
.

Rabu, 18 Juli 2012

Dishub Jambi Sediakan Armada 1.100 Bus Untuk Lebaran

 (Kiri kekanan) Kadishub Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM, Sekda Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin, Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Nasri Wiharto SIK pada rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Grend, Selasa (17/7/12) pagi. Foto batakpos/rosenman manihuruk
Kadishub Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM saat diwawancara wartawan usai rapat  Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Grend, Selasa (17/7/12) pagi. Foto batakpos/rosenman manihuruk
 
Jambi, BATAKPOS

Dinas Perhubungan Provinsi (Dishub) Provinsi Jambi menyediakan 1.100 armada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dalam menyambut mudik hari Raya Idul Fitri  1422 H (2012). Jumlah penumpang mudik diperkirakan kurang lebih 25 ribu jiwa.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM kepada wartawan usai pembukaan rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Grend, Selasa (17/7/12) pagi. Rapat tersebut dibuka Sekda Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin dan diikuti instansi terkait lainnya.

Ir Bernhard Panjaitan mengatakan, pihaknya bersama pihak kepolisian juga melakukan pengecekan langsung kelayakan armada mudik lebaran tersebut. Pihaknya menemukan banyaknya armada AKAP jurusan Jambi-Sumatera Utara yang armadanya kurang laik jalan.

Seperti Bus PT Indah Transport (INTRA) jurusan Siantar-Jambi (PP). Kemudian Bus PT RAPI kelas ekonomi juga ada ditemukan kelengkapan bus yang kurang seperti pemakaian roda bus yang tidak standard an lampu jalan yang kurang memadai.

 “Kita meminta pemilik armada untuk melengkapi armada tersebut sehingga laik jalan saat mudik lebaran. Keselamatan penumpang dan ketepatan waktu tempuh harus menjadi prioritas. Sementara untuk kenaikan tarif ongkos hingga kini belum ada,”katanya.

 Menurut Bernhard Panjaitan, angkutan laut dan udara juga kini telah siap jelang lebaran. Angkutan laut seperti tujuan Kualatungkal-Batam-Kepri dan Riau juga telah tersedia kapal penumpang yang memadai.

Sekda Sekda Provinsi Jambi Ir. Syahrasaddin meminta pengusah armada bus di Provinsi Jambi untuk memberikan pelayanan yang prima terhadap penumpang selama diperjalanan mudik. Kenyamanan penumpang juga harus menjadi prioritas utama selama perjalanan.

“Kita juga meminta Dishub dan instansi terkait untuk melakukan pengecekan kalayakan armada AKDP dan AKAP di Provinsi Jambi. Karena sudah banyak keluhan penumpang soal kenyamanan armada khususnya bus jurusan Sumatera Utara,”katanya.  R

Tidak ada komentar: