Sabtu, 03 Mei 2008

Aktivis Minta Dewan Konsisten Membela Kepentingan Rakyat

Jambi, Batak Pos

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Jambi meminta agar wakil rakyat yang duduk di DPRD Provinsi Jambi untuk membela kepentingan rakyat. Sudah saatnya para wakil rakyat harus menunjukan sikapnya yang konsisten untuk membela kepentingan rakyat dan menjauhkan diri dari keinginan yang ujung-ujungnya duit (UUD).

Demikian dikemukakan Direktur eksekutif LSM NP SAND, Dony Pasaribu. Menurutnya, jangan mengkritik kebijakan pemerintah dan setelah itu lantas wakil rakyat saling berangkulan dan bersikap berlebihan pula terhadap pejabat yang selama ini dikritik.

"Kalau itu yang dilakukan wakil rakyat, sudah barang tentu hati rakyat seperti tersayat sembilu. Dewan harus konsisten dan tetap komit untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat,"katanya.

Penegasan Dony Pasaribu itu terkait sikap Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Soewarno Soerinta yang begitu hangat menyambut Gubernur Jambi Drs H Zulkifli Nurdin MBA, seusai Gubernur Jambi membacakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2007 pada sidang paripurna di gedung DPRD Provinsi Jambi beberapa hari lalu.

Kata Dony, tak semestinya dedengkot PDI-Perjuangan Provinsi Jambi itu bersikap berlebih dengan mempertontonkan sikapnya kepada rakyat yang dimuat oleh media lokal. Apalagi, kalau selama ini Soewarno Soerinta itu selalu bersuara vokal dalam mengkritik kebijakan pembangunan yang dilakukan Gubernur Jambi tersebut.

Disebutkan, kalau dilihat apa yang dilakukan Soewarno Soerinta di gedung DPRD Provinsi Jambi usai Zulkifli Nurdin membacakan LKPj nya, akhirnya jangan salah rakyat yang menilai sikap itu sebuah cermin tidak konsistennya Soewarno Soerinta membela kepentingan rakyat selama ini.
" Kalau masih duit menjadi alat tukar yang paling sah, dak usahlah bercerita membela kepentingan rakyat, demikian dikatakannya,"katanya.

Menanggapi hal tersebut diatas, Soewarno Soerinta mengatakan, dirinya tetap komit membela kepentingan rakyat. "Sikap saya berangkulan itu adalah hal biasa sebagai manusia. Secara pribadi saya akur dengan Zulkifli Nurdin. Namun dari sisi program, saya akan terus mengawasi program yang melenceng dari kepentingan rakyat. Biarlah rakyat yang menilai,"katanya. ruk

Tidak ada komentar: