Selasa, 24 Mei 2011

Jambi Bangun Jalan Khusus Angkutan Batubara

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi optimis pembangunan pelabuhan batubara di Desa Taman Raja, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) bisa mengatasi kesulitan transportasi angkutan batubara di Jambi. Pembangunan jalan jalur khusus ke pelabuhan tersebut merupakan langkah yang positif.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi Drs H Hasan Basri Agus kepada BATAKPOS, Senin (23/5). Menurutnya, usai meninjau infrastruktur jalur pengiriman batubara di pelabuhan batubara di Taman Raja di Desa Taman Raja, Sabtu lalu, jalur infrastruktur dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan jalan Simpang Niam, Kabupaten Tebo melalui jalan Simpang Lubuk Kambing sangat tepat.

Disebutkan, nantinya kendaraan batubara dari Bungo dan Tebo tidak boleh lagi lewat Jambi, tetapi harus melewati stock file yang telah dibangun tersebut. Pihaknya mengharapkan penggunaan stock file yang disediakan pemerintah daerah, dan rencana ini akan cepat dilakukan karena sudah ada pihak yang ingin bekerjasama dan sudah menyiapkan lokasinya.

“Selama ini asosiasi batubara telah membantu memperbaiki jalan di Lingkar Selatan. Oleh sebab itu secepatnya saya dan bupati serta ketua dan angota DPRD turun kesini melihat pelaksanaannya. Karena semakin lama menggunakan jalan umum arah ke Jambi semakin rusak padahal kita dalam waktu singkat akan memperbaiki jalan itu,”katanya.

Menurut HBA, jika jalan diperbaiki sekarang tanpa ada pemecahan, masalah jalur khusus transportasi akan tetap merusak jalan Kalau itu masih digunakan percuma jika diperbaiki, dan saya akan memanggil asosiasi batubara untuk mencari penyelesaiannya.

Gubernur juga menjelaskan bahwa lokasi pelabuhan ini memiliki potensi yang cukup baik dan dapat memuat lima ribu sampai delapan ribu ton itu sudah cukup luar biasa dan gubernur juga menjelaskan bahwa tempat ini sejak jaman Belanda telah dikenal sebagai Pelabuhan Dagang.

“PT Integra telah menggunakan jalur sungai untuk mengangkut hasil produksi mereka yang berasal dari Merlung, yang jelas nantinya mungkin akan dibangun beberapa stock file yaitu di Mandiangin, Muaro Tembesi,”katanya.

Disebutkan, port local yang disediakan nanti di Sabak, dan pelabuhan ini memungkinkan dipakai mengangkut CPO, dan saya yakin bahwa ke depan sistem bagi hasil dan royalty akan dapat semakin diawasi dan memberikan kontribusi bagi pemerintah. ruk

Tidak ada komentar: