TOKO PANCING DI JAMBI

TOKO PANCING DI JAMBI
TOKO BUANA FISHING & BUANA PANCING DI JAMBI. KLIK BENNER UNTUK INFO SELENGKAPNYA. KONTAK Yudi HP 085266609191

Monday, 9 November 2015

PJ. GUBERNUR: KANAL BLOK MENGUNTUNGKAN MASYARAKAT, MENGUNTUNGKAN PERUSAHAAN


Kec. Dendang, Kab. Tanjabtim (Humas Pemprov Jambi), Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Dr. Ir.H.Irman,M.Si menyatakan bahwa dengan adanya kanal blok akan menguntungkan bagi masyarakat dan juga menguntungkan bagi perusahaan. Hal tersebut dikatakan oleh Irman dalam Peresmian Kanal Blok HLG Londrang PT Agro Tumbuh Gemilang Abadi (ATGA), Desa Rantau Indah, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sabtu (7/11) siang.

Irman menjelaskan alasan melakukan pembuatan kanal blok, yakni untuk melindungi masyarakat dari pencemaran udara apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan, seperti yang terjadi selama sekitar dua bulan belakangan.

Irman mengatakan, pembuatan kanal blok di lahan gambut merupakan perintah Presiden RI saat masa penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di beberapa daerah yang mengakibatkan kabut asap yang sangat pekat.

"Kanal blok ini tidak sekedar menghindari meluasnya kebakaran lahan dan hutan, tetapi juga untuk melindungi masyarakat," ujar Irman.

Irman mengemukakan, keberadaan kanal blok sangat penting untuk menjaga agar lahan gambut tetap basah, dan supaya kebakaran tidak meluas, jika terjadi kebakaran lahan gambut.

Dikatakan oleh Irman, dengan adanya kanal blok, setidaknya bisa mencegah meluasnya kebakaran lahan dan hutan dan selanjutnya melindungi masyarakat dari pencemaran udara karena kebakaran lahan dan hutan, yang mengakibatkan banyaknya masyarakat yang mengidap ISPA.

Irman menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan,b dan apabila melihat titik api kebakaran lahan dan hutan agar segera melaporkan ke pihak berwajib.

Masih berkaitan dengan penanganan kebakaran lahan dan hutan, Irman mengemukakan bahwa doa juga sangat penting. Dirinya menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi bersama Forkopimda Provinsi Jambi dan meminta semua kabupaten/kota untuk melakukan Sholat Istisqo, dan pada tanggal 21 Oktober 2015 telah dilakukan sholat istisqo.

Selain itu, berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang, Irman menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak, baik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Kanal Blok HLG Londrang dan Pematang Raman oleh Pj.Gubernur Jambi didampingi oleh Kapolda Jambi dan Danrem 042/Garuda Putih serta Bupati Tanjung Jabung Timur dengan pihak PT ATGA, dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon Jelutung, bibit padi, bibit pinang, dan bibit jagung kepada masyarakat setempat.

Setelah itu, Pj.Gubernur Jambi melakukan pengguntingan pita sebagai pertanda diresmikannya Kanal Blok Londrang.

Pada kesempatan tersebut, Pj.Gubernur, Kapolda, Danrem, Bupati Tanjung Jabung Timur, beserta pejabat lainnya melakukan penanaman pohon pinang di tepi kanal blok Londrang secara simbolis.

Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Ambo Tang, dalam sambutannya mengatakan, dari luas Kabupaten Tanjung Jabung Timur 5.445 Km2, 37,4% merupakan kawasan hutan produksi.

Ambo Tang menyatakan, guna menanggulangi kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur menyediakan 2 rumah singgah, yakni rumah singgah di Simpang Parit Culum 1 dan di Rantau Karya.

Ambo Tang mengatakan, upaya yang dilakukan oleh PT ATGA merupakan bentuk kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi masyarakat saat kabut asap, serta upaya melestarikan lingkungan.

"Kedepan, seluruh perusahaan perkebunan di lahan gambut harus membuat kanal blok," tegas Ambo Tang.

Ambo Tang mengemukakan, tahun ini, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur akan membentuk satuan masyarakat peduli api, dan jika memungkinkan akan dibiayai dari ADD Desa.

Ambo Tang mengungkapkan, ada 3 kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang sangat rawan kebakaran lahan dan hutan, yaitu Kecamatan Berbak, Kecamatan Dendang, dan Kecamatan Menara, berbatasan dengan Tanjung Jabung Barat dan Muaro Jambi.

Ambo Tang memerintahkan Dinas Kehutanan untuk selalu siaga, terutama untuk sekitar dua minggu kedepan, karena potensi kebakaran lahan dan hutan masih cukup tinggi.

Mewakili Pimpinan PT ATGA, Manager PT ATGA, Des Pulungan , dalam laporannya menyampaikan, di masa El Nino belakangan ini banyak terjadi kebakaran lahan dan hutan, dan PT ATGA kewalahan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di areal PT ATGA.

Des Pulungan mengungkapkan, berdasarkan arahan pemerintah supaya perusahaan yang lahannya di lahan gambut supaya membuat kanal blok, maka PT ATGA membuat kanal blok Londrang, yang diharapkan bisa mengantisipasi agar tahun depan tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan serta diharapkan pula agar aliran air yang mengaliri kanal blok bisa melindungi hutan lindung Londrang.

Sebelum peresmian Kanal Blok Londrang, Pj.Gubernur Jambi beserta Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, dan Bupati Tanjung Jabung Timur melakukan pemberian susu secara simbolis kepada murid-murid SD Negeri No.95/X di lapangan sekolah SD Negeri No.95/X Desa Rantau Indah, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan yang bertajuk Ajak Anak Balita Minum Susu tersebut diselenggarakan oleh Kodim 0419/Tanjung Jabung, dengan tema "Anak Merupakan Generasi Masa Depan yang Harus Kita Siapkan Kesehatannya Sedini Mungkin." (Mustar Hutapea)

No comments: