.

.
.

Thursday, 2 July 2015

Kebutuhan Uang Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H Mencapai Rp 2 Triliun


.Mobil Kas Keliling Penukaran Uang Pecahan Kecil.

Jambi, MR-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H/2015 M sebesar Rp2 triliun atau meningkat 10% dari realisasi outflow periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,8 triliun. Dalam mengantisipasi kebutuhan tersebut, Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi menyiapkan uang tunai hingga sebesar Rp2,6 triliun. Persediaan uang ini dinilai sangat mencukupi kebutuhan masyarakat di bulan suci Ramadhan 1436H, baik dari sisi jumlah maupun dari sisi denominasi.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi , Vielloeshant Carlusa, kepada wartawan  Senin (22/6/2015). Menurutnya, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan uang masyarakat menjelang Idul Fitri 1436 H / 2015 M, Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi telah mempersiapkan kecukupan uang tunai.


“Hal itu dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di kota Jambi maupun luar kota Jambi. Sebagaimana halnya siklus tahunan, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai untuk memenuhi transaksi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi tidak ada layanan penukaran uang di Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi. Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi melakukan pelayanan penukaran uang pecahan kecil melalui mobil kas keliling di 5 (lima) lokasi dalam kota dan 3 (tiga) lokasi luar Kota Jambi.

Jadwal penukaran uang di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat 15-17 Juni 2015, Kerinci 22-26 Juni, Kampung Laut, Tanjabtim 6-8 Juli 2015. Sementara untuk dalam kota yakni Pasar Angso Duo Kota Jambi 9 Juli 2015, Pasar Talang Banjar 10 Juli, Polda Jambi 13 Juli, Kantor Walikota 14 Juli, Kantor Gubernur Jambi 15 Juli 2015.

Menurut V Carlusa, sementara untuk lebih mengoptimalkan dan mempermudah penukaran uang kepada masyarakat, Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi telah bekerjasama dengan7 (tujuh) bank umum di Kota Jambi untuk melayani penukaran uang kepada masyarakat tanpa dipungut biaya setiap hari kerja mulai pukul 09.00 s/d 12.00 WIB dari tanggal 2 Juli 2015 s/d 15 Juli 2015.

Bank umum itu yakni Bank Mandiri Sipin, Bank BNI Thehok, Bank BRI Jalan Sutomo, Bank Jambi Telanaipura, Bank BTN Selincah, Bank BCA Nusa Indah dan Bank Bukopin Terminal Rawasari Pasar Jambi.

“BI Provinsi Jambi juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang Rupiah di loket resmi yang telah ditetapkan agar terhindar dari uang palsu, pemotongan atau pengenaan biaya dalam penukaran, berhati-hati dalam melakukan transaksi tunai, teliti uang Rupiah yang anda terima dengan teknik 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang). Hati-hati dalam membawa uang tunai yang cukup besar guna menghindari perampokan, pencurian. Dalam menghindari risiko membawa uang tunai dalam jumlah besar, dihimbau untuk meningkatkan penggunaan APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu),” ujar V Carlusa. (Lee)

No comments: