.

.
.

Monday, 2 February 2015

Reses Komisi X DPR Jangan Seremoni Belaka

CENDERAMATA: Ketua Tim Komisi X DPR RI, Tengku Rifki Harsya, MT saat memberikan cenderamata kepada Gubernur Jambi Hasan Basri Agus. ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI

Jambi Berharap Usulan Diakomodir

Reses Anggota Komisi X DPR RI ke Jambi selama beberapa hari diharapkan jangan seremoni belaka. Reses tersebut diharapkan untuk menyerap aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di tingkat pusat. Gubernur Jambi, H Hasan Basri Agus (HBA) berharap agar Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengakomodir usulan-usulan Provinsi Jambi. 

Kunjungan Komisi X DPR RI yang membidangi sektor pendidikan, diharapkan bisa membantu Provinsi Jambi khususnya dalam peningkatan pendidikan.

Hal tersebut dikemukakan HBA dalam pertemuan dengan Komisi X DPR RI, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis lalu. Dua orang anggota DPR RI Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (Partai Gerindra) dan Elviana (P3) ikut dalam pertemuan ini. 


Ketua Komisi X DPR RI, Tengku Rifki Harsya, MT, dan Wakil Ketua Komisi X, Edy Baskoro Yudhoyono (Ibas) juga ikut dalam pertemuan tersebut. Selain membahas pembangunan sektor pendidikan, agenda utama kunjungan kerja Komisi X DPR RI ini adalah untuk meninjau persiapan pelaksanaan Ujian nasional (UN) tahun 2015.

“Saya berterimakasih sekali atas kunjungan Komisi X, apalagi dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Komisinya, dan banyak anggota-anggota Dewan yang cukup kreatif saya lihat yang hadir pada pertemuan hari ini. Mudah-mudahan usulan-usulan yang kita sampaikan nanti bisa terakomodir,” ujar gubernur.

Gubernur menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan, 72,74 pada tahun 2010 menjadi 74,35  pada tahun 2013.

“Pemerintah Provinsi Jambi telah mengalokasikan beasiswa pendidikan untuk masyarakat umum sejak tahun 2011. Sampai dengan tahun 2014 telah disalurkan beasiswa untuk  Strata-3 : 430 orang, Strata-2 :  2.045 orang, dan Strata-1 :  6.465 orang. 

Disamping itu masih ada beasiswa Strata 1, 2 dan 3 untuk aparatur sebanyak 7 orang untuk S3, 10 orang untuk S2 dan 1 orang untuk S1. Sehingga sampai tahun 2014 telah disalurkan Beasiswa di luar Beasiswa SAMISAKE sebesar102,42 Milyar. Selain itu, untuk beasiswa Samisake, realisasi s.d Des 2014 :  44.539 Ssiswa, dengan total anggaran : Rp43 Milyar.

Ketua Tim Komisi X DPR RI, Tengku Rifki Harsya, MT, dalam sambutannya menyatakan, tujuan kunjungan kerja Komisi X DPR RI dan rombongan ke Provinsi Jambi adalah untuk meninjau persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun 2015 sebagai bahan untuk mengambil kebijakan.

Tengku Rifki mengatakan, pada tanggal 27 Januari 2015 yang lalu, dalam pertemuan Komisi X DPR RI dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah diputuskan bahwa UN akan dilakukan sebagai pemetaan mutu program, dengan kata lain UN bukan untuk menentukan kelulusan, karena penentuan kelulusan akan dilakukan oleh pihak sekolah. (lee)

No comments: