Selasa, 24 Februari 2015

Inilah Keluhan Petani Ikan Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu Kepada HBA



Gubernur Jambi HBA Didampingi Kadis PU Provinsi Jambi PB Panjaitan Blusukan ke Desa Kota Karang Kumpeh Ulu Muarojambi Selasa 24 Feb 2015. FT Rosenman Manihuruk
MUAROJAMBI-Petani ikan di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi menyampaikan keluhannya kepada Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) saat blusukan ke desa itu, Selasa (24/2/2015). HBA secara terbuka menerima keluhan petani ikan itu dengan lapang dada. 

HBA didampingi Kadis PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Mengenai adanya keluhan yang dihadapi petani ikan, untuk itu akan segera beroperasi pabrik pakan ikan di Desa Tangkit Baru.

“Dengan adanya pabrik pakan akan meningkatkan kesejahteraan petani dan harga pakan dapat ditekan," ujar HBA.

Dikatakan, semua bahan baku cukup tersedia, sehingga biaya produksi juga dapat ditekan. Pabrik pakan ikan itu kata HBA menggunakan bahan baku ikan bungkil, kelapa dan dedak. “Semua bahan baku cukup tersedia, saya yakin harga lebih murah dari harga pakan komersial yang dijual pada umumnya," katanya.

Dijelaskan, selanjutnya dengan dibangunnya jalan produksi sepanjang 1.500 meter melalui bantuan pengusaha maka akses petani dapat ditingkatkan. Saat ini kendaraan roda empat sudah bisa sampai ke kolam, sebelumnya petani mengeluhkan sulitnya mengangkut ikan dari kolam. 


“Pembangunan jalan produksi bukan menggunakan dana APBD  tapi bantuan dari teman-teman. Karena kewenangan membangun jalan produksi adalah kewajiban Pemerintah Kabupaten Muarojambi. Namun Pemkab Muarojambi juga tidak memiliki anggaran untuk itu,” katanya.

HBA berharap jalan produksi yang telah dibangun dapat dipelihara dengan baik. Sehingga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejehteraan petani ikan. Selanjutnya mengenai beberapa permintaan petani seperti bantuan mobil penyedot lumpur saat ini masih dalam proses. 

Sementara itu, Kepala Desa Kota Karang Kecamatan Kupeh Ulu Kabupaten Muarojambi Husaini mengucapkan terima kasih dengan dibangunnya jalan produksi. Selama ini petani ikan kesulitan dalam mengangkut hasil ikan dari kolam.

“Adanya jalan produksi ini sangat bermanfaat bagi petani. Dulu sebelum dibangun untuk mengangkut ikan harus di dorong. Tapi kini kendaraan roda empat sudah bisa sampai di kolam, sehingga dapat mengurangi biaya produksi," ungkap Husaini.

Namun demikian menurut Husaini saat ini produksi ikan berlimpah. Sehingga harga ikan ditingkat petani menurun. Karena sulit memasarkan ikan patin yang hanya dipasarkan ke Pasar Angso Duo.
Kehadiran HBA itu guna memenuhi undangan petani ikan budidaya di Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarajambi. 

“Berangsur-angsur sudah kita penuhi, khusus jalan bapak-bapak lihat, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi sudah mulai bekerja melakukan pengerasan jalan. Dan patut bapak-bapak syukuri, jalan-jalan ini dibangun melalui swadaya, bukan melalui APBD Provinsi," ujar HBA.

Tidak hanya masalah jalan, HBA juga menerangkan, untuk mesin penyedot lumpur yang tahun 2014 lalu di janjikannya, tahun 2015 ini sudah di anggarkan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi.

“Tahun ini Insya Allah sudah bisa dibeli, dan mudah-mudahan bisa juga beroperasi tahun ini," ungkap HBA.

Terkait dengan mahalnya harga pakan ikan saat ini, HBA menerangkan,  saat ini sudah selesai dibangun pabrik pakan ikan di Desa Tangkit yang masih menunggu peresmian supaya bisa berjalan dengan optimal.

“Kalau pabrik pakan ikan itu sudah berjalan normal, saya yakin masalah pakan ikan ini akan segera teratasi. Apalagi, belum lama ini Kementerian Kelautan dan Perikanan juga mewacanakan akan membangun pabrik pakan ikan di Jambi, yang muaranya nanti, tentu tidak hanya bagi petani ikan Jambi, bisa juga keluar Provinsi Jambi," terang HBA.

HBA juga menuturkan keprihatinannya dengan kondisi pemasaran perikanan yang tidak menguntungkan petani. “Saya mendapat laporan, petani kita sulit memasarkan ikan-ikan nya, namun mau bagaimana lagi, nanti coba kita gulirkan lagi untuk menghidupkan kembali Unit Pengelolaan Ikan (UPI) yang telah lama tidak beroperasi, nanti coba kita gulirkan ke swasta untuk mengembangkannya," tutup HBA. (Lee)

CICIP: Gubernur Jambi Cicip Produk makanan hasil  Sentra Sapi Perah Kelompok Tani Bina Maju Sejahtera (BMS), Jalan Mandiri Desa Kasang Kota Karang, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten MuaroJambi belum lama ini. Foto Rosenman Manihuruk


Gubernur Jambi HBA Didampingi Kadis PU Provinsi Jambi PB Panjaitan Blusukan ke Desa Kota Karang Kumpeh Ulu Muarojambi Selasa 24 Feb 2015. FT Rosenman Manihuruk

Gubernur Jambi HBA Didampingi Kadis PU Provinsi Jambi PB Panjaitan Blusukan ke Desa Kota Karang Kumpeh Ulu Muarojambi Selasa 24 Feb 2015. FT Rosenman Manihuruk

Gubernur Jambi HBA Didampingi Kadis PU Provinsi Jambi PB Panjaitan Blusukan ke Desa Kota Karang Kumpeh Ulu Muarojambi Selasa 24 Feb 2015. FT Rosenman Manihuruk

Tidak ada komentar: