.

.
.

Kamis, 08 Januari 2015

Banyak Pejabat SKPD Tak Hafal Lagu Daerah Jambi


JUARA: Kadishub Provinsi Jambi Ir Benrhard Panjiatan mendapat juara pada lomba nyanyi para kepala SKPD, Asisten, dan Staf Ahli Gubernur lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Jambi, bertempat di halaman Kantor RRI Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (8/1) siang. ROSENMAN MANIHURUK/HARIAN JAMBI

Melirik Pejabat SKPD Berdendang Lagu Daerah

Lomba lagu daerah bagi pencari bakat di Jambi sudah tak asing lagi kita dengar. Namun lomba “berdendang” lagu daerah Jambi antar pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Asisten dan Staf Ahli Gubernur Jambi lingkup Provinsi Jambi jarang kita jumpai. Kali ini Dinas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi mengangkat kearifan lokal lewat lomba menyanyi lagu daerah Jambi dalam rangka HUT ke 58 Provinsi Jambi.

R MANIHURUK, Jambi

Menyimak lomba tersebut, ternyata banyak peserta yang tidak hafal lagu-lagu daerah Provinsi Jambi. Bahkan sekitar hampir 80 persen dari 52 peserta peserta lomba nyanyi kepala SKPD Provinsi Jambi tak hafal lagu-lagu daerah Jambi tersebut. Namun demikian ada juga satu dua orang pejabat SKPD yang hafal mati lagu daerah Jambi.

Hal itu terungkap saat pelaksanaan lomba Lomba Nyanyi SKPD Pemerintah Provinsi Jambi Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Jambi, bertempat di halaman Kantor RRI Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (8/1) siang.


Pengamatan Harian Jambi di lokasi cara, Kamis (8/1), tak sedikit pejabat SKPD yang harus pakai teks saat menyanyikan lagu kesukaannya. Namun yang menarik satu kepala SKPD yakni Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Jambi Ir Bernhard Panjaitan MM dengan nomor undi 03 sangat hafal dan memukau saat melantunkan lagu berjudul “Batanghari”. 

Lagu yang didendangkan  Ir Bernhard Panjaitan mengundang simpatik dari penonton dan juga Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar yang hadir untuk membuka acara tersebut. Selain Bernhard Panjaitan, Staf Ahli Gubernur Jambi Asnawi AB juga sangat piawai melantunkan lagu Jambi. 

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H Fachrori Umar saat membuka acara itu menekankan sekaligus menghimbau masyarakat untuk tidak meninggalkan lagu-lagu daerah sebagai bagian dari budaya dan kearifan lokal. 

H Fachrori Umar juga menegor para peserta pejabat SKPD yang tak menggunakan baju Adat Jambi (Teluk Belango) dan Peci saat tampil. H Fachrori Umar juga meminta kepada peserta agar mengenakan Batik motif Jambi dan baju adat budaya Jambi.

Lomba menyanyi ini diikuti oleh para kepala SKPD, Asisten, dan Staf Ahli Gubernur lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. 

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Lovia Ridham Priskap turut hadir dalam acara tersebut.

Wagub menyatakan bahwa masyarakat, khususnya generasi muda sudah banyak yang meninggalkan lagu daerah, dan beralih ke lagu-lagu Barat.

“Lagu Barat boleh, tapi jangan tinggalkan lagu daerah," ujar Wagub. Wagub mengemukakan, sesuai dengan tema Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Jambi, kearifan lokal harus dikedepankan.

Ketua Panitia, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Edi Erizon, dalam laporannya menyampaikan, lomba lagu daerah ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Jambi.

Edi Erizon mengemukakan, lomba menyanyi ini bukan ajang uji bakat, tetapi lebih pada menjalin silaturahmi antar SKPD.

Dikatakan oleh Edi Erison, yang diperhatikan dalam lomba yang diikuti 52 peserta yang terdaftar ini bukan hanya suara yang paling bagus, tetapi juga yang terheboh dan yang kocak.(lee)

Tidak ada komentar: