.

.
.

Selasa, 11 November 2014

Semangat Kepahlawanan Generasi Muda Belum “Merah”

Teatrikal Semangat Kepahlawanan Generasi Muda Belum “Merah”. Foto Edwin Eka Putra/Harian Jambi

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA), menegaskan, Bangsa yang besar, Bangsa yang tidak melupakan jasa para Pahlawan yang telah berkorban demi Negara dan Bangsa. Dengan semagat pahlawan dapat menggugah semangat generasi muda sebagai ukuran nilai baik sebagai, perbuatan, maupun figur pahlawan sebagai idola sepanjang masa. Kini semangat kepahlawanan generasi muda belum “merah” atau maksimal dalam mengisi pembangunan.

R MANIHURUK, Jambi

Hal itu dikatakannya HBA saat “Apel Hari Pahlawan Tingkat Provinsi”  bertempat di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Senin (10/11). Tema Hari Pahlawan Kali ini “PahlawanKu IdolaKu".

Sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia Hj. Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan Gubernur HBA menyampaikan, sejarah perjuangan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang.


“NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat sekarang ini, tampa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya," jelas Khofifah.

Selain itu, sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau bathin.

“Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan disemua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” ujar Khofifah.

“Dari itu tema “PahlawanKu Idolaku” diharapkan dapat menjadi inspirasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” ujar Khofifah.

Sementara Gubernur Jambi HBA juga menjelaskan, tugas kita sekarang ini, bagaimana caranya mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan serta mensejahterakan masyarakat. “Sudah sepantasnya generasi muda harus berbuat yang terbaik untuk negeri ini,” katanya.

Pada kesempatan ini dibacakan juga pesan-pesan para Pahlawan Nasional usai Apel Peringatan Hari Pahlawan Nasional. Gubernur dan Unsur Forkompimda beserta para Veteran Provinsi Jambi langsung Ziarah Nasional ke-Taman Makam Pahlawan Satria Bhakti Provinsi Jambi untuk mengadakan Do,a dan Mengheningkan Cipta serta tabur Bunga Pada Taman Makan Pahlawan yang dipimpin langsung Kapolda Jambi Brigjen Pol. Bambang Sudarisman.

Pada kesempatan ini Gubernur HBA berkesempatan langsung menaburkan bunga kepada makam Mantan Gubernur Jambi periode (1967 - 1968) H. Abdul Manaf pada Makam Pahlawan tersebut.

Turut serta pada apel Peringatan Hari Pahlawan ini diantaranya Anggota Forkompimda Provinsi Jambi, para Veteran Provinsi Jambi,  Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Yusniana Hasan Basri, Staf ahli Gubernur, Para Asisten, Para Kepala SKPD Provinsi Jambi para anggota TNI/ Polri dan Para Mahasiswa, Pelajar kota jambi serta para undangan lainnya. (lee)



Tidak ada komentar: